Resensi Buku “Percuma Berasuransi Bila Klaimnya Tidak Dibayar!”

Tentang Penulis:
APPARINDO (Asosiasi Perusahaan Pialang Asuransi Dan Reasuransi Indonesia) baru saja melakukan terobosan baru di industri asuransi Indonesia. Inilah untuk pertama kalinya sebuah asosiasi perusahaan asuransi menerbitkan sebuah buku yang sangat lengkap dan komprehensif mengenai seluk beluk asuransi, mulai dari A sampai Z. Buku ini bertajuk \”Percuma Berasuransi Bila Klaimnya Tidak Dibayar\”. 

Dengan membaca judulnya saja pembaca langsung tersentak karena inilah topik yang selalu menarik untuk memperbincangkan asuransi. Seperti yang menjadi trend topic di Indonesia selama bulan Oktober 2013 lalu, ketika  Ahmad Dhani salah seorang  musisi top Indonesia meradang kepada salah  perusahaan asuransi jiwa terbesar Indonesia karena klaim asuransi kesehatan atas nama anaknya Abdul Qadir Jaelani ditolak. Jika saja Ahmad Dhani sudah membaca buku ini sebelum  itu pastilah ia tidak akan membuang-buang energi dan menyedot perhatian jutaan khalayak ramai untuk membahas penolakan itu.
Buku ini membahas secara gamblang segala hal yang berkaitan dengan asuransi. Ini adalah kumpulan dan curahan ilmu, pengetahun dan pengalaman dari para peraku industri broker asuransi Indonesia selama bertahun-tahun. Setiap hari broker asuransi bergumul membantu nasabahnya menghadapi berbagai macam kerumitan penyelesaian klaim asuransi. Dari klaim yang sederhana seperti tabrakan kendaraan sampai dengan klaim jatuhnya pesawat terbang dengan ratusan penumpangnya. Buku ini bukan hanya berisi teori asuransi saja tapi lebih dari itu, ia memuat nasehat, resep, bimbingan dan asistensi agar setiap klaim asuransi pasti dibayar.
Buku ini terdiri dari sepuluh Bab. Masing-masing Bab menguraikan dengan lengkap tapi dengan bahasa yang mudah dicerna. Bab satu dimulai dengan memberikan pemahaman tentang kehidupan. Bab ini mampu menggugah jiwa pembaca bahwa resiko itu \”pasti terjadi\” cuma masalah waktu saja. Bab dua membahas tentang Perencanaan Keuangan, salah satu yang perlu menjadi perhatian masyarakan Indonesia yang  memasuki ranah ekonomi moderen dengan segala konsekwensinya seperti biaya hidup yang setiap tahun meningkat sementara harapan hidup semakin lama. Perencanaan dana pendidikan anak, dana hari tua serta persiapan warisan. Bab tiga membahas mengenai Manajemen Resiko. Inilah salah satu fungsi penting dari broker asuransi yang tidak dilakukan oleh yang lain. Bab empat membahas asuransi secara lengkap dengan perspektif yang luas. Bab lima mengulas berbagai produk asuransi dan manfaatnya. Bab enam pembaca diperkenalkan dengan seluruh pelaku industri asuransi dan asosiasi dan lembaga-lembaga yang terlibat di dalamnya. Bab tujuh membahas mengenai berbagai macam perilaku nasabah asuransi. Mungkin salah satunya mirip dengan perilaku anda. Bab delapan mengenai Tips Membeli Asuransi. Inilah masukan  khas \”ahli asuransi\”, broker asuransi. Bab sembilan berisi nasehat agar Cerdas Mengajukan Klaim, ini sebenarnya rahasia \”dapurnya\” broker asuransi. Bab sepuluh berisi penjelasan megenai Pialang Asuransi dan Pialang Reasuransi. Mungkin inilah \”upah\” yang diharapkan dari penerbitan buku ini. Mengajak pembeli  asuransi  Indonesia untuk senantiasa memanfaat jasa broker asuransi agar klaim asuransinya dibayar. 
Buku ini terlihat ini sangat tebal karena memang terdiri dari 546 halaman. Tapi sebenarnya yang berisi pembahasan lengkap tentang asuransi hanyalah 239 halaman sedangkan sisanya adalah berisi lampiran berupa contoh formulir, dan salinan peraturan pemerintah dan undang-undang mengenai perasuransian. Tampilan buku ini sangat bagus dan berkelas. Sekilas buku tidak ada bedanya dengan buku-buku bisnis yang dipajang di toko buku terkenal. 
Ketika melihat buku ini pertama kali, saya langsung curiga bahwa yang menulis dan menyusun buku ini pastilah orang-orang hebat. Ternyata kecurigaan saya terbukti ketika saya sampai di bagian terakhir buku ini yang berisi profile team penulis.
Mereka adalah Andreas Freddy Pieloor ahli asuransi dan sekaligus penulis sepuluh buku bagus beberapa diantaranya telah menjadi buku Best Seller di Indonesia. Antara lain \”Benahi Cara Hidup\”, Bangun Kekayaan Sejak Belia\”, \”Jangan Beli Unit Link\” dan lain-lain. Selain itu ada Sri Hadiah Wati B.sc. SH, AAIK (HC), QPI. Salah satu tokoh senior di industri asuransi Indonesia saat ini. Oma, demikian panggilan akrab anggota APPARINDO kepada wanita yang berlatar belakang ahli hukum ini yang sudah lebih dari 38 tahun malang-melintang di dunia asuransi Indonesia. Ada Agus Subrata lulusan S1 FISIP Universitas Padjadjaran Bandung yang memulai karirnya di asuransi umum sejak tahun 1993. Kemudian ia berpindah ke beberapa perusahaan asuransi. Kemudian ia lebih banyak bergerak di bidang reasuransi dengan bergabung beberapa perusahaan reinsurance broker antara lain IBS Re, Asrinda. Terakhir dia menjadi direktur dan pemegang saham Tala Re. Penulis yang lain adalah Henry Wono Wong, yang berlatar belakang ilmu komputer ini. Ia mulai berkecimpung di industri asuransi sejak tahun 1990 hingga akhirnya pada tahun 2003 mendirikan perusahaan broker asuransinya sendiri yang mempunyai motto \”Your risk is our concern\”.
Firdaus Djealeni selaku Ketua Eksekutif Pengawas IKNB, Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK)  Republik Indonesia dalam kata sambutannya atas penerbitan buku ini menulis \”buku ini dapat menambah pemahaman para pembaca tentang produk-produk asuransi yang ada di pasar dst…\”. Saya sangat setuju dengan itu. 
Menurut saya, buku ini selayaknya menjadi buku wajib bagi setiap pelaku industri broker asuransi. Sangat bagus untuk para pemula karena ini adalah ringkasan dari segala hal yang perlu diketahui bagi setiap pelaku industri broker asuransi. Bagi para peserta pendidikan ahli asuransi dan ajun asuransi, buku ini adalah buku wajib yang harus anda miliki karena mencakup hampir semua pelajaran yang dibahas di dalam silabus pendidikan. Bagi pemegang gelar APAI dan CIIB, ini adalah buku pegangan anda yang satu saat perlu dibaca kembali. 
Ini adalah salah satu kontribusi terbesar APPARINDO kepada industri asuransi. Semoga dengan kehadiranya menjadi sarana mempercepat kemajuan industri asuransi Indonesia. 
lngrisk.co.id

2 comments

Leave a comment

Your email address will not be published.