Pengajian Abu Luay 1 Maret 2009

Assalamalaikkum,
Kembali pagi tadi Ahad 1 Maret 2009 mushola Al Istiqomah mengadakan pengajian bersama Ustad Abu Luay membahas Tafsir Al-Quran. Jemaah yang hadir sekitar 40 orang.
Surat Al- Fajr Ayat 1-16
Fajr artinya cerah atau juga baru muncul.
Sumber kebanaran itu adalah Al-Quran, semakin dekat seseorang dengan AL Quran maka semakin dekat pulalah ia dengan kebenaran. Alquran itu adalah way of life atau jalan hidup. Hidup menjadi lebih berkwalitas karena kebenaran yang ada di dalamnya.Sebab Al Quran itu adalah kalamulah atau ucapan Allah.
Surat Al fajr ini bagus di baca untuk shalat subuh tujuannya untuk meningkatkan daya ingat kita karena manusia selalu lupa dan mempunyai daya ingat yang pendek. Allah mencoba mengingatkan kita dengan menggambarkan kondisi umat-umat sebelum kita yang tubuh dan daya ingatnya jauh lebih kuat tapi mereka tak luput dari salah dan kilaf.

Fajr sama dengan manusia, sama-ama ciptaan Allah. ketika fajr menyingsing mulailah bau nafas kehidupan baru, setelah bangun dari tidur kita memulai hari baru dengan beribadah kepada Allah dengan melakukan sholat sunat fajr. Allah sangat menghargai umatnya yang melakukan sholat fajr dengan memberikan ganjaran sama dengan pahala sebesar bumi beserta isinya.
Allah bersumpah dengan genap dan ganjil (dengan sholat yang rakaatnya genap dan ganjil). Sebelumnya diingatkan jangalah lupa sholat witir setiap malam karena menurut rasul, \”siapa yang bisa menjaga witirnya dia tinggal sama ku di sorga\”.
dan malam bila berlalu. Malam adalah selimut yang indah karena pada malam hari waktu yang baik untuk beristirahat. Di malam hari tidur terasa sangat enak walau mungkin hanya sebentar. Coba bandingkan dengan tidur di siang hari, rasanya tidak seenak kalau tidur di malam hari.

Leave a comment

Your email address will not be published.