Kunci Sukses Dakwah Rasulullah

Ahad 21 Maret 2010 lalu saya menghadiri kuliah dhuha di Mesjid Agung Sunda Kelapa (MASK). Kuliah di isi oleh  Dr. KH Hamdan Rasyid, MA dengan judul Kunci Sukses Dakwah Rasulullah.

Setiap bulan Rabiul Awal umat Islam di seluruh dunia memperingati hari kelahiran nabi Muhammad SAW. Motivasi utama mengadakan peringatan maulud nabi Muhammad adalah untuk mendapatkan muhabah dari rasul. Setiap muslim ingin mendapakan muhabah (sayang) dari sang rasul. 
Dalam satu hadis dikisahkan, ada seorang sahabat nabi dari suku Badui bertanya kepada Rasulullah mengenai kiamat. Rasul kembali bertanya kepada sahabat itu \”kenapa engkau menanyakan tentang kiamat\” jawab orang itu, \”ya Rasulullah aku takut karena aku ini baru masuk Islam dosaku sangat banyak\”. Kemudian rasulullah berkata \”jika engkau ingin masuk syurga cintailah rasulNya\”.
Itulah salah satu dasar memperingati maulud nabi. Kita mengadakan maulud nabi karena kita mencintai Rasulullah, kalau kita mencitainya kita akan mendapatkan cintanya pula. Di acara maulud diadakan syalawat nabi. Allah SWT menciptakan alam karena adanya nabi Muhammad SAW, bahkan mas kawin dari nabi Adam untuk menikahi siti Hawa adalah shalawat pada nabi Muhammad. Kalau kita banyak bersyalawat kemungkinan besar kita akan bisa bermimpi bertemu dengan nabi Muhammad SAW karena syetan tidak bisa menyerupai beliau. Allah saja bersyalawat kepada nabi. Setiap hari Rasulullah menerima lebih dari 10 milyar shalawat  yang dikumandangkan oleh 1,3 milyar umat muslimi di seluruh dunia.

Pada maulud kali ini mari kita mengkaji rahasia sukses dakwah dan bisnis Rasulullah yang hanya dalam waktu yang sangat singkat  sekitar 23 tahun mampu mencapai seluruh dunia. Ahli antropologi dari Amerika menempatkan nabi Muhammad SAW sebagai orang nomor satu dari 100 yang paling berpengaruh di dalam peradaban dunia. Berikut ini tiga hal penting dari dakwah Rasulullah;

Perubahan Keimanan
Rasulullah mampu merubah keyakinan orang-orang Arab dan sekitarnya yang pada masa itu percaya kepada banyak tuhan (politeisme) mereka mempertuhankan batu, hewan, gunung dan lain-lain. Tidak mudah merubah kepercayaan yang sudah berabad-abad tertanam di dalam jiwa masyarakat waktu itu. Tapi dalam waktu yang sangat singat Rasulullah bisa merubah menjadi keimanan yang berketuhanan yang Maha Esa (monotheisme).
Sejak pertama kali diajarkan hingga saat  ini Islam menjadi agama yang paling tinggi tingkat pertumbuhan pemeluknya di dunia. Islam mengalami perkembangan pesat di Amerika, Eropah Barat, Eropah Timur dan di berbagai belahan dunia yang lain.

Perubahan Hukum
Sebelum kehadiran nabi Muhammad SWA tidak hukum yang adil, yang ada hanya hukum rimba. Siapa yang kuat dia yang berkuasa. Misalnya wanita sama sekali tidak mempunyai hak waris, baru setelah kehadirannya beliau menetapkan hukum waris dimana wanita dan juga pihak-pihak lain berhak mendapatkan warisan.

Peubahan Akhlak
Pada zaman jahililah kalau ada anak perempuan yang lahir, langsung di kubur hidup-hidup. Belum lagi perilaku buruk lainnya. Secara berangsur-angsur Rasulullah berhasil memperbaik akhlak manusia sehingga menjadi beradap seperti sekarang ini.

——————————————————————————————————–
Jika anda memerlukan jaminan Bank Garansi tapi anda tidak ingin dana terlalu banyak keluar. Hubungi L&G Insurance Broker. Broker dan konsultan asuransi khusus bank garansi terbaik di Indonesia. Segera call/WA segera ke 081283987016 sekarang juga
——————————————————————————-

Selain berhasil dengan tiga senjata itu, Rasulullah juga berhasil membina kader penerus gerakan dakwah. Beliau melatih para sahabat untuk menguasai dan mahami Islam sehingga mereka bisa meneruskan dakwah. Diantara sahabat beliau yang sangat sukses berdakwah adalah Umah Bin Khatab yang berhasil menyebarkan Islam sampai ke dua kekuasaan terbesar saat itu yatiu Persia dan Romawi.
Setelah kepemimpin Umar Bin Khatab muncul pula kepemiminan di bawah dinasti bani Umayyah yang membawa Islam sampai ke Eropah barat mulai dari Portugal, Sepanyol, Italia san dan terus ke utara.
Pada dinasti Abbasiyah lahir banyak para ilmuan dan cendikawan yang berhasil meletakkan dasar-dasar ilmu pengetahuan bagi kemakmuran umat di dunia.

