Hikmah 2010 – Sehat

Hm…. tinggal beberapa hari lagi tahun 2010 ini akan kita tinggalkan. Tanpa terasa sudah lebih dari 360 hari kita lewati. Pasti, sudah banyak hal terjadi selama satu tahun ini, ada yang menyenangkan tapi tak sedikit pula  yang menyakitkan. Apa pun itu, mau-tidak mau, suka-tidak-suka, apa boleh buat, kita sudah harus melambaikan tangan pada tahun 2010. Sudah menjadi budaya kita saat ini ketika dipenghujung tahun kita melakukan introspeksi dan muhasabah. Menghitung-hitung hasil kegiatan dan muamalah selama setahun ini. Ada orang menyebutnya sebagai evaluasi hasil kerja akhir tahun seklagus membuat New Year Resolution. Terlepas dari masih adanya beberapa persepsi tentang kegiatan ini, tapi tanpaknya hampir semua kita ikut melakukankannya karena ini sudah menjadi agenda orang sedunia. Sepanjang hal itu memberikan kebaikan saya rasa hal itu sesuatu yang baik.
Hal-hal yang menyenangkan mari kita simpan dalam buku catatan sebagai monumen karya kehidupan yang satu saat nanti akan kita buka sebagai pembesar hati ketika kekecewaan datang. Sementara hal-hal yang menyakitkan mari kita kubur dalam-dalam agar jiwa tidak lagi teribebani di tahun 2011 nanti. 
Sebagai orang yang beriman, hal terbaik yang kita lakukan di penghujung tahun ini adalah mengucap syukur kepada Allah SWT tuhan yang Maha Esa atas segala rahmat dan karunianya  yang diberikanNya kepada kita Sungguh tidak terhitung jumlah dan besarnya Rahmat  tuhan kepada kita, tidak sanggup kita menghitungnya. \”Sungguh sangat menarik urusan orang-orang beriman itu, jikalau dia mendapat rahmat dia bersykur, dia mendapatkan cobaan dia bersabar\” kata nabi Muhammad SAW.
Dari sekian banyak nikmat yang kita terima, saya ingin membahas salah satunya yaitu rahmat dan nikmat sehat. Insya Allah pada kesempatan lain saya akan tulis juga mengenai rahmat-ramat yang lain.
Nikmat Sehat
Kemarin sore saya mampir ke kantor baru teman, seorang konsultan pajak terkenal ibu Holijah Siregar. Beliau  baru memindahkan kantornya ke salah satu ruko di Jl. Arteri Pondok Indah, Jakarta. Sudah hampir 4 tahun kami tidak pernah bertemu dan bincang-bincang serius. Beliau sengaja mengundang saya untuk membuatkan polis asuransi atas ini kantor, papan reklame dan karyawannya.
Dari permbicaraan kami saya baru tahun bahwa ibu Holi (panggilan akrabnya) saat ini dalam proses pengobatan ginjal yang dideritanya. Saya kaget karena selama ini kami tahu  beliau seorang yang sehat dan pekerja keras. Menurut dokter, kondisi ginjal beliau sudah kronis dan sudah harus diambil tindakan. operasi Tapi beliau menunda karena beliau tahu biayanya tidak sedikit. Akhirnya beliau berobat dengan seorang sinshe teman lamanya. Syukur alhamdulillah setelah berobat sekitar 5 bulan penyakit sudah sembuh dan masih perlu pengobatan rutin selama 7 bulan lagi.
Yang membuat saya kaget, untuk berobat alternatif itu perlu biaya Rp. 100 juta! \”kok mahal bangat bu\” tanya saya. Wah itu tidak seberapa dibandingkan kalau saya dioperasi, biayanya minimal bisa 4 kali itu\” jawab beliau.

Hal lain, yang membuat saya tersentak adalah mengenai kondisi kesehatan rekan kami, namanya pak Herman Setiadi. Beliau ini juga bermasalah dengan ginjalnya, tapi kodisinya jauh lebih berat. Beliau sudah harus menjalani cuci darah dua kali seminggu sejak sebulan lalu.
Kalau dibuka-buka, rasanya makin banyak saja orang-orang dekat saya yang mengalami gangguan kesehatan berat maupun ringan. Saya punya catatan yang lebih banyak karena saya juga bergerak di bidang asuransi kesehatan. Hampir setiap minggu kami mendapat laporan ada peserta asuransi yang harus dirawat.

Teman, cobolah sebentar anda raba dan rasakan detak jantung anda! apakah anda rasakan dia masih berdetak normal seperti biasa? Atau anda rasakan suhu tubuh anda, apakah masih normal? Kalau masih, berarti anda kemungkinan besar dalam keadaan sehat-walafiat. Bersyukurlah!

