Final UEFA Champion 2011, MU atau FCB?

Insya Allah besok malam kalau tidak ada aral melintang akan terjadi pertandingan sepakbola terbesar tahun ini. Final Liga Champion Eropah. Laga puncak perseturan club top Eropah setelah hampir 8 bulan saling beradu antar para jawara club dari masing-masing negara seantaro Eropah. Banyak club top yang di dukung oleh pemain-pemain hebat akhirnya gugur  di babak awal. Sebut saja Real Madrid si \”el Galacticos\”, Inter Milan juara bertahan, AC Milan langganan finalis, Chelsea, Arsenal, Bayern Munchen dan sederatan nama besar lainnya. Semuanya telah gugur terkapar. Sekarang tinggalah dua yang terhebat Manchester United (MU) dan Barcelona Football Club.
Siapa juara? Wah pertanyaan yang sangat sulit untuk dijawab. Sebagai pendukung sejati MU saya sangat-sangat ingin MU yang juara! Maaf ya para fans FCB. Untuk La Liga jagoan saya Real Madrid, bukan karena Ronaldo pindah dari MU ke RM tapi karena memang sejak dulu saya suka RM. Sejak jamannya Ronaldo si plontos main di sana, kemudian diikuti Zidane dan Vigo.
Untuk membuat prediksi juara liga champion tahun ini saya menjagokan MU. Bukan semata-mata karena saya MUmania, tapi berdasarkan fakta-fakta yang menurut saya perlu dipertimbangkan.
  1. MU team yang konsisten. Di kompetisi EPL tahun ini MU mulai dengan kondisi yang  buruk. Mereka sering sekali bermain seri bahkan sempat kalah. Awalnya permainan mereka tidak mengesankan sama sekali. Saya sempat posting di facebooknya MU Oktober lalu \”Came on Sir Alex, if these guys keep playing this where are going to go this season\” tulis saya. Mungkin Sir Alex membaca posting saya, he..he..he.. ge er! Besoknya sir Alex mengadakan press conference menjelaskan bahwa team MU sebenarnya baik-baik saja, mereka masih dalam proses penyesuaian. Benar, setelah itu anak-anak MU mulai menggila. Mereka memenangkan hampir semua laga. Di lain pihak Chelsea pesaing terkuat  sangat digdaya di awal kompetisi., mereka memimpin klasmen dengan selisih 8 angka diatas MU. Tapi di bulan ketiga Chelsea mulai kacau, mereka kehilangan arah. Akhirnya semua kita tahu, MU akhirnya memenangkan liga EPL 2010/2011 dan memecahkan rekor menjadi 19 kali juara EPL melebihi rekor Liverpool 18 kali.
  2. FCB adalah team terbaik di dunia saat ini. Mereka mempunyai pemain, taktik dan skema kerjasama yang sangat luar biasa.  Kehebatan itu sudah mereka miliki sejak 3 tahun lalu.Menurut saya Justru itulah kelemahan mereka. Semua orang sudah mempelajari gaya mereka. Mereka sepertinya tidak punya versi gaya lain. Terbukti gaya mereka bisa dihancurkan. Mereka dipatahkan oleh anak-anak Young Gunners Arsenal di perempat final kemarin dengan skor 2-1. Belum cukup, anak-anak asuhan the Special One Real Madrid pernah menahan mereka 1-1 di La Liga dan mengalahkan mereka di final piala Copa Del Rey atau Piala Raja Spanyol. 2011. Jadi, kalau MU bisa merusak gaya bermain-main anak FCB maka MU bisa menang. Sekali lagi gaya bermain FCB tidak ada versi lain, mereka hanya main dengan gaya itu saja.
  3. Ini Wembley bung. Partai final kali ini Alhamdulillah diadakan di stadion Wembley London, negerinya team MU. Tentu saja anak-anak MU berasa bermain di Old Trafford kandang sendiri. Bisa dipastikan 3/4 penonton adalah pendukung MU. Jadi MU punya pemain ke 12.

Walau tiga fakta di atas sangat valid tapi ini adalah masalah sepakbola. Masalah bola bundar, masalah adu keberuntungan. Persiapan sudah maksimal, pemain sudah bekerja keras tapi hasil kadang bisa berbeda. Jadi meskipun MU sudah di atas angin tapi FCB bisa saja menang.

Saya mempredikisikan skor 1-0 untuk MU.

Glory glory United……….

Insya Allah menangi, amin……

    Leave a comment

    Your email address will not be published.