Seminar Protection and Indemnify (P&I) oleh APARI

Bertempat di ruang serba guna gedung kantor PT Asuransi Tugu Pratama pada tanggal 29 May 2013 kemarin telah diselenggarakan in house traning dan sekaligus seminar untuk kalangan anggota Asosiasi Pialang Asuransi dan Re asuransi Indonesia. 
Seminar kali ini adalah yang ketiga kali dalam tahun 2013.  Seminar sebelumnya diadakan bulan April lalu di auditorium kantor asuransi Jasa Indonesia dengan mengambil judul Aviation Insurance yang dibawakan oleh Arman Juffry salah seorang pakar asuransi penerbangan di Indonesia. Di bulan Maret pokok bahasannya adalah Oil and Gas Insurance. 
  

Seminar ini adalah salah satu program baru dari pengurus APARI yang baru saja diangkat sejak beberapa bulan yang lalu. Ini sebuah terobosan yang sangat tepat karena pengurus dapat memberikan nilai tambah kepada seluruh anggota dan calon anggota. Khusus bagi pemegang gelar Ahli Pialang Asuransi Indonesia (APAI) dan Certified Indonesia Insurance Broker (CIIB) seminar ini juga bisa menjadi ladang penghasil point. Ada 20 point yang bisa dibukukan dengan mengikuti seminar ini. Jumlah peserta yang hadir di seminar kemarin sebanyak 140 orang terdiri dari 90 orang anggota APARI dan sisanya calon anggota. Jumlah ini terus meningkat dari seminar yang adakan sebelumnya.
Sungguh sangat tepat topik seminar kali ini yaitu Protection and indemnity (P&I) karena ini menyangkut perlindungan terhadap pemilik kapal dari tuntutan yang datang dari pihak ketiga akibat kesalahan dan kelalaian dari operasional kapal. Yang membawakan topik adalah bapak FX. Sugiyanto, SH. Penulis buku \”Hukum Asuransi Maritim, Protection and Indemnity (P&I) Insurance\”. Sebelumnya pernah menjadi Country Manager of Correspondent for Indonesia, Spica Services Indonesia
FX Sugyanto SH
Beliau pensiun sejak tahun 2008. Sekarang beliau aktif sebagai legal dan claims advisors.
Sebagai seorang ahli hukum yang mempunyai pengalaman luas di bidang kelautan dan perkapalan sungguh pemaparan yang disampaikan oleh pak Sugiyanto sangat lengkap dan menyeluruh sehingga sangat mudah dipahami oleh seluruh peserta. Meskipun bagi peserta yang sudah ahli dan berpengalaman banyak akan tetapi paparan yang disampaikan telah memperluas pamdangan dan melengkapi yang sudah ada.
Peserta Seminar
Ternyata kebutuhan akan jasa jaminan asuransi P&I begitu penting dan mendesak saa ini. Namun ternyata di Indonesia masih sedikit pemilik kapal yang menyadari betapa pentingnya jaminan P&I ini bagi mereka.  Resiko kapal untuk mengalami tabrakan dan merugikan pihak ketiga semakin hari semakin tinggi karena tingginya frekwensi perjalanan kapal akibat ndari pertumbuhan ekonomi Indonesia yang demikian pesatnya sejak 10 tahun terakhir ini.
Sebenarnya pemerintah Indonesia sudah lama menyadari akan hal ini dimana salah satunya dengan mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 21 tahun 2010. Di dalam PP ini antara lain memuat kewajiban pemilik kapal untuk memiliki jaminan asuransi P&I. Akan tetapi hingga saat ini pelaksanaanya masih jauh. Masih sangat sedikit pemilik kapal yang memiliki jaminan P&I ini. \” Masalah kita adalah pada penerapan peraturan itu\” demikian kata pak Sugiyanto. Untuk pelaksanaanya itu menjadi tugas broker asuransi untuk meyakinkan nasabah untuk membeli jaminan ini.
Ada 28 halaman slide yang dipresentasikan oleh pak Sugiyanto yang secara detail dan lengkap menjelaskan masalah P&I yang sudah dibagikan kepada para peserta. Selain itu untuk lebih lengkap bisa dengan membeli buku yang beliau tulis berjudul \”Hukum Asuransi Maritim, Protection and Indemnity\” seharga Rp. 65,000 . Bagi yang ingin mendapat informasi lebih banyak bisa menghubungi langsung di 0816870719 atau melalui e mail fx.sugiyanto@cbn.net.id atau FX . Sugiyanto @yahoo.com. 
Seminar selanjutnya insya Allah akan diadakan pada tanggal 25 Juni 2013 dengan judul \”Bedah Polis Heavy Equipment Insurance\”. Diperkirakan peserta yang akan hadir jauh lebih banyak karena ini menyangkut hampir seluruh aspek resiko sejalan dengan meningkatnya popolasi alat berat di Indonesia.
Penyerahan Cendra Mata oleh bpk Ian Ramlan kepada bp, Choky Tobing Direktur Asuransi Tugu Pratama
Penyerahan penghargaan kepada bapak FX Sugiyanto SH oleh Bambang Suseno dan pak Agus Murdono selaku panitia

lngrisk.co.id

1 comment

  1. Kapan akan diadakan Seminar lagi khusus tentang Implementasi P&I di Indonesia dan masalah wreck removalyang surat edaran hanya berlaku satu minggu dimana selanjutnya dfitunda pelaksanaannya,???Bedah masalah Liability Insurance khusus bidang maritim akan sangat menarik dan prospektip untuk pemasaran marine Insurance.Salam

Leave a comment

Your email address will not be published.