Hal yang pertama menurut saya yang harus kita syukuri  di akhir tahun ini adalah rahmat sehat ini. Tanpa kesehatan kita  tidak  bisa melakukan sesuatu dengan baik. Walaupun anda memiliki harta, jabatan, kekuatan, tanpa kesehatan anda tidak bisa bekerja maksimal. Mungkin anda hanya terkena sakit ringan, seperti flu misalnya. Penyakit ini sangat mempengaruhi produktifitas anda bahkan gara-gara flu anda tidak bisa bekerja seharian atau mungkin berhari-hari. Kalaupun anda paksakan  berkerja, hasilnya  tidak maksimal karena sebentar-sebentar anda akan menghapus lendir di hidung yang terus mengalir, atau terbatuk karena tenggorakan gatal pada hal anda harus menyampaikan presentasi.

Itu baru kalau sakit ringan, bagaimana kalau anda terkena sakit yang lebih berat seperti demam berdarah, tipus atau diare. Anda harus dirawat di rumah sakit berhari-hari, siang malam anda mengeluh karena badan anda sakit semua, badan panas tinggi. Belum lagi biaya perawatan yang tidak sedikit.
Atau bagaimana kalau anda terkena sakit kritis seperti stroke, jantung, tumor, kanker atau penyakit parah lagi. Anda pasti pernah kenal dengan orang-orang yang pernah menderita penyakit ini, bagaimana kondisi mereka? Berapa biaya yang mereka keluarkan untuk perawatan? Bagaimana kondisi kerja mereka sekarang, apakah mereka masih bekerja seperti semula?
Kalau anda saat ini tidak menderita satu sakit apapun, syukurilah karena anda memiliki harta yang tidak ternilai harganya. Dengan kesehatan anda bisa mengerjakan apa saja yang anda ingin kerjakan. Anda bisa beribadah sebanyak-banyaknya sehingga anda bisa menjadi semakin dekat dengan Allah sehingga anda menjadi hamba yang paling disayangi.Anda bisa bekerja optimal mengejar cita-cita anda, membantu orang-orang yang anda cintai.

Mungkin saja anda tidak melihat dan merasa ada kemajuan hidup yang berarti selama tahun 2010 ini, tapi kalau badan anda sehat anda sudah sukses, anda sudah berhasil mendapatkan berkah yang terbesar dari tuhan. Bersyukurlah. Anda sudah terselamatkan dari resiko sakit, dari resiko kehilangan waktu produktif, pengeluaran biaya yang tidak sedikit, kehilangan masa depan, kehilangan teman, kehilangan bisnis.

Yang mungkin yang perlu disesali adalah kalau kita tidak memanfaatkan nikmat sehat yang telah Allah berikan kepada anda. Untuk apa badan yang sehat ini digunakan selama tahun ini? Apakah sudah dimanfaatkan sepenuhnya untuk berbuat dan beramal yang terbaik untuk hidup kita, untuk akhirat kita? Apakah kesehatan kita selama ini digunakan untuk meningkatan produktifias dan menambah ilmu yang baik untuk diri, keluarga dan orang-orang sekitar kita. Apakah kesehatan itu kita gunakan untuk memperbanyak bekal akhirat dengan memperbanyak ibadah kepada Allah, menjadi semakin dekat kepada Allah.

Jikalau anda saat ini sedang sakit, saya turut bersimpati kepada anda dan berdo\’a semoga Allah segera mengangkat penyakit anda. Anda sedang diuji Allah, setiap keluh, gelisah dan teriakan anda semoga menjadi berkah, jika anda sabar Allah akan menghapus dosa-dosa anda. Memang, dalam keadaan sakit kita sulit beribadah dengan baik, tapi tetap berusaha untuk khusuk dan tenang walau rasa sakit. Tetaplah khusnuzon atau berbaik sangka kepada Allah, bahwa sakit yang diberikan Allah adalah bukti kasih sayangNya, tidak usah ragu atau malah membantah pernyataan ini. Anda mau berteriak sekeras apapun penyakit anda tidak akan sembuh kalau Allah belum mau menyembuhkannya. Tapi ketika hati anda ikhlas menerima cobaan ini anda akan merasa tenang. Semakin tenang hati anda semakin cepat sembuh karena Allah suka kepada jiwa yang tenang, bersyukur dan bersabar. Seberat apapun penyakit, bagi Allah itu masalah kecil. Sering kita mendengar kisah-kisah orang yang sembuh dari penyakit berat yang menurut dokter dan ahli penyakit bahwa hidupnya tinggal menghitung hari, tapi jika Allah berkehendak penyakitnya hilang dan dia sembuh seperti semula. Jangan berputus asa, berserah dirilah padaNya. Sekali saya do\’akan Allah menyembuhkan anda.

