Reuni FEUMJ 85

Ahad 8 Februari 2009 lalu telah dilangsungkan reuni Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jakarta angkatan tahun 1985 bertempat di tempat wisata Pulau Gintung, Ciputat tidak jauh dari kampus UMJ Cirendeu Jakarta.

Ini adalah reuni pertama sejak semua angkatan ini lulus sekitar awal tahun 1990an. Jadi hingga sekarang telah lebih dari 17 tahun tidak pertemu.

Pada pertemuan pertama ini dihadiri oleh sekitar 22 anggota, disamping anggota hadir pula pasangan hidup dan anak-anak.

Yang menarik dari sekian pasangan yang hadir beberapa diantaranya adalah pasangan yang sama-sama alumni antara lain kami Taufik dan Yuni, Waryad dan Ucu serta teman lain, namun ada juga pasangan yang dulunya sewaktu kuliah sudah sangat akrab tapi ternyata jodonya ternyata lain-lain. Ya memang urusan jodoh dan pertemuan adalah urusan Allah.

Pertemuan ini juga berisi nuansa duka ketika salah seorang teman terbaik kami Imam baru saja meninggal dunia 3 minggu lalu, padahal almarhum adalah salah satu penggagas pertemuan ini. Semoga Imam mendapat keberkahan di alam baqa dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan iman.

Waktu 17 tahun telah banyak merubah fisik maupun pemikiran teman-teman. Ada yang terlihat sudah lebih dewasa dan mapan, ada yang masih tampak muda meskipun anak sudah banyak. Semua sudah mempunyai kehidupan mapan dengan keluarga masing-masing. Ada yang punya anak duduk di SMA sementara masih ada yang punyai anak bayi. Usia alumni sudah di atas 40 tahun semua .

Ada yang berkarir sebagai diplomat seperti Aznur Samsu yang telah bertugas di berbagai belahan dunia mulai dari Jerman, di negara-negara Asia dan di Maroko Afrika. Sekarang Aznur menjadi Caleg dari DPR RI utusan dari daerah Ciamis dan Tasikmalaya. Ada yang menjadi tenaga professional di berbagai perusahaan BUMN maupun swasta. Ada yang berwiraswasta. Tapi lebih banyak yang bewiraswasta ada yang baru maupun yang sejak dari lulus berwiraswasta.

Begitu bertemu dengan teman-teman ini, memori fikiran saya berputar balik ketika menjalani hari-hari di kampus tercinta di lembah Cirendeu sejak 23 tahun lalu. Masa-masa awal perkenalan dengan teman satu-persatu. Masa-masa sulit ketika menghadapi ujian, ketika tak punya uang untuk membayar SKS, ketika setiap hari terlambat kuliah, ketika nilai ujian rendah, ketika tingkat absensi kurang, ketika setiap malam harus melewati kuburan di samping jalan menuju kampus, ketika kehabisan ongkos mikrolet, ketika perut lapar tapi tak punya uang, ketika mata terasa perih karena tak bisa melihat tulisan di papan tulis karena lampu penerangan kurang, ketika ada teman yang baik hati meminjamkan uang untuk bayar SKS, ketika teman berbaik hati menandatangani absen, ketika ada teman yang mau membuatkan PR. Ketika asmara bergelora di dada, ketika hati remuk karena untuk mata kuliah manajemen keuangan sampai di ulang tiga kali! Ketika hati semakin risau karena teman-teman satu persatu berguguran dan tak datang ke kampus lagi, ketika teman satu-persatu telah selesai mengikuti kuliah semantara kita masih terus tinggal bergabung di kelas yang lebih muda. Ketika hati semakin resah melihat beberapa teman sudah diwsuda.

Kini teman-teman FEUMJ85 hadir kembali di kehidupan kami, melanjutkan perteman yang sudah lama terhenti. Untuk saling dukung ketika kesulitan datang, membagi kesenangan ketika rezeki tiba, memberi penghiburan pada saat duka menimpa, saling menasehati ketika langkah mulai menyimpang.

Selanjutnya pertemuan ini Insya Allah akan dilakukan secara berkala. Pertemuan berikutnya sekitar bulan April 2009 yang akan bertindak sebagai tuan rumah adalah Mustaqimah. Semoga teman-teman bisa hadir.

Leave a comment

Your email address will not be published.