Apa rahasia keberhasilan dakwah Rasullullah SAW?
Setelah dipelajari oleh para ulama ternyata rahasia keberhasilan dakwah Rasulullah karena beliau istiqomah dan berkomitmen dengan isi pelantikan beliau sebagai Rasul. Isi pelantikan beliau termuat di dalam surat Almudastssir surat ke 74 ayat 1 sampai 7.

Surat Almudastsir atau orang yang berselimut, diturunkan pada saat Rasul dalam keadaan deman dan ketakutan. Beliau meminta di selimuti oleh isteri beliau tercinta Khadijah.
Pada saat dalam selimut itu turunlah ayat (1) \”hai orang yang kumul, (2) \”bangunlah dan lalu berilah peringatan, (3) dan agungkanlah Tuhanmu (4) bersihkan pakaianmu, (5) dan tinggalkanlah segala perbuatan yang keji, (6) dan janganlah engkau (Muhammad) memberi (dengan maksud) memperoleh (balasan) yang lebih banyak (7) dan karena tuhanmu bersabarlah.

Rasulullah sangat mencintai Khadijah, karena begitu cintanya beliau tidak berpoligami selama Khadijah masih hidup. Ada tiga alasan kenapa beliau sangat mencintai Khadijah. Pertama dia adalah wanita pertama yang memeluk Islam, dialah muslimah pertama. Kedua dia rela mengorbankan hartanya untuk dakwah Rasulullah dan yang ketika karena dari rahim Khadijah Rasulullah memperoleh keturunan.

1. Berdoalah dengan mengagungkan nama Allah
Mengagungkan Allah dengan mengagungkan Al Quran. Jangan ragu dengan Al Quran, hati-hati karena saat ini mulai banyak orang yang meragukan Al Quran dan mereka mulai menyebarkan paham-paham seperti itu. Mereka meragukan hadis-hadis Rasulullah, mereka mengkritik ulama. Memang tidak semua hadis yang shahih, tapi yang shaheh banyak sekali. Bagaimana mungkin kita bisa mentaati Rasul kalau kita tahu mengenai hadis-hadisnya. Beragama tanpa hadis tidak sempurna, sebagai contoh, sholat itu mengikuti Rasul, penjelasannya ada di dalam hadis.

2. Terhadap Pakaianmu Bersihkanlah
Perbaiki ahlak. Rasul akhlaknya sangat mulia, bijaksana, jujur. Kalau dakwah ingin berhasil maka peliharalah diri dengan akhlak Rasul.

3. Dan Terhadap Perbuatan Dosa Tinggalkanlah
Apa yang diucapkan, itu yang dilakukan. Sekarang banyak orang tidak seperti itu, mereka tidak konsekwen dengan apa yang diucapkannya. Pada zaman nabi ada seorang anak pembesar mencuri dan dia bawa kehadapan Rasul untuk diadili. Rasul menghukum sipencuri tanpa memandang siapa orang tuanya. Kata nabi, bani israel, tidak adil kalau ada kasus ini mereka akan membebaskan orang itu.

4. Jangan Mengharapkan Balasan Dalam Berjuang
Kalau Rasul mencintai harta dan benda, tentulah rasul akan mendapatkan banyak sekali harta. Banyak sekali kaum kafir yang menawrkan harta dan wanita kepada beliau jika beliau mau menghentikan dakwahnya kepada mereka. Beliau tidak mau berhenti berdakwah, bahkan beliau pernah mengatakan \”katakan kepada orang kafir itu, kalau mereka minta aku masukkan matahari dan bulan di dalam bajuku, aku akan lakukan, tapi aku tidak akan berhenti berdakwah\”.

5. Dalam Menjalankan Perjuangan Hendaklah Bersabar
Ada 5 orang rasul yang mendapatkan peringkat Ulul Azmi, yaitu para nabi yang mempunyai kesabaran yang sangat tinggi.  beliau juga mendapat sebutan Habibullah atau kekasih Allah, tapi penderitaan beliau di dalam berdakwah sangatlah banyak, tapi beliau tetap bersabar sehingga beliau berhasil mencapai huswatul hasanah.

Mohon maaf jika ada yang salah dan semoga bermanfaat.

——————————————————————————————————–
Jika anda memerlukan jaminan Bank Garansi tapi anda tidak ingin dana terlalu banyak keluar. Hubungi L&G Insurance Broker. Broker dan konsultan asuransi khusus bank garansi terbaik di Indonesia. Segera call/WA segera ke 081283987016 sekarang juga

Informasi dipersembahkan oleh:

lngrisk.co.id

Leave a comment

Your email address will not be published.