Menjaga diri dari sakit tidaklah sulit jika kita tahu apa yang perlu dilakukan. Salah satunya adalah dengan menjaga kesimbangan tubuh kita. Allah sudah membuat mekanisme yang baik agar tubuh kita senantiasa sehat. Ikutilah manualnya, insya Allah kita sehat.
Jagalah keseimbangan antara bekerja dan istirahat. Bekerja keras memang bisa menghasilkan lebih banyak, tapi jangan sampai memaksa tubuh hingga dia menjadi sakit. Istirahatlah sesuai dengan waktunya. Allah menciptkan siang untuk mencari nafkah dan malam untuk istirahat dan beribadah. Bagaimana dengan anda, apakah sudah menjaga kesimbang kerja dan istirahat.

Hal kedua yang penting adalah menjaga makanan. Makan terlalu banyak dan berlebihan adalah penyebab utama dari semua penyakit. Sekarang ini kita melihat begitu banyak jenis dan menu makanan yang merangsang selera makan yang tinggi, setiap kita lewat di depan restoran ada saja menu-menu yang membuat kita \”lupa daratan\” sehinga melahap semuanya. Padalah tidak semua makanan itu baik untuk kesehatan, bahkan tak sedikit diantaranya membahayakan. Rasul mengajarkan rahasia sehat makan \”makanlah sebelum lapar, berhentilah sebelum kenyang\”. Bagaimana, mudah yah…?

Jangan stess, beban hidup memang kadang-kadang terlalu berat,  terlalu mencekam, membuat hati menjadi ciut. Stop and think sebentar. Tadi pagi saya mendapat tip yang luar biasa dari milis yang ditulis sahabat maya saya pak Agus Syafeii. Intinya begini, \”beban itu terasa berat bukan hanya karena barangnya terlalu berat tapi bisa juga karena kita memegangnya terlalu lama yang menyebabkan otot kita menjadi tegang. Benar juga, cobalah anda genggam handphone anda selama 3 jam nonstop, bagaimana rasanya? pasti pegal dan tangan anda jadi ngilu. Nah, demikian juga dengan stress. Jangan pegang masalah itu lama-lama, segera pindahkan dari fiiran anda. Nah, tempat pemindahan yang terbaik adalah Allah!. Ya kepada Allah, serahkan saja semua masalah anda pada Allah dan Allah akan menyelesaikannya untuk anda! Ngaak percaya? Coba saja dulu.
2 pekan lalu saya mengikuti tausyah dhuha AA Gym di mesjid As Syarif Bumi Serpong Damai (BSD). Beliau juga mengajarkan hal yang sama, Tawakkal tu Illallah, berserah diri pada Allah. Kita jangan sok, tahu, sok kuat, sok hebat… kita tidak bisa apa-apa, yang paling bisa adalah Allah.

Olahraga, ya berolahraga secara terutur. Yang belum mulai, mulai awal tahun 2011 ini. Jangan tunda-tunda lagi, ntar-ntar melulu… take action, do it now. Olahraga sangat membantu karena mekanise tubuh akan semakin baik karena terjadi pembakaran lemak, jantung semakin kuat, daya tahan tubuh semakin lama.

Temans, kembali kepada masalah menjada kesehatan, kita memang tidak bisa menghindari masalah ini, tapi kita perlu berikhtiar untuk selalu sehat. Tapi jika sakit itu datang juga besiaplah dari sekarang. Terutama mengenai biayanya. Biaya sakit sekarang mahal sekali, sekali sakit jutaan, iya! Tidak bercya, coba tanya kepada orang yang sedang berobat atau sedang di rawat. Beberapa bulan lalu anak kami usia 11 tahun sakit perut, asma sebulan bolak-balik rumah sakti, biayanya sekitar Rp. 5 juta.
Saya sengat menganjurkan untuk memiliki asuransi kesehatan, karena kalau anda punya  asuransi anda paling tidak lebih tenang kalau sakit itu datang tiba-tiba. Kalau anda tidak punya tabungan, anda tidak perlu pinjam duit kesana-kemari, tidak perlu jual-harta atau mengorbankan asset usaha anda. Cukup dengan menunjukkan kartu asuransi anda kepada rumah sakit!. Wah anda pasti berfikir lagi, wah saya lagi jualan asuransi ke anda. Hey, tunggu dulu, ada ratusan ribu orang yang menjual jasa asuransi di luar sana, jadi anda tidak perlu beli dari saya, saya benar-benar hanya ingin memberikan solusi. Tapi kalau anda mau mendapatkan asuransi lewat saya, saya juga tidak menolak, rejeki jangan ditolak!! he..he..he..

Selamat Tahun Baru 2011, tetap SEHAT, tetap KUAT, tetap SEMANGAT, insya Allah kita akan semakin sukses di tahun 2011.

lngrisk.co.id

Leave a comment

Your email address will not be published.