Flaoting Market – Lembang Bandung VS Pattaya Bangkok

Kini banyak ide kreatif yang muncul di industri pariwisata. Salah satunya adalah dengan membuat pasar terapung yang menjadi budaya di dearah-daerah yang terletak di aliran sungai, muara, tepi laut dan di daerah perairan lainnya. Melakukan perdagangan dan transaksi jual beli di atas pasar terapung mempunyai keasikan luar biasa. Untuk menikmati sensasi seperti itu kini industri pariwisata membangun pasar terapung tiruan  namun tetap bisa menghadirkan sensasi berbeda dari berbelanja di pasar biasa.
Akhir Maret 2014 silam saya sempat menikmati berbelanja di pasar terapung di Pattaya Bangkok, Thailand. Awal May 2014 saya berkunjung pula ke Floating Market di negeri sendiri di Lembang, Bandung. Pasar terapung Pattaya sepertinya sudah hadir lebih dahulu, sehingga kesannya Lembang mencontoh saja. Tapi, rasa dan suasananya sangat berbeda. Pasar terapung di Bandung jauh lebih indah dan sejuk. Pemandanganya alamnya menakjubkan karena berada di puncak bukit yang dikelilingi oleh perbukitan berwarna hijau dengan pohon-pohon pinus tumbuh di lereng-lerengnya. Udara yang demikian sejuk walau disiang hari yang panas sekalipun. Sementara di Pattaya, suasanya terasa panas menyengat karena berada di pinggir pantai. Air danaunya juga berbeda. Di lembang airnya bening dan jernih sementera di Pattaya kuning dan keruh.

Floating market Lembang jauh lebih indah dan menyenangkan dari yang di Pattaya. Agar yang di Lembang lebih menarik saya usul agar produk yang disediakan jangan hanya kuliner saja tapi juga oleh-oleh makanan khas Bandung dan juga baju dan kaos khas Bandung lainnya. Saya melihat ada both tempat jual pakaian di halaman parkir tapi yang dijual sepertinya baju biasa yang bisa didapatkan di luar. Sementara semangat pengunjung adalah ingin membawa pulang oleh-oleh khas Bandung. Yah… ini mah sekedar usul sajah atuh… Kalau diterima Alhamdulillah.. Kumaha??…

Untuk melihat perbedaan dan persamaanya, berikut ini saya sandingkan jepretan saya di kedua lokasi ini dengan Galaxy S 4 saya.

Pemandangan Indah di Floating Market, Lembang
Floating Market, Pattaya

Bangunan Pasar, Floating Market Lembang
Warung di pinggir Floating Market, Pattaya

Warung di Floating Market, Lembang
Warung toko oleh-oleh khas Thailand, di Floating Market Pattaya

Warung Kuliner di Floating Market, Lembang
Bendera bangsa-bangsa pengunjung Floating Market, Pattaya

Keramaian pengunjung Floating Market, Lembang
Kegembiaraan pengunjung Floating Market, Pattaya

Suasana penikmat kuliner, Floating Market Lembang
Keceriaan Pengunjung Floating Market, Pattaya

Tempat bersantai keluarga di Floating Market Lembang
———————————————————————————————————————-
Jika anda memerlukan jaminan Pengiriman barang atau Pengangkutan Barang dengan biaya ringan.   Hubungi L&G Insurance Broker. Broker dan konsultan asuransi khusus bank garansi terbaik di Indonesia. Segera call/WA segera ke 081283987016 sekarang juga
 ———————————————————————————————————————

Leave a comment

Your email address will not be published.