1430H Change! —- 2009 Action!

Hanya dalam waktu berbeda 3 hari kita baru saja merayakan 2 tahun baru. Perayaan pertama tahun 1430H tahun, tahun Islam yang merupakan kalender penting umat Islam yang diawali dengan peristiwa berpindahnya (hijrah) nabi Muhammad SAW dari kota Makkah ke kota Madinah sesuai perintah Allah. Alasan utama dari tindakan hijrah ini ialah untuk memulai perjuangan baru setelah perjuangan di kota Makkah semakin berat.
Perayaan kedua tahun 2009M atau juga disebut sebagai tahun Masehi dihitung kelahiran Yesus Kristus yang diyakini oleh sebagian umat Kristen. Berikut cuplikan catatan sang ahli informasi pak Wikipidia mengenai itu: Awal tahun Masehi merujuk kepada tahun yang dianggap sebagai tahun kelahiran Nabi Isa Al-Masih karena itu kalender ini dinamakan Masihiyah atau Yesus dari Nazaret. Kebalikannya, istilah Sebelum Masehi (SM) merujuk pada masa sebelum tahun tersebut. Sebagian besar orang non-Kristen biasanya mempergunakan singkatan M dan SM ini tanpa merujuk kepada konotasi Kristen tersebut. Sistem penanggalan yang merujuk pada awal tahun Masehi ini mulai diadopsi di Eropa Barat selama abad ke-8. Meskipun tahun 1 dianggap sebagai tahun kelahiran Yesus, namun bukti-bukti historis terlalu sedikit untuk mendukung hal tersebut [1]. Para ahli menanggali kelahiran Yesus secara bermacam-macam, dari 18 SM hingga 7 SM.
Hal di atas cukup untuk sebagai pengetahuan kita. Yang penting sekarang bagaimana kita memaknai kedua tahun baru itu. Saya ingin mengajak kita untuk memaknai peringatan kedua tahun baru tersebut dengan Change dan Action.

Tahun 1430 H CHANGE!
Pindah adalah perubahan tempat. Jadi yang menjadi kata kunci adalah perubahan. Kata Change sekarang menjadi kata sakti yang sangat kuat artinya. Kata inilah yang menjadi modal bagi seorang anak muda keturunan Afrika menjadi presiden Amerika Serikat ke 44 abang Barack Hussein Obama. Kata change inilah yang membius puluhan juta pemilih di AS untuk memilih si abang ini menjadi presiden AS periode 2009-2013 nanti. Obama menawarkan perubahan dari semua aspek kehidupan bangsa Amerika yang mengalami kemerosoton nilai di berbagai aspek kehidupan terutama ekonomi.
Di tahu baru Hijriyah ini mariliah kita mengikuti langkah sukses bang Obama ini. Mari kita melakukan perubahan disetiap hal yang kita rasa masih belum baik, membangun yang belum ada, membuang semua yang buruk, pindah dari lingkungan yang tidak kondusif, merombak strategi bisnis yang sudah tidak berjalan. Mari kita hijrah/change diri kita menjadi individu yang lebih baik lebih berharga di mata Allah dan hamba-hambanya.

Tahun 2009 ACTION!
Jika kita telah mengambil keputusan untuk berubah CHANGE! lakukanlah sekarang ini juga. Put it into action. Jangan ditunda-tunda karena banyak sekali hal yang bisa merubah fikiran dan keputusan bagus yang sudah diambil. Banyak orang yang sangat hebat ketika memikirkan hal-hal yang baik sebagai solusi akan tetapi hanya sedikit yang bisa melaksanakannya. Waktu tidak bisa menunggu kita, krisis ekonomi global sangat sulit dihindari untuk melanda negeri kita. Walaupun bagaimana kita akan terkena imbasnya juga, bahkan beberapa sektor industri kita sudah mulai sempoyongan. Do it now! Dengan demikian kita dapat mengetahui seberapa kuat kemampuan kita mengantisipasi badai ekonomi dunia ini. Dengan bertindak kita bisa menyesuaikan diri dengan segala kemungkinan yang terjadi.

Mari kita maknai tahun ini dengan CHANGE! dan ACTION! semoga kita semua berhasil mencapai hasil yang lebih baik di tahun berat ini. Amiin.

Leave a comment

Your email address will not be published.