Pasar Moderen BSD, Kering dan Bersih

Minggu pagi kemarin untuk kesekian kalinya kami berbelanja di pasar Moderen BSD, meski tempatnya relatif jauh dari tempat kami di Jurangmangu tapi kami sering berbelanja ke sana dari pada ke pasar Kebayoran Lama ataupun ke pasar Bintaro yang tidak terlalu jauh. Minggu pagi awalnya kami memang berniat berbelanja di pasar Sektor 1 Bintaro tapi karena my son dan teman-temannya sejak jam 6.15 pagi sudah kumpul di rumah untuk pergi jalan pagi ke komplek STAN berjarak sekitar 2,5 km dari rumah maka kami akhirnya pergi mengantar mereka walau mereka sebenarnya ingin pergi berjalan kaki. Kami khawatir anak-anak yang masih kecil ini tidak aman berjalan di jalan raya.
Setelah sekitar setengah jam di STAN mereka kami ajak jalan-jalah ke BSD, mereka senang. Karena sudah lapar kami langsung ajak mereka ke Pasar Moderen BSD. Sesampai disana terlihat parkiran mobil sudah penuh dan antrian kendaraan yang ingin masuk ke dalam komplek pasarpun cukup panjang. Akhirnya kami bisa masuk dan langsung menuju ke dalam pasar. Sementara anak-anak makan mie ayam sementara Yuni, my wife berbelanja keperluan hari ini.

Suasana pasar Moderen BSD jauh berbeda dengan pasar tradisional, walaupun cara berjualannya sama tapi penataan dan kebersihannya sangat bagus. Tidak becek dan tidak ada bau makanan busuk ataupun bau ikan atau daging yang amis dan menyengat. Semua terlihat segar dan menarik. Pasar moderen ini sangat luas, lebih kurang seluas lapangan sepakbola. Di bagian luarnya adalah bangunan toko yang sebagian besar menjual makanan, pakaian dan bahan keperluan dapur. Di tengah-tengahnya pasar, sama seperti pasar tradisional ada 4 lorong dengan ratusan pedangan kecil dan pengecer. Semua keperluan ada, mulai dari kue basah, kue kering, sayur mayur, daging, bumbu, ikan dan segala macam kebutuhan harian ada disini. Selain itu ada juga kios-kios tempat jualan baju, sandal, tas dan pakaian lainnya. Kondisi di pasar Moderen BSD mirip dengan kondisi di pasar tradisional di luar negeri, mirip dengan pasar tradional di Frementle dekat Perth ataupun di Paddy\’s Market Sydney Australia.
Harga barang di pasar Moderen BSD juga tidak mahal, menurut my wife harga ikan bahkan lebih rendah dari harga di pasar Mayestik demikian juga harga sayur-mayur.

Moderen tempatnya, bersih dan enak suasananya dan murah harganya. Itulah kesimpulan dari Pasar Moderen BSD. Semoga setelah ini akan muncul pasar-pasar moderen lain. Bukan pasar supermarket ataupun mall karena di Pasar Moderen yang menjadi pedagangnya adalah pengusaha kecil yang barang tentu modalnya tidak terlalu besar sedangkan mall hanya untuk pengusaha dengan modal besar dan sedikit sekali melibatkan masyarakat.

Leave a comment

Your email address will not be published.