Hijrah Kemana Tahun ini?

30 tahun lalu ketika saya masih SMP saya masih ingat betapa bergairahnya umat Islam menyambut 14 abad peristiwa hijriyah. Walaupun saya tidak terlibat langsung tapi saya mengikuti begitu ramainya kegiatan di mesjid-mesjid dan disekolah menyambut pergantian abad itu. Terbayang bagaimana perjuangan yang dilakukan oleh nabi Muhammad SAW meninggalkan kampung halaman bersama-sama dengan ratusan orang pengikutnya yang sudah tidak tahan lagi menghadapi perilaku kaum kafir Quresh Makkah yang semakin hari semakin buruk. Perpindahan itu harus dilakukan karena itu adalah instruksi dari Allah SWT agar perjuangan nabi di dalam menyiarkan agama Allah tetap berjalan.
Hijrah secara harfiah artinya pindah. Kalau nabi Muhammad pindah dari kota Makkah yang penuh dengan kekerasan dan tidak ada lagi peluang untuk berdakwah ke kota Madinah tempat dimana masih banyak orang bisa menerima ajaran agama Allah.
Sekarang jaman sudah berubah, namun kegiatan hijrah ini harus senantiasa kita lakukan agar kita selamat di dunia dan akhirat. Kita hidup di dalam kondisi yang mirip-mirip dengan kondisi di Makkah 14 abad yang lalu itu. Begitu banyak tantangan di dalam menjalankan ibadah dan dakwah Islam. Walau secara jelas tidak ada lagi penghalang seperti kaum kafir Quresh itu akan tetapi ada ribuan tantangan terselubung yang menghalangi kita untuk menjalankan ibadah maupuan mendakwahkan saudara kita untuk menjalankan ibadah.
Pada saat kita ingin mempertahankan dan menjaga sholat kita 5 kali sehari semalam secara tempat waktu, ada-ada saja yang menghalanginya. Kesibukan kerja yang tak habis-habis, tamu yang tak kunjung pergi, rapat yang berlarut-larut, pertandingan sepak bola yang belum selesai, sinetron yang sedang seru, jalan yang macet total anak dan isteri yang minta diantar dan ratusan alasan lain.
Mulai hari Jumat kemarin alhamdullilah di awal tahun 1430H ini kami melakukan hijrah pertama perusahaan kami L&G dengan memindahkan kantor kami dari tempat yang begitu sederhana ke tempat yang lebih baik. Semoga hijrahnya kantor kami ini mendapat restu dari Allah SWT. Amin.
Bagaimana dengan anda? Tentunya ada hal-hal yang mungkin perlu dilakukan perubahan dan pembaharuan untuk hidup yang lebih baik tahun ini. Entah mengenai karir, tempat tinggal, lingkungan kerja, pendidikan, pergaulan dan lain-lain.
Jika anda merasa perlu hijrah lakukanlah, Insya Allah itu akan memberikan manfaat untuk anda. Selamat berhijrah.

Leave a comment

Your email address will not be published.