Restoran Padang Daerah Serbu Jakarta

Minggu lalu sambil menunggu boss klien saya kembali ke kantor setelah makan siang, saya bertemu dengan salah seorang klien saya yang lain. Beliau ini developer pembangunan sekitar 60 unit ruko di kawasan CBD Ciledug. Beliau ini juga adalah kakak dari teman kuliah saya . Kami bercerita tentang bisnis restoran. Salah satu ruko yang sedang dibangun akan digunakan sebagai restoran, kerjasama dengan salah satu anggota keluarga dari restoran masakan padang Begadang asal Lampung. Tetapi mereka tidak menggunakan nama Begadang karena nama itu hanya digunakan untuk di wilayah Lampung saja.

Diskusi ini menarik perhatian saya karena sejak beberapa tahun belakangan ini saya perhatikan ada fenomena baru di Jakarta. Banyak restoran padang yang terkenal di daerah sekarang \”menyerbu\” Jakarta. Pertama restoran Garuda masakan padang/melayu asal Medan. Restoran ini sangat sukses dan mempunyai beberapa cabang antara lain di Pondok Indah, Pluit dan di beberapa tempat lain.
Penakluk Jakarta berikutnya adalah restoran padang Siang Malam asal kota Wong kito galo Palembang. Restoran ini membuka cabangnya di pasar Rawamangun, tak jauh dari restoran Sederhana.
Pendatang berikutnya adalah raja restoran masakan padang Kota Buana asal kota Pekanbaru, membuka cabang di Jakarta dan maaf lokasi persisnya saya lupa.
Pendatang terakhir yang saya ketahui adalah restoran PUTI MINANG di Bintaro sektor 6. Restoran ini adalah bagian dari restoran masakan padang group TARUKO asal Lampung. Bagi anda yang sering menjelajahi jalan lintas Sumatera, saya yakin anda pernah mampir di salah satu cabangnya. Yang terbesar terletak di penggir jalan raya Bandar Lampung – Kotabumi di sekitar Pahoman, restoran besar dengan halaman parkir yang bisa memuat puluhan kendaraan. Saya perkirakan restoran ini baru buka di Bintaro satu bulan lalu.
Tadi malam saya berbuka di restoran ini, tempatnya bagus, bersih, nyaman, pegawainya ramah, masakannya enak (citra rasa sumateranya lebih terasa) dan yang paling penting buat saya harganya tidak mahal dan wajar.
Melihat fenomena ini saya membayangkan satu saat restoran asal Payakumbuh seperti Asia Baru, Bahagia juga membuka cabangnya di Jakarta, pasti laku. Why not, just try dulu aja…

Leave a comment

Your email address will not be published.