Donald Trump for President

Menarik juga mengikuti interveiw Donald Trump (DT) dengan CNN pagi ini.
Saya tertarik dengan pandangannya mengenai Amerika sebagai polisi dunia. Dia akan menghentikan kebijaksanaan itu karena tidak ada gunananya sama sekali. Biaya besar yang dikeluarkan untuk menolong Korea Selatan, Jepang, Jerman, Saudi Arabia dan negara lainnya tidak memberikan manfaat apa2 pada Amerika. Justru negera itu menjadi kaya dan malah mrngambil posisi Amerika dari berbagai hal terutama ekonomi. Kini Amerika harus membeli elