Mendengar

Mendengar atau dalam bahasa Inggris listening adalah kegiatan yang senantiasa kita lakukan sehari-hari, tapi saya yakin tidak semua orang paham bahwa mendengar adalah salah satu kunci mencapai sukses. Ya, kemampun mendengarkan orang lain adalah alat yang paling mudah untuk mencapai sukses di dalam mencapai keberhasilan khususnya di dalam bisnis.
Mendengar yang bagaimana yang bisa membuat seseorang menjadi sukses? Mendengar yang sukses adalah jika seseorang mendengarkan orang lain dengan hati, dengan menyimak segala hal yang disampaikan oleh lawan bicara. Orang akan senang sekali kalau ada orang lain yang mau mendengarkan ide, pemikiran, cita-cita atau masa lalunya. Mereka akan mengeluarkan segala isi hati jika ada orang yang mau mendengarkan.

Cara mendengar yang baik adalah dengan memberikan tanggapan atau feed back. Mendengar bukan berarti anda diam dan membiarkan lawan bicara nyorocos begitu saja, cara seperti itu tidak membuat orang terbuka. Anda perlu aktif dengan pandai bertanya agar mereka tahu bahwa anda menyimak. Misalnya dengan menyakan \”wah kalau begitu bapak sudah 15 tahun yah berkecimpung di bidang otomotif?\” Mereka akan semakin bersemangat untuk bercerita lebih panjang lagi.
Mendengar itu sudah kodratnya manusia, tuhan sangat bijaksana dengan memberikan kita satu mulut dengan dua buah telinga. Artinya, kita berbicara satu kali dan mendengar dua kali.
Tapi kenyataan saat ini banyak orang yang tidak mengembangkan kemampuan mendenarnya, mereka sering mendominasi bicara, mereka yakin bahwa dengan banyak bicara mereka merasa semakin dihargai. Orang Inggris menyebut silent is gold, diam itu emas. Nabi Muhammad mengajarkan jika tidak ada yang ingin dibicarakan lebih baik diam.
Kembangkanlah kemampuan mendengar anda and you will see how powerful it is.
 The Power Of Listening.

Leave a comment

Your email address will not be published.