Sholat Jum\’at adalah Bisnis Yang Menguntungkan

Assalamualaikum,
Di hari Jum\’at ini mari kita tambah ilmu dan keimanan kita semoga kita semua menjadi orang-orang yang beruntung.
Sungguh saya terkagum-kagum membaca surat Al-Jummu\’ah ayat 9, 10 dan 11. Sebenarnya saya sudah sering mendengar ayat-ayat ini dibacakam pada sholat shubuh namun saya belum bisa menangkap esensi yang hakiki dari ayat ini. Barulah saya mentadaburi bersama adinda Zikra saya menjadi paham dan begitu mengimaninya.
Sebelum kita bahas lebih lanjut berikut saya tuliskan terjemahaan dari ayat 9, 10 dan 11:
9. Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan sholat Jumat, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual-beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.
10. Apabila sholat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di bumi, carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak agar kamu beruntung.
11. Dan apabila mereka melihat perdagangan atau permainan, mereka segera menuju kepadanya dan mereka tinggalkan engkau (Muhammad) sedang berdiri (berkhotbah). Katakanlah \”apa yang di sisi Allah lebih baik dari permainan dan perdagangan dan Allah pemberi rezeki yang terbaik.
Allah menyeru kita setiap hari Jum\’at untuk mempersiapkan diri untuk melaksanakan sholat jumat dengan sebaik-baiknya. Bersegeralah, tidak hanya itu, nabi juga menganjurkan agar kita datang ke mesjid lebih awal, bagi yang datang paling awal akan mendapat pahala yang lebih banyak dari yang datan kemudian.
Untuk mendapatkan pahala dan manfaat yang lebih banyak dari sholat jumat bahkan Allah memerintahkan kita untuk meninggalkan bisnis kita untuk sementara waktu. Tutup toko, warung, tinggalkan kantor, hentikan pekerjaan proyek, tinggalkan ladang dan segala macam kegiatan lain untuk segera menuju masjid untuk melaksanakan sholat jumat. Allah menjadikan sholat jumat sebagai ibadah yang sangat penting bagi muslimin (muslim laki-laki). Allah mengukuhkan perintahnya itu dengan mengatakan \”yang demikian itu lebih baik bagi mu jika kamu mengetahui\”
Pada ayat 10 Allah mengatakan \”apabila sholat telah dilaksanakan maka betebaranlah dimuka bumi\” Itulah saatnya kita ke kembali aktifitas kita atau back to business. Justru Allah melarang ummatnya berdiam diri di mesjid untuk sholat berlama-lama, apalagi tidur-tiduran di dalam mesjid. Allah telah menjanjikan rizki yang banyak dan lagi baik apabilah kita telah melakukan perintah Allah untuk sholat jum\’at. Untuk mendapatkan rizki yang banyak dan barokah Allah mensyaratkan \”banyak-banyaklah mengingat Allah\”. Perbanyak zikir dengan menyebut nama Allah, hindari hal-hal yang dilarang Allah dan senantiasa berbisnis sesuai dengan perintah Allah. Senatiasa berlaku jujur, amanah, tidak mengambil untung berlebih-lebihan, hindari riba dan segala sesuatu yang tidak sesuai dengan kaidah agama.
Pada ayat 11, Allah juga tahu bahwa masih banyak manusia yang tidak juga mau menjalankan ayat 9 dan 10 di atas. Bahkan pada saat nabi berkhotbah jum\’at pun mereka pergi ke luar dari mesjid, Allah mengingatkan bahwa rizki yang di sisi Allah nilainya jauh lebih dan Allah pemberi rezeki yang terbaik. Masihkan kita mau mencari selain yang dari sisi Allah?
Kalau kita menginginkan bisnis kita menguntungkan, perdagangan mendatangkan laba, segala usaha memberikan kesuksesan maka salah satu kunci pentingnya adalah dengan memuliakan sholat jumat. Jadikanlah sholat jumat sebagai senjata untuk memenangkan perdagangan, sebagai kunci di dalam mendapatkan rizki yang banyak dan barokah. Sebagai alat teknologi canggih yang paling ampuh untuk meraih kesuksesan.
Semoga Allah mengampuni kita semua, amiiin.

1 comment

Leave a comment

Your email address will not be published.