Ibadah Dengan Syukur by ustad Arifin Jaya Diningrat

Berikut ini catatan saya dari  pengajian mingguan di Mesjid Pondok Indah Jakarta Ahad 14 Juli 2013.
Membangun karakter sabar. 
Di sesi  pertama kita sudah membahas kesabaran dalam beribadah.
Kita bersyukur atas segala nikmat dari Allah. Semoga Allah senantiasa memancarkan cahaya dari depan dan dari segala macam arah pada kami.
Orang beriman tapi belum tentu bersabar. Ibadah tapi tidak bisa bersyukur berarti tidak bersabar. Menyembah Allah perlu kesabaran.  Suruhlah keluargamu untuk sholat dan bersabar demikian perintah Allah.
Allah tidak membutuhkan sesuatu dari kita. Justru Allah yang memberikan rizki kepada kita. 
Kesabaran dalam berzikir di pagi dan petang hari. Sabar itu turun naik. Kita perlu membentuk lingkungan yang banyak mendukung kita agar kita bisa bersabar.
Jangan lepas pandangan dari orang-orang yang sedang berzikir. 
Kegagalan nabi Adam. 
Redaksi-redajsu dalam Alquran, kalau larangan sering menggunakan contoh nabi Adam sebagai model. Adam dilarang mendekati pohon terlarang tapi tetap melanggar larangan Allah itu.
Pola fakir tidak bersyukur,  karena ketika kita focus pada hal yang dilarang maka fikiran kita akan cenderung mengingat yang dilarang. Sesuatu yang dilarang harus dibuang jauh – jauh.  Harusnya focus pada yang diperintahkan. Seharusnya kita fokus pada siapa yang melarang yaitu Allah.  Kita sering merasa berat karena terlalu banyak ang dilarang, pada hal yang dilarang itu lebih sedikit dari yang dibebaskan. Bumi ini delapan puluh persen adalah air, semua hewan yang hidup di dalam air itu halal tapi kenapa memersoalkan larangan atas memakan hewan yang jumlah sangat sedikit.
Kalau Allah anda kecilkan anda tidak akan pernah bisa bersabar.  Bersabarlah karena Allah. Habit of mind Tauhid.  
Fokus pada orang tua. Untuk bisa menikmati kesabaran dalam merhubungan dengan orang tua, fokuslah pada apa yang sudah diberikan oleh orang tua bukan pada perintah dan permintaanya saat ini.  
 Amalan kecil memberikan pahala besar.
Orang getol membaca Al Quran karena itu mempunyai manfaat yang sangat besar di akhirat  nanti.
Zikir 33 kali setiap habis sholat dengan tasbih, tahmid, nilainya besar dan embaca ayat kursi setelah sholat fardu nilainya sangat tinggi.
Bohong itu awal dari maksiat yang besar. Penghuni surga yang paling pinggir adalah orang berbohong kecil.  Bagaimana dengan mereka yang suka berbohong besar? 
Nabi melarang perbuatan marah. Dari setiap perintah nabi pasti baik. Kalau anak anda tidak berbohong pada anda  maka dapat dipastikan anda pernah berbohong kepada mereka. Tepati janji. 
Kesabaran menghadapi sesama
Kami jadikan sebagian kamu Ujian bagi yang lain. Isteri ujian bagi suami, suami ujian buat isteri. Anak ujian buat orang tua. Ujian itu berbentuk kesengsaraan. Kesengsaraan itu yang membuat ibadah nya menjadi top. Jangan lihat kekurangannya tapi apa kelebihannya.
Kalau ingin bersabar maka masukkan kehendak Allah di dalam setiap hubungan kita sesama. 

Leave a comment

Your email address will not be published.