Tak Ada Yang Bisa Menolong…

Sering kali di dalam hidup ini kita berhadapan dengan kondisi yang sangat berat dan pelik. Saking besarnya persoalan itu kita terpaksa meminta bantuan orang lain untuk memecahkan masalah itu. Kita berharap bahwa orang yang kita mintai pertolongan itu akan memberikan solusi dan jalan keluar dar masalah kita.

Pada awalnya orang yang kita mintai pertolongan menunjukkan sikap simpati dan empati atas masalah yang kita hadapi. Mereka sepertinya akan menjadi orang yang akan membantu kita untuk keluar dari tekanan masalah yang begitu berat. Mereka itu mungkin saja orang terdekat dengan kita seperti kakak, adik paman bahkan orang tua kita sendiri.
Setelah beberapa saat anda akan menyadari bahwa ternyata mereka tidak bisa sepenuhnya mengeluarkan anda dari kesulitan. Banyak alasan yang membuat mereka seperti itu, mulai dari keterbatasan waktu, keterbatasan dana, pasangan atau anggota keluarga yang lain tidak suka jika anda ditolong karena menurut mereka anda TIDAK PANTAS untuk ditolong dan banyak alasan lainnya.
Fenomena seperti ini adalah hal yang sangat lumrah di dalam kehidupan sekarang ini. Anda tidak bisa berharap banyak dari orang lain untuk membantu anda meskipun mereka itu adalah orang dekat dengan anda. Bahkan mungkin mereka-mereka itu adalah orang yang selama ini anda tolong. Tapi pada saat anda memerlukan pertolongan mereka tidak bisa, mungkin juga tidak mau entah apa alasannya.
Jadi jika anda memerlukan pertolongan maka orang yang pertama sekali yang bisa anda minta tolong kepadanya adalah DIRI ANDA SENDIRI. Andalah yang bisa menolong diri anda dan jangan berharap banyak pada bantuan orang lain. Anda harus mampu menguasai diri dan memaksa diri anda untuk berani dan kuat di dalam menghadapi kesulitan anda. Andalah yang paling tahu jalan keluar dari masalah anda. Andalah yang paling kuat untuk menghadapi tekanan dan rongrongan dari masalah anda.
Oleh karena itu anda harus bisa membuat pertahanan diri terhadap segala tantangan, hambatan dan gangguan yang timbul terhadap diri anda sendiri.
Bagaimana caranya? Selain diri anda, sebenarnya ada penolong yang pasti mampu menolong anda siapa Dia? Allah SWT. Allah lah sebaik-baik penolong, Dialah yang mempunyai kekuatan maha dahsyat yang mampu mengangkat seberat apapun beban hidup anda. Dialah yang paling Kaya untuk menutupi hutang dan kewajiban Anda. Dialah yang paling pemaaf atas segala dosa dan kilaf yang pernah anda lakukan. Dialah yang paling Kasih dan Lembut ketika hati anda terasa kering dan gersang setelah dihajar dan dimaki oleh orang-orang yang tidak mengerti dengan Anda. Dialah yang Maha Kuasa dan Maha Berkehendak atas segala sesuatu. Jika Dia mengatakan selesai maka selesailah persoalan Anda.
Allah pasti menolong anda, tapi orang lain belum tentu! Agar anda ditolong Allah maka selalu berada dekat denganNya. Selalu ingat kepadaNya, selalulah minta Ampun kepadaNya setiap saat. Dalamilah ajaran dan tuntunnya dengan senantiasa membaca Al-Quran, memahami ajarannya yang diajarkan kepada Muhammad SWA di dalam ribuan hadis-hadis rasul. Berbanyakan duduk dan bersimpuh di rumahNay Allah , mesjid ataupun musola. Perbanyaklah bangun tengah malam lalu sholat tahajud sembari memperbanyak do\’a dan istigfar kepadaNya. Jika anda benar-benar ingin mendapatkan pertolongan Allah maka mintalah pertolonganNya.
Wasta\’inu bi sobri wassolah… mintalah bertolongan Allah dengan sabar dan sholat. Bersabarlah dan sering-seringlah melakukan sholat sunat (kalau sholat wajib sudah pasti).
Sebesar apapun masalah anda, Allah pasti membantu anda menyelesaikannya. Allah sendiri yang berjanji akan menolong setiap umatnya terutama yang meminta pertolongaNnya. Allah tidak akan membebankan kepada anda masalah yang tidak sanggup anda menanggungnya.
Namun jika ada orang yang mau menolong anda, anda perlu berterima kasih kepada mereka! Siapapun mereka, karena mereka adalah segelintir orang yang masih mempunyai sifat-sifat Allah. Penolong, Pemurah, Penuh Kasih, dan Sayang.
Balas kebaikan mereka dengan sepenuh hati dan jiwa anda, hargailah sikap mereka, do\’akan mereka atas kebaikan yang telah mereka berikan.
No one can help you, but yourself!

Leave a comment

Your email address will not be published.