Catatan Pengajian Ustad Bahtiar Nasir

Ustad Bahtiar Nasir, adalah satu ustad yang paling banyak digemari jamaah saat ini terutama di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Ustad muda ini mempunyai ilmu yang sangat luas dengan peguasaan pemahaman tentang Al Quran begitu mendalam. Bisa menjelaskan setiap ayat dengan sangat lengkap dengan contoh dan kisah-kisah nabi dan parah sahabat. 
Ustad BN demikian jemaah memanggilnya, seorang yang tegas dan sederhana. Beliau sedikit dari ustad yang ogah dipanggil mengajar ke rumah-rumah. Beliau mengundang jemaahnya ke mesjid dan tempat mengajian yang beliau adakan. Ustad BN seorang yang cerdas, tulisan beliau bisa dinikmati setiap hari di surat kabar RUPUBLIKA dalam rubrik konsultasi.
Saya baru mulai berguru dengan ustad BN sejak pertengahan tahun lalu. Saya beberapa kali hadir di pengajian beliau di mesjid Pondok Indah setiap Selasa pagi mulai jam 10. Sekali sebulann ustad BN juga mengajar di Mesjid Pondok Indah setiap hari Ahad mulai jam 07.00
Berikut ini catatan yang sempat saya ambil ketika menghadiri beberapa pengajian bersama ustad BN. Catatan ini saya tulis di dalam Memopad di BB saya. Yah dari pada tidur di dalam BB lebih baik saya upload disini. Kalau ilmunya ada yang memanfaatkan maka itu menambah pahala ustad BN sementera yang yang mengunggahnya insya Allah kebagian pahala juga, amiin.

Meyakini semua yang diinformasikan Allah, yang disampaikan Rosulullah misalnya tentang dzat, asma, dan perbuatanNya. Alam dan peran para malaikatNya, perjumpaan denganNya. 

Kalau kita periksa laptop dan hp milik anak kita berapa besar isinya mengenai Al quran atau, banyak lagu2? Bagaimana bisa kita mengharapkan anak-anak  kita mendahuluan Allah dari urusan dunia.

Taddabur Surat Al Ikhlas

Qulhuallahu Ahad. Saya tidak perlu khawatir tentang yang lain selain Allah. Pantang bagi saya bergantung dari pada yang selain Allah. Kenapa orang begitu khawatir dengan kekurangan uang?  karena keyakinan kita bahwa hanya uang yang bisa menolong kita. Itu kekeliruan besar. Hanya Allah yang bisa menolong bukan uang. Lam yadi walam yulad. Allah tidak butuh dari ciptaanNya. Ilmu yang perlu dipelajari ialah ilmu tentang malaikat. Jangan menjadikan ilmu dan akal untuk memahami alam. Sadaqah Lahul azim. Maha benar Allah dengan kitabNya.

Banyak hal yg tidak kita pahami dari kehidupan kita ini. Nabi Adam yg diajarkan Allah adalah nama2 isi alam ini. Malaikat adalah pendamping operasionalnya. Kalau kita menjadilan Allah sebagai pelindung maka para malaikat mengarahkan untuk selalu dalam pengarahan Allah. Begitu kita melangkah untuk bekerja maka Allah mengirimkan malaikat agar kita selalu melakukan dg yg baik.

Pengajian Mesjid Pondok Indah oleh ustad Muhtar Nasir.
Kita sangat bersyukur karena masih diberi kesempatan bertadabbur Quran di akhir ramadhan ini. Dalam kondisi seperti ini banyak orang yang beriktikaf hanya di malam2 ganjil saja. Allah sebenarnya mau melihat ketekunan kita saja. Allah membuat dosa-doda besar diantara dosa-dosa kecil karena Allah mau melihat siapa yg benar mau menjauhi dosa-dosa.
Hari ini kita belajar memahami ayat2 Al Quran yang kita pahami selama Ramadhan ini.

 Ihdina ssyratul mustaqim. 
Maksudnya keluarkan kami dari kesesatan kepada petunjukMu. Kalau minta petunjuk maka adanya di dalam Al Quran. Kata Alquran bahwa semua manusia adalah tersesat kecuali mereka yang mendapat petunjuk dari Allah. Contoh ketika ke luar rumah kita ada beberapa pilihan ada hal yang diridhai Allah tapi ada pula hal tidak diridhoi Allah. Tapi sering kita memilih jalan yang tidak diridhoi Allah dengan beberapa alasan. Merasa bangga dengan kemaksiatan. Mereka merasa lebih cantik,  sexy dan terhormat dengan memamerken aurat.
Semua takdir Allah untuk kita adalah baik. Sebelum kita lahir mana dulu yang ada? Sarana dan fasilitas kehidupan dulu atau kita dulu lahir? Ibu-ibu melahirkan apakah ibu-ibu menyiapkan air ketuban atau sudah disediakan oleh Allah. Jadi Allah menginginkan yang terbaik untuk manusia.  Dari semua yg baik-baik itu manusialah yang merusaknya dengan hawa nafsu. Kita manusia punya pilihan. Berbeda dengan malaikat yg tidak punya pilihan. Kata kunci kenikmatan itu adalah cara kita menerimanya. Isteri kita adalah takdir untuk kita. Dalam perjalanan,  kita mememukan banyak sekali keburukannya. Kita harus terima semua itu sebagai takdir.\” Kalau kamu bersabar dengan keburukannya Allah akan mengganti dengan kebaikan yang lebih baik\”. Siapapun dia, dia adalah yang terbaik untuk mu. Apapun keluhan para isteri tidak akan lebih berat dari derita Aisiyah isteri Firaun. Ini kata Aisiyah \”Allah tidak akan merubah keadaanmu jika kamu tidak mau merubahnya\” cukup dengan merubah fikirannya. Ketika Aisiyah dilamar oleh Firaun dia tidak mau tapi dia tidak punya pilihan. Keluarganya mati dibunuh kalau dia menolak. Kata Aisiyah \”ya ayah kalau ini takdir Allah maka saya terima\”. Dia jalani hidupnya tanpa curhat kemana-mana. Dia mati dalam keadaan sengsara tapi dia dijamin masuk surga karena ditangannya dibesarkan nabi Musa yang menjadi umat pilihan. Jadi bagi Aisiyah perkawinan dengan firaun adalah berkah.   
Puncak ilmu dan kebijaksanaan adalah rasa syukur. Ada banyak pasangan suami isteri yang tidak seimbang. Suami pulang buka puasa hanya pakai sayur sop dan ikan asin. Seharusnya sayur asem dengan ikan asin. Tidak matching.  Isterinya bertanya kenapa mas? Suami merengut sambil mengatan \”sudah berapa lama kita kawin?\” Demikian pula dengan penghasilan suami. Kalau makan enak suami juga bisa beli di luar. Tapi kalau isteri yang membuatkannya terasa lebih nikmat. 
Takdir manusia adalah masuk syurga. Kata nabi \”setiap manusia adalah masuk syurga kecuali bagi yang tidak mau\”

Semoga bermanfaat…. insya Allah.

Informasi ini dipersembahkan oleh:

 

Leave a comment

Your email address will not be published.