Pentingnya Menghadiri Pameran (Exhibition)

Pameran dagang dan industi sekarang merupakan kegiatan yang tidak bisa dipisahkan di dalam pengembangan bisnis. Hampir setiap industri selalu mempunyai pameran rutin yang diselenggarakan setiap tahun. Ada pameran otomotif yang terkenal Jakartau Auto Show, pameran interior and furniture, pameran buku, pameran kerajian, pemeran pertambangan dan perminyakan, pameran alat idustri alat berat dan sebagainya. Saking pentingnya sebuah pameran, tidak sedikit orang yang sengaja pergi menghadiri pameran di luar negeri dengan biaya tinggi.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan mengikuti sebuah pameran atau paling tidak menghadiri pemaren. Terutama pemeran yang berhubungun dengan bisnis atau keperluan kita. Misal saja mingg ini di Jakarta sedang diadakan pameran pendidikan di luar negeri, yang menampilkan beberapa perguruan tinggi di luar negeri yang bisa menjadi pilihan bagi pelajar Indonesia untuk diikuti.  Ini adalah pameran yang menarik bagi para orang tua yang merencanakan mengirim anaknya mengikuti pendidikan di luar negeri.
Sesuai dengan namanya pameran itu ajang promosi untuk memperkenalkan perusahaan atau produk dari sebuah industri atau perusahaan sehingga dengan mudah dapat dikenal oleh calon pembelinya. Dengan adanya pameran membuka mata calon pembeli untuk merencanakan pembelian di masa mendatang.
Selama pameran biasanya terjadi pula transaksi antara sesama peserta pameran karena dari sekian banyak perusahaan yang mengadakan pameran ada yang memang saling mendukung dan saling membutuhkan.
Bagi anda yang tidak menjadi peserta pameran, kita juga perlu menghadiri pameran khususnya yang terkait dengan bidang industri yang digeluti atau yang menjadi target anda.
Bulan Oktober 2009 diadakan pameran Mining and Oil Gas di Jakarta Fair Kemayoran, saya pun hadir disana karena kedua pameran itu merupakan pasar yang memang menjadi target saya. Disana saya bertemu dengan rekan-rekan dan klien-klien saya yang sedang berpameran. Ini kesempatan bertemu dengan mereka karena susah juga bertemu mereka di kantor atau di tempat lain. Mereka juga memperkenalkan saya kepada rekan-rekan yang lain, sehingga dalam waktu singkat saya bisa berkenalan dengan banyak calon klien baru. Tidak hanya itu, saya juga bertemu dengan klien-klien lain yang juga hadir disana, bisnis mereka terkait  misalnya dari perusahaan pembiayaan, dari forwarder, supplier dan segala macamnya.
Alhasil dengan menghadari sebuah pameran kita bisa mendapatkan banyak sekali informasi-informasi baru yang berguna untuk pengembangan usaha. Agar kujungan ke sebuah pameran berhasil dengan baik maka perlu menindak lanjuti prospek-prospek yang sudah didapatkan. Mengatur pertemuan lanjutan, mengirimkan proposal atau sekendar mengirimkan e-mail sebagai tanda pertemuan.

Leave a comment

Your email address will not be published.