Kota Baru “Tangerang Selatan” TANGSEL

Hari ini 30 Maret 2010 adalah pelantikan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang Selatan. Sebuah kota baru di selatan Jakarta. Tangsel adalah pecahaan wilayah dari Kabupaten Tangerang, Banten.

Tangsel berbatasan di sebelah utara dengan Kotamadya Tengarang, di selatan dengan Depok Propinsi Jawa Barat, sebelah barat dengan Kabupaten Tangerang dan di sebelah timur dengan Wilayah DKI. Jumlah penduduknya sekitar 1 juta jiwa.

Tangsel  kota yang paling kaya secara asset di bandingkan dengan daerah tingkat dua lainnya di propinsi Banten. Tangsel terdiri dari tempat pemukian warga-warga kelas atas mulai dari Bintaro, Cirendeu, Ciputat, Pamulang, BSD, Sumarecon, Alam Sutera dan banyak lagi pemukiman mewah lainnya. Masing-masing wilayah itu sekarang menjadi kota satelit  lengkap dengan pemukiman, pusat perbelanjaan, pertokoan, pasar modern, rumah sakit, dan fasilitas umum.
Sejak diresmikannya Tangsel menjadi kota mandiri, tampak sekali kemajuan pada kondisi fisik wilayah ini. Semua jalan diperbaiki dan hampir tidak ada lagi jalan yang rusak,  semuanya sudah diganti dengan jalan beton. Penunjuk jalan sudah terpasang hampir di setiap perempatan. Kebersihan kota juga semakin membaik dan kota juga semakin teratur karena sudah ada team Trantib yang mengatur semuanya. Sekarang  tidak bisa sembarangan memasang spanduk di tengah jalan, karena setiap saat bisa dilepas oleh team Trantib.
Perekonomian Tangsel juga terlihat sangat bergairah, harga properti terus membumbung tinggi, pusat pertokoan laku terjual dan penuh dengan pedagang. Hampir tidak ada ruko yang kosong. Pasarpun demikian, selalu ramai. Tangsel juga merupkan kota pendidikan khususnya di wilayah Serpong, banyak sekali universitas bergengsi di sana. Ada Universitas Islam Negeri (UIN) Ciputat, Swiss German University (SGU), Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Muhammadiyah, Sekolah Tinggi Administrasi Negara (STAN), Universitas Pamulang, Univeristas Pelita Harapan, Universitas Syeh Yusuf, Institute Teknologi Indonenesia (ITI) dan banyak lagi sekolah tinggi dan akademi. 
Demikian juga dengan rumah sakit moderen ada Rumah Sakit Internasional Bintaro, Eka Hospital di BSD City, OMNI International di Alam Sutra.

Salah satu sarana yang  perlu menjadi perhatian PEMDA Tangsel adalah tersedianya mesjid di daerah Serpong, Alam Sutra dan Sumarecon, rasanya sulit sekali mencari tempat ibadah di sana. Sudah sepantasnya Tangsel juga mempunyai mesjid raya seperti  yang ada di kota Tangerang dan kota-kota lainnya.

Letak Tangsel sangat strategis, berbatasan dengan DKI sebagai pusat ekonomi Indonesia, dekat ke bandara Sukarno Hatta, ke Cilegon san Sumatera dan semuanya itu terhubung oleh ruas jalan tol yang membelah kota Tangsel yang memudahkan warganya untuk beraktifitas menuju Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung. Demikian juga untuk menuju ke arah barat.
Dengan terbentuknya pemerintahan baru, saya yakin Tangsel akan muncul menjadi kota paling moderen di Indonesia dan memberikan ksejahteraan kepada seluruh warganya. Termasuk kami yang berada di wilayah Pondok Aren. Insya Allah.

Leave a comment

Your email address will not be published.