Pengajian Ustad Haidar Bawazir

Assalamualaikum saudaraku apa kabar?
Semoga semua Anda selalu dalam lindungan dan kasih sayang Allah. Amin ya Robbal Alamin.
Alhadulillah pagi ini saya bersama isteri dapat mengikuti pengajian dhuha di mesjid Jamik Bintaro Sektor 1. Ceramah di mulai jam 7.45 sampai dengan jam 9.00. Berikut ini catatan saya dari pengajian tersebut. Semoga bermanfaat.
Semoga kehadiran kita di majlis taklim ini dicatat oleh Allah SWT sebagai amal sholeh sebagai pemberat timbangan kebaikan kita di yaumil akhir nanti.

Mukjizat Alquran dan Assunah di bidang ilmu pengetahuan.

Bahwa sesunnguhnya Al Quran adalah mukjizat. Mukijzat adalah sesuatu yg menakjubkan yg tidak seperti biasanya. Ada 3 jenis mukjizat. 1 Allah memberikannya kepada para nabi dan para rosul, itu yang namanya mukjizat. 2. kejadian dan keistimewaan yg terjadi pada wali-wali disebut karomah dan yang ketiga yang terjadi pada musuh2 Allah disebut sihir.  Ada 600 lebih mukjizat nabi Muhammad SAW. Salah satu yg masih bisa dilihat sampai sekarang yaitu Al Quran.

Apa yang sangat hebat mengenai Al Quran? Para ulama menemukan bahwa isi Al Quran itu sangat bagus dan luas maknanya. Saking hebatnya dulu banyak orang tidak percaya bahwa nabi Muhammad  yang menyampaikannya. Banyak nabi palsu yg mengaku juga menerima wahyu tetapi  mereka tidak bisa menjelaskan apa isi wahyunya.

Apa mukjizat ilmiah dalam Al Quran? 1400 tahun lalu banyak ayat-ayat yang  tidak bisa dicerna oleh akan ummat Islam tapi baru sekarang orang bisa membuktikan dengan alat dan ilmu yang ada sekarang ini. Semua fenomena alam ini akan menjadi bukti isi Al Quran.

Catatan penting dalam memahami Islam, jangan pernah pisahkan antara Al Quran dan Assunah.

Contoh; Al Qurnan menjelaskan tentang ilmu embriologi. Al Quran membahas proses pembuahan terjadinya manusia. Menjelaskan proses bertemunya sperma dan telur. \”Laqad kana min nukfatin anssaj\”. Dalam sejarah ilmu pengetahuan yang ada sebelum Islam yaitu  Aris Toteles yg mengatakan bahwa kelahiran manusia berasal dari percampuran darah haids dan sperma. Kemudian setelah itu ada ilmu lagi yang mengatakan bahwa di dalam sperma laki-laki ada janin yang utuh. Masuk ke rahim dan tumbuh dan tumbuh menjadi manusia. Teori ini masih diyakini sampai tahun  1,600. Kemudian lahir teori baru lagi yang mengatakan bahwa \”janin ada di dalam setiap sel telur wanita\”. Mereka baru tahu bahwa teori fertilitas seperti yang ada sekarang ini sejak  awal abad 20.

Ada seorang  professor dari Canada ahli dalam hal ilmu embirologi, satu kali dia pernah menjadi pembicara di Riyadh Saudi Arabia dan dia bertemu dengan ulama yg ahli fertilitas yg kemudian kepada sang professor mengenai ayat Al Quran mengenai  fertilitas. Sang professor terkagum-kagum. Kemudian ia pulang ke Canada dia memperdalam ilmunya dengan mempelajari Al Quran dan bahasa Arab. Ada kata \”alaqoh\” dalam bahasa Arab yang menjelaskan tentang janin. Alaqoh mempunyai 3 arti. Arti pertama ialah menggantung. Dan itu benar karena posisi janin itu setelah pembuahaan dalam posis menggantung di dinding rahim. Arti kedua adalah lintah. Nah ternyata dilihat dengan  mikroskop ternyata janin itu seperti lintah. Arti ketiga adalah gumpalan darah. Benar, janin itu terlihat seperti gumpalan darah. Yg mengagumkan istilah ini sudah ada sejak 1400 tahun lalu pada saat belum ada mikroskop tapi sudah mempunyai padanan kata yang sangat tepat. Maka mustahil kalau Muhammad seorang yang  buta huruf mengarang itu semua. Itu mesti berasal dari Zat yang Maha Tahu. 

Contoh ayat lain adalah \”bahwa sesungguhnya orang-orang yang mendustakan ayat ayat Ku, Allah akan azab dengan azab pedih dan masukkan mereka ke dalam api neraka dan akan diganti kulit mereka dengan kulit yang baru agar mereka dapat merasakan azab\” Sekarang baru ayat ini bisa dibuktikan bahwa ternyata rasa sakit itu ada hanya pada kulit. Buktinya rasa sakit karena disuntik itu hanya pada saat jarum menusuk kulit. Demikian juga pada saat diinfus, rasa sakit hanya pada infus dipasang atau dibuka. Maka agar manusia yang berdosa merasakan sakit yang amat pedih di neraka nanti, Allah akan mengganti kulit mereka setelah kulit sebelumnya rusak selesai di bakar. Setelah itu akan tumbuh kulit yang baru dan mereka akan merasakan siksa yang amat pedih.

Contoh dari sunnah. Menurut sunnnal Rosul,  kalau ada lalat masuk ke dalam piring makanan maka lalat itu ditengglamkan. Dulu banyak orang yang mengatakan bahwa hadis ini walau benar tapi tidak perlu diikuti karena lalat adalah kotor dan bisa membawa virus. Ternyata setelah dilakukan penelitian secara seksama ternyata pada sayap lalat itu membawa dua jenis zat, zat yang pertama berupa kuman yang berbahaya sementera di sayap yang lain ada virus yang menjadi penawar. Jadi kalau lalat itu ditenggelamkan di dalam makanan yang sudah terlanjut dimasuki lalat, lalat itu harus ditenggelamkan agar racun yang disebarkannya dihilangkan oleh penawar yang ada di sayapnya yang lain. Subhanallah.

Jadi agama Islam harus dipelajari melalui Al Quran dan Al Hadis. Hindari mengikuti guru yang hanya menekankan pada salah satu saja. Kalau mereka hanya membahas tentang Al Quran saja tapi tidak membahas hadis bahkan mereka cenderung melemahkan hadis dan \”curiga\” terhadap hadis termasuk Bukhari Muslim. Hati-hati jangan-jangan mereka termasuk ajaran sesat dan bahkan sudah masuk aliran syhiah yang memang tidak menyukai hadis-hadis terutama yang diriwayatkan selain Ali.
Demikian catatan ini. Mohon maaf kalau tidak tepat atau kurang jelas, karena ini hanyalah catatan saja. Kalau bermanfaat silakan diambil dan diteruskan kepada saudara kita yang lain.

lngrisk.co.id

Leave a comment

Your email address will not be published.