MU Juara Dunia dan Vietnam Lolos ke Final

Keperkasaan MU tahun 2008 tak terbendung, meskipun dipaksa bermain dengan 10 pemain sejak babak pertama setelah Vidic dikartumerahkan oleh wasit, MU masih mampu mengalahkan juara Amerika Latin EDU Quito dari Ecuador dengan skor 1-0 di turnamen kejuaraan dunia Antar Club di Yokohama Jepang kemarin malam. Gol diciptakan oleh Wayne Rooney striker yang dikritik oleh Rio Ferdinand rekannya sendiri karena sebagai striker Rooney kurang ego atau kurang \”selfish\”. Tampaknya kritikan Rio telah dijawab oleh Rooney dengan mencetak 3 goal di turnamen ini dan menjadi top scorer. Selamat kepada MU sebagai juara dunia antar club 2008 dan merupakan club Inggris yang pertama sepanjang sejarah yang berhasil meraih gelar ini. Semoga kemenangan ini menjadi modal untuk bisa mempertahankan kejayaan tahun 2007 dengan kembali menjuarai EPL dan Champions Cup, amiiin.
Di partai seminal piala AFF 2008 Indonesia akhirnya tersungkur di kandang gajah putih di Stadion Raja Manggala Bangkok dengan skor 2-1. Meski di awal pertandingan Indonesia berhasil menggebarak dan memporak-perondakan pertahanan Thailand hingga kebobolan di menit ke 7, tapi walau bagaimanapun Thailand masih berada setingkat di atas Indonesia. Hampir 75% bola dikuasai oleh Thailand dan menghasilkan banyak peluang, untunglah kiper Indonesia Markus Horison bermain cemerlang malam itu, dia berhasil menahan banyak sekali tendangan keras dan bola tipuan dari pemain Thailand. Bagi Indonesia ini adalah hasil maksimal, ini adalah yang terbaik yang bisa diberikan. Bermain lebih baik dari biasanya tapi ternyata lawan-lawan berkembang jauh pesat lagi. Perlu ada terobosan baru untuk bisa mengatasi Thailand, Singapura dan Vietnam lawan-lawan utama di kawasan ASEAN.
Seperti yang kami tulis sebelumnya Vietnam memang luar biasa, di kandang \”singa\” di Singapura mereka bisa menggebuk sang singa dengan skor 1-0 jauh lebih baik ketika mereka main kandang sendiri yang hanya berhasil menahan singa dengan kacamata. Itulah Vietnam, kata orang Betawi \”kaga\’ ade matinye\”. Mereka bermain gila-gilaan, meski singa bermain dengan 12 orang (1 orang diwakili oleh penonton) tapi keturunan serdadu Viet Chong mampu mewarisi keberanian dan ketahanan leluhur mereka ketika mereka mampu memukul mundur pasukan Amerika dari tanah mereka. Sekarang mereka siap membalas kekalahan dari Thailand di babak penyisihan. Ayo L Chonvin dan kawan-kawan hajar si gajah putih. Kalau singa saja bisa kau taklukkan, menaklukan gajah lebih mudah. Buktikan!

Leave a comment

Your email address will not be published.