Catatan 2009

5 hari dari sekarang tahun 2009 akan berakhir. Kita semua meninggalkan catatan harian kita selama tahun ini. Tentunya beragam isi dan nilai dari catatan kita selama 365 hari yang telah berlalu itu. Ada yang membuat kita senang dan tertawa tapi tak sedikit pula yang membuat hati kita miris.
Meski di awal tahun 2009 lalu kita sudah membuat rencana sematang mungkin tapi akhirnya adalah rencana Allah jua yang terwujud. Apa pun hasil yang kita capai saat ini semata-mata karena izin Allah, kita hanya bisa berkendak tapi semuanya terpulang kepada keputusan Allah. Keputusan Allah yang terbaik walau mungkin kenyataan yang kita terima tidak sesuai dengan harapan tapi yakinlah menurut Allah itulah yang terbaik bagi kita. “Boleh jadi kamu menyukai sesuatu tapi belum tentu baik untuk kamu, sebaliknya boleh jadi kita membenci sesuatu tapi menurut Allah itu belum tentu buruk buat kami” demikian Allah menjelaskan di dalam Al-Quran.

Hal-hal yang baik marilah kita ambil hikmahnya untuk kita syukuri dan kita jadikan landasan keyakinan bahwa kita bisa melakukan sesuatu dengan baik. Sebaliknya untuk sesuatu yang terjadi tidak sesuai dengan rencana dan keinginan mari jadikan itu sebagai hikmah dan pelajaran. Tidak ada yang sia-sia. Saya paling suka mengutip apa yang diajarkan oleh guru saya Tung Desem Waringin yang sering mengatakan “tidak ada kata gagal, yang ada hanya berhasil atau belajar”. Mari kita jadikan pengalaman yang tidak mengenakan di tahun 2009 ini sebagai pelajaran besar untuk menghadapi tahun 2010 nanti. Sebesar apapun pelajaran (ujian) yang dirasakan di tahun 2009 jadikan itu sebagai modal untuk mencapai hasil yang luar biasa di tahun 2010 nanti. Semakin besar “investasi” kita di tahun 2009 semakin besar harapan kita untuk meraih sukses di tahun 2010 nanti. Itulah cara pandang yang benar, karena tidak ada yang sia-sia semua ada nilainya. Kalau selama tahun 2009 ini kita menjalani hari-hari yang sangat berat maka kita boleh berharap pada Allah agar Dia mengganti dengan hari-hari yang indah selama tahun 2010 nanti, why not? Yang penting jangan pernah menyerah dan terus berusaha dan melakukan yang terbaik.

Berikut ini saya kutipkan syair lagu dari D Masiv Group musik Indonesia yang ternama saat ini. Meski saya sudah tidak begitu mengandrungi lagi syair-syari lagu tapi ketika mendengarkan lagu ini saya benar-benar terpesona dengan syairnya.

Jangan Menyerah..!

Tak ada manusia
Yang terlahir sempurna
Jangan kau sesali
Segala yang telah terjadi
Kita pasti pernah
Dapatkan cobaan yang berat
Seakan hidup ini
Tak ada artinya lagi
Reff 1:
Syukuri apa yang ada
Hidup adalah anugerah
Tetap jalani hidup ini
Melakukan yang terbaik
Tak ada manusia
Yang terlahir sempurna
Jangan kau sesali
Segala yang telah terjadi
Back to Reff 1
Reff 2:
Tuhan pasti kan menunjukkan
Kebesaran dan kuasanya
Bagi hambanya yang sabar
Dan tak kenal Putus asa

Kita syukuri bahwa Allah telah membolehkan kita hidup di tahun 2009 ini, mari kita berharap dan berdoa agar di tahun 2010 Allah memberikan yang terbaik untuk kita. Tugas kita hanyalah merencanakan, mengusahakan sebisa yang kita mampu selanjutnya lets Allah’s decides which are the best for us. Amiin..

Leave a comment

Your email address will not be published.