Berani

Seberapa beranikah anda? Pertanyaan ini adalah untuk kita,  karena berani itu masalah kita semua. Tidak semua orang bisa selalu memiliki keberanian meskipun ia dikenal sebagai pemberani. Rasa berani itu laksana iman, dia bisa naik kadang bisa turun. Pagi berani, sore takut, minggu lalu berani, minggu ini takut, bulan lalu berani bulan ini takut.
Fear is the creation of imagination atau rasa takut itu hanya bayangan yang dibuat-buat saja, demikian kata orang barat. Ketakutan itu adalah bayangan dari sesuatu yang mungkin terjadi nanti atau entah kapan tapi kita sudah ngeri dari sebelumnya. Karena rasa ngeri itu membuat kita tidak mau melakukan sesuatu karena rasa takut itu, padahal yang ditakuti belum tentu terjadi, bahkan hasil statistik menyatakan bahwa 90% dari yang kita takutkan itu tidak pernah terjadi, sedangkan dari 10% yang terjadi 90% nya biasa diatasi.

Apa yang kita takutkan itu sebenarnya tidak real tidak ada, fikiran kita saja yang menghayalkan bahwa hal-hal yang buruk itu akan terjadi. Karena memikirkan itu banyak orang membuang-buang kesempatan baik yang sudah menunggu. Menyebabkan orang kehilangan kesempatan kesempatan mendapatkan yang terbaik untuk dirinya. Seorang pemuda yang sangat tertarik dengan seorang wanita muda dan cantik luar biasa, tapi dia takut untuk menyatakan isi hatinya, dia sedih dan bermurung durja ketika dia ketahui bahwa telah ada pemuda lain yang berani menyatakan cintanya kepada wanita idamannya itu dan akhirnya menikahi wanita itu. Seorang pengusaha merasa takut untuk mengambil sebuah proyek yang sebenarnya sangat cocok dengan keahliannya tapi dia takut kalau-kalau dia tidak bisa mengerjakannya. Tiba-tiba ada pengusaha yang lebih kecil dari perusahaannya berani mengajukan dan mendapatkan proyek itu. Si pesaingnya mendapatkan keuntungan besar. Seorang salesman sudah sejak lama mengincar untuk mendapatkan pembeli besar, setiap hari dia ingin menghubungi sang calon pembeli, setiap kali tangannya ingin memutar nomor telepon kemudian dia batalkan karena dia takut \”kalau-kalau\” sipembeli akan meremehkan dan menoloknya. Kemudian dia merasa kecewa setelah dia mengetahui bahwa teman sesama salesman dari cabang lain telah menjualkan barang sejumliah miliaran rupiah kepada prospek yang sudah lama menjadi idamannya. Punahlah harapannya untuk mendapkan komisi ratusan juta rupiah.
Action cures the fear. Nah untuk mengalahkan ketakukan yang paling efektif adalah \”bertindak\” sekarang juga. Jika anda ingin menyatakan cinta anda pada wanita idaman anda katakanlah sekarang juga, ya sekarang juga bukan besok, bukan minggu depan atau bulan depan. Telpon dia atau kirim sms ataupun berangkatlah ke rumahnya sekarang juga. Jika anda tertarik untuk mendapatkan proyek yang cocok dengan anda langsung buat proposal dan tawarkan sekarang juga. Jika anda mempunyai calon pelanggan potensial, temui dan presentasikan sekarang juga sebelum saingan anda mendapatkannya.
Keberanian itu hasil latihan, asahlah terus keberanian anda. Jika anda seorang salesman lakukan kegiatan penjualan secara rutin setiap hari, buat itu jadi kebiasaan sehingga ia menjadi \”bult in\” melekat dalam diri anda. Ketika anda bertemu dengan seseorang, tanpa dikomando mulut anda otomatis langsung menawarkan produk anda, tanpa dikomando segala ilmu dan siasat penjualan langsung meluncur dari mulut anda, ilmu handling objections, problem solving dan segala macam ilmu lainnya mengalir begitu saja dari kepala anda. Jadikan berani menjadi kebiasaan anda, agar keberanian benar-benar melekat di tubuh anda lakukan selama 90 hari tanpa henti, anda akan menyaksikan betapa beraninya anda.

1 comment

Leave a comment

Your email address will not be published.