Berani Kotor Itu Baik

Kuala Lumpur at night

Pernah dengar kan iklan di tv yang mengatakan \”Berani Kotor itu Baik\”? Saya yakin anda sudah pasti melihat dan mendengar karena itu adalah iklan produk RINSO di televisi yang ditayangkan sejak beberapa bulan terakhir ini. Iklan ini sangat menarik perhatian saya karena apa yang dikatakan sangat bertentangan dengan kebiasaan kita yang selalu mengutamakan kebersihan dan keindahan. Rasanya sangat aneh ketika ada orang yang mengatakan berani kotor itu baik. 

Kalau kita perhatikan tayangan iklannya terlihat bahwa ada anak yang sedang bermain di lumpur yang membuat seluruh badannya bergelimang lumpur dan bajur menjadi kotor sekali. Kamudian dengan menggunakan sabun detergen RINSO baju yang sangat kotor itu bersih kembali. Dalam iklan ini RINSO ingin memperlihatkan betapa hebatnya RINSO membersihkan baju yang kotor.
Bagi saya iklan Berani Kotor itu Baik punya pengertian lain. Itu sama juga dengan mengatakan bahwa berani melakukan kesalahan itu baik. Berani melakukan sesuatu hal yang itu itu baik. Kalau kita melakukan sesuatu yang baru sudah pasti kita akan melakukan kesalahan. Tapi kalau kita tidak berani melakukan sesuatu yang baru, memang benar kita tidak akan membuat kesalahan tapi kita tidak mendapatkan pengalaman apa-apa. Pada saat kita melakukan hal yang baru, dijamin kita pasti akan melakukan kesalahan sedikit atau banyak. Dari kesalahan yang kita buat kita mengambil hikmah dan belajar untuk tidak melakukan kesalahan seperti lagi. Disitulah kuncinya, kalau kita melakukan kesalahan kita pasti mampu memperbaikinya dan kita tidak akan pernah melakukan kesalahan yang sama pada kesempatan berikutnya. Tidak ada kata gagal yang ada hanya kata berhasil atau belajar. Kalau kita langsung bisa maka orang-orang akan heran, koq bisa? Semakin banyak kita melakukan kesalahan semakin banyak hikmah yang akan kita dapat. 

———————————————————————————————————————-
Jika anda memerlukan jaminan Pengiriman barang atau Pengangkutan Barang dengan biaya ringan.   Hubungi L&G Insurance Broker. Broker dan konsultan asuransi khusus bank garansi terbaik di Indonesia. Segera call/WA segera ke 081283987016 sekarang juga
 ———————————————————————————————————————

Kita perlu memupuk rasa keberanian kita untuk memcoba sesuatu yang baru, memulai sesuatu yang baru. Jangan takut salah apalagi takut gagal, just do it saja. Semakin banyak yang baru yang kita lakukan semakin lengkap kemampuan kita. Melakukan pekerjaan yang baru, melakukan keahlian yang baru. Misalnya kalau sebelumnya belum bisa mengendarai mobil sekarang sudah harus bisa. Tidak usah takut kalau sewaktu belajar menabrak kiri-kanan. Menabrak itu sudah bagian dari kesuksesan untuk bisa mengendarai kendaraan. Hampir semua orang yang sekarang mahir mengendarai mobil awalnya pasti mereka pernah menabrak. Saya sewaktu belajar mengendarai mobil 28 tahun lalu dengan mobil Datsun Pick Up 1500 milik sepupu saya. Saya sudah hampir mahir tapi keahlian saya belum lengkap. Ketika mobil naik tanjakan tiba-tiba mobil di depan berhenti dan saya pun ikut berhenti, kemudian pada saat saya ingin maju mobil bukannya maju malah mundur dan dibelakang saya ada mobil VW Combi dan duerrr…. mobil saya menabarak hidung VW itu. Orangnya marah, minta ganti, akhirnya gaji satu bulan saya habis untuk itu. Setelah itu saya tidak pernah lagi menabrak dengan cara seperti itu, saya belajar memainkan kopling pada saat kondisi seperti itu.
Di dunia bisnis juga demikian. Kalau anda sudah berniat untuk berbisnis, mulai saja sekarang, ya sekarang juga! jangan tunda-tunda lagi. Harus berani memulai, sudah pasti ada resiko yang akan terjadi tapi tidak semua resiko itu buruk. Kalau anda gagal itu wajar karena anda masih baru, kalau anda sukses justru malah anda kehilangan kesempatan untuk menimba pengalaman. 
Ketika bisnis anda sudah berjalan, anda pasti akan banyak melakukan kesalahan lagi, entah kalah  tender karena salah ketik,  gagal mendapatkan bisnis baru, rugi karena salah hitung, kehilangan barang karena dicuri oleh karyawan, ditipu pelanggan, hutang yang terlalu banyak dan lain-lain. Hal-hal seperti ini sudah pasti akan terjadi. Justru disitulah ujian dan bukti dari seorang pengusaha. Pengusaha hanya akan dihargai   jika dia bisa mengatasi hal tersebut di atas.
Doug Wead salah satu pembicara paforit kami dulu ketika masih aktif di networking marketing mengatakan seperti ini \” di dalam sebuah kandang kerbau yang penuh dengan kerbau pasti kandangnya kotor setiap saat di lain pihak di dalam kandang yang tidak ada kerbaunya kandanganya pasti bersih. 
Apa artinya? jika sebuah bisnis  mempunyai banyak aktifitas, order dan pesananan sudah pasti akan terjadi banyak sekali kesalahan, komplain, tuntutan dari pelanggan dan rekanan anda. Itu wajar. Tapi kalau bisnis anda tidak ada aktifitasnya maka tidak ada masalah, tapi apakah anda akan punya penghasilan dari sebuah bisnis yang tidak ada aktifitasnya?

Pernyataan berani kotor itu baik, adalah benar. Berani melakukan kesalahan itu juga sangat benar. Ayo mari lakukan sesuatu yang baru, ke luarlah dari comfort zone atau zona nyaman anda. Do something new and see the beauty of it.

———————————————————————————————————————-
Jika anda memerlukan jaminan Pengiriman barang atau Pengangkutan Barang dengan biaya ringan.   Hubungi L&G Insurance Broker. Broker dan konsultan asuransi khusus bank garansi terbaik di Indonesia. Segera call/WA segera ke 081283987016 sekarang juga
 ———————————————————————————————————————

Leave a comment

Your email address will not be published.