Rajin Bertanya, Sukses Selamanya

Itulah ungkapan yang dapat saya simpulkan untuk menggambarkan kehebatan rekan bisnis saya Suroyo. Anak muda yang mempunyai penghasilan di atas 100 juta per bulan (mungkin lebih) saat ini. Kalau anda berada dan berbicara dengannya anda akan menerima banyak sekali pertanyaan dengan berbagai bentuk dan gaya. Yang intinya untuk mengetahui apakah anda memahami apa yang disampaikan atau untuk sekedar mengajak anda fokus ke arah pembicaraan.

Ada tiga falasafah penting yang saya ketahui yang mendukung kebenaran dari kebiasaan bertanya ini. Pertama peribahasa lama yang mengataka “malu bertanya sesat di jalan”. Mungkin bagi kita selama ini ungkapan ini hanya sebagai salah satu pelajaran bahasa Indonesia waktu kecil dulu, dihapalkan agar lulus ujian. Kita tidak benar-benar memaknai ungkapan ini.
Pandai bertanya adalah suatu keahlian yang sangat tinggi nilainya, karena dengan bertanya anda akan mendapatkan banyak sekali informasi dan ilmu yang berguna bagi anda. Anda dengan mudah memahami siapa lawan bicara anda dengan sekejap dengan demikian anda dapat memanfaatkan hubungan yang terbina untuk anda dan mereka. Dengan banyak bertanya anda dapat mengetahui informasi yang dapat mendukung anda untuk mencapai tujuan anda sekarang dan di masa datang. Dengan pandai bertanya anda dapat menguak rahasia yang selama ini masih kelam dan kabur.
Kedua, buku karangan Allan Pease yang berjudul Questions are the answers, pertanyaan adalah jawaban. Dengan mahir bertanya anda akan mendapatkan semua jawaban yang anda inginkan tentang apa saja yang ingin anda ketahui.
Dan yang ketiga, falsafah yang paling penting tentang bertanya adalah Al-Quran. Allah banyak sekali menggunakan pertanyaan untuk menyampaikan, menasehati, memaklumkan semua perintah, petunjuk dan laranganNya. Afala tatafakrun? Apakah kamu tidak berfikir kata Allah ketika manusia tidak mau memikirkan tentangan besaranNya. Afala taklamun? Apakah kamu tidak mengetahui. Afala tukminun, apakah kamu tidak beriman. Dan begitu banyak pertanyaan lain yang Allah sampaikan untuk menyakinkan umatnya tentang segala hal yang agar manusia selamat di dunia dan di akhirat kelak.

Pandai bertanya bisa merubah seseorang yang biasa saja menjadi orang yang sukses. Merubah seseorang yang mempunyai teman sedikit menjadi ribuan bahkan ratusan ribu orang dalam sekejap.
Seperti kesuksesan dari rekan saya anak muda Suroyo ini. Dia meraih sukses hanya dengan mengandalkan pandai bertanya. Untuk satu pernyataan saja dia sudah bisa membuat satu pertanyaan, misalnya “ tabungan ini memberikan manfaat untuk masa depan keluarga bapak, tapi tidak hanya itu dia juga memberikan perlindungan pada saat bapak sakit kritis, menurut bapak konsep ini menarik tidak?”. Atau dia mengatakan “beberapa hari yang lalu saya mempunyai kenalan yang suaminya tiba-tiba meninggal karena kecelakaan ke tempat kerja, apa penyebab dia meninggal?”.

Sebenarnya setiap orang terlahir dengan keahlian pandai bertanya. Cobolah perhatian anak-anak, berapa banyak pertanyaan yang mereka lontarkan setiap hari, ratusan kali atau mungkin lebih. Tetapi kenapa ketika sudah dewasa kita kurang bertanya. Nah kalau anda ingin lebih sukses lagi perbanyaklah bertanya mulai dari sekarang!

lngrisk.co.id

Leave a comment

Your email address will not be published.