Damn, I Love Indonesia

Damn I Love Indonesia. Itulah slogan cinta bangsa yang baru muncul sejak beberapa bulan terakhir. Saya mulai melihat slogan ini sejak usai kejuaraan sepakbola AFF Desember lalu. Slogan ini tertulis di koas Markus Horison keeper Timnas ketika tampil dalam salah satu program tv. Walau bahasa yang digunakan adalah bahasa gaulnya anak muda, tapi saya pikir cukup bagus untuk mengungkapkan perasaan.
Slogan ini rasanya memang perwujudan rasa cinta bangsa anak muda saat ini. Kalau beberapa tahun lalu sebagian anak bangsa merasa \”minder\” jadi orang Indonesia, kini justru sebaliknya. Semua orang cinta Indonesia. Salah satu penyebabnya mungkin karena prestasi sepakbola Indonesia yang sempat melejit tahun lalu. Tapi rasanya itu bukanlah satu-satunya. Ini adalah hasil sederetan kebijaksanaan pemerintah, tingkah laku anak bangsa dan hal-hal lain. Tapi di atas semuanya itu ini adalah bukti nyata karunia Allah kepada bangsa ini.
Kemarin siang di acara seminar DSM pembicaranya adalah Fera anak muda berprestasi dari Bandung, seorang ahli fatology dan juga trainier senam jasmani. Dia menceritakan ketika dia kuliah di Canada beberapa tahun lalu dia merasa malu menjadi orang Indonesia karena citra negatif bangsa. Kalau ditanya orang Fera aslinya dari mana, dia sering bilang dia orang Singapura atau orang Jepang karena tampangnya memang cukup Chinese look. Tapi sekarang setiap kali dia ke luar negeri dengan lantang dan bangga dia mengatakan saya orang Indonesia.
Jumat malam saya bersyukur bisa menghadiri peluncuran varian baru dari Volvo Truck type FMX di Sasana Budaya Taman Mini Indonesia Indah. Acaranya sangat meriah dihadiri tak kurang dari 500 orang rekanan dan pelanggan setia Volvo Truck. Yang menarik dari keterangan President Asia Pacific Volvo bahwa Indonesia adalah negara pertama untuk peluncuran Truck Volvo FMX ini. Untuk itu di acara ini mereka mengundang ratusan pelanggan mereka dari Asia mulai dari India, China, Myanmar, Thailand, Vietnam, Malaysia, Pilipina dan dari negara-negara lain untuk hadir pada acara ini.
Kenapa Volvo memilih Indonesia? Indonesia adalah negera terbesar pemakai Volvo truck di Asia. Indonesia sekarang menjadi kekuatan ekonomi terbesar di Asia setelah China dan India. Indonesia termasuk salah satu negera terbesar penggerak ekonomi dunia dan menjadi anggota G20. 
Dua bulan lalu saya juga ikut hadir dalam seminar khusus asuransi. Pembicaranya adalah Gordon Hoo salah seorang agent dan pelaku asuransi paling sukses di Singapura.Sebagai salah seorang trainer asuransi paforit di Asia, Gordon sudah mengajar hampir di seluruh negara di Asia. Khusus mengenai Indonesia Gordon mengakui bahwa saat ini sedang terjadi kemajuan yang luar biasa di Indonesia. Dia membandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya ketika dia bolak-balik ke sini. Gordon memuji tingkat pelayanan di Indonesia yang menurutnya sudah dapat disejajakarkan dengan di negara-negara lain. Salah satu yang terbaik menurut Gordon Hoo adalah pelayanan dari Taxi Blue Bird yang tak ada bandingnya di Asia bahkan dengan taxi yang ada di negerinya sendiri Singapura. Blue Bird mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggannya. Sehingga taxi Blue Bird menjadi pilihan utama bagi orang asing.
Gordon tidak hanya melihat pelayanan Blue Bird sebagai indikator tapi juga para peserta training. Dia juga melihat tingkat daya serap ilmu dari peserta training yang semakin tinggi. Ini disebabkan karena kemampuan berbahasa Inggris dan tingkat melek ilmu pengetahuan bangsa yang meningkat tajam.

Penulis buku mega bestseller \”7 Keajaiban Rezeki dan Percepatan Rezeki dalam 40 hari dengan otak kanan\” Ippho \”Right\” Santosa mengutip pernyataannya salah seorang motivator terkenal asal Malaysia yang mengatakan bahwa kekuatan Asia selanjutnya adalah Indonesia salah satu alasannya karena bangsa ini telah berhasil ke luar dari sekian banyak ujian berskala besar. Ia mungkin benar. Kita berhasil mengatasi masalah politik dan keamanan yang selama bertahun-tahun mendera kita. Kitar berhasil mengatasi berbagai bencana alam termasuk bencana tsunami terbesar sepanjang abad ini. Kita juga berhasil menata perekonomian bangsa sehingga kesejahteraan rakyat meningkat.

Saya melihat inilah berkah kekuatan Allah. Tanpa ada campur tangan Allah yang Maha Kuasa tidaklah mungkin semua ini tercapai. Banyak hal-hal yang sepertinya secara tidak langsung mengangkat martabat bangsa di panggung internasional.

Termpilihnya abang Obama menjadi presiden Amerika Serikat 3 tahun lalu. Jangankan kita, orang Amerika sendiri tidak habis pikir kok bang Obama bisa terpilih jadi president mereka. Bagi kita itu berkah, karena itu berhasil mendongkrak popularitas Indonesia di mata Amerika dan dunia karena si abang adalah anak Betawi anak bangsa ini juga. Karena ayah tirinya Obama adalah orang Indonesia dia pun besar dan pernah tinggal di negeri ini.

Selain dari Obama, bangsa ini pun mendapat berkah dari Piala Dunia Afrika Selatan 2010 lalu. Timnas kita memang tidak ikut di partai puncak kejohanan bolasepak sejagad itu, akan tetapi nama Indonesia sering disebut-sebut di turnamen ini karena 5 orang dari anggota timnas Belanda yang menjadi finalis adalah keturunan Indonesia. Yang paling hebat adalah sang kapten, ia asli berdarah Indonesia bernama Geovanni Van Bronkhorst anak bangsa asal Maluku. Geo pun masih rutin mudik ke Indonesia setiap tahun. Seperti kita mungkin masih ingat bahwa di partai final piala dunia Geo membuat sebuah gol spektakular dengan sebuah tendangan jarak jauh ke sudut kiri gawang lawan.

Kalau dibuka akan semakin banyak saja hal-hal yang membuat Indonesia menjadi pusat perhatian dunia dan semakin membanggakan hati kita.

Sekarang sudah saatnya kita membuang jauh-jauh semua rasa rendah diri, minder, tidak pede atau apapun itu. Berhentilah mencela diri dan bangsa sendiri. Berhentilah melihat segala kekurangan diri. Berhentilah membesar-besarkan kehebatan bangsa lain. Berhentilah memikirkan apa kata orang lain tentang kita.. Kalau mereka bisa, kita juga pasti bisa.

Marilah kita manfaatkan kekuatan kita untuk menjadi Indonesia yang lebih baik. Damn, I love Indonesia.

lngrisk.co.id

Leave a comment

Your email address will not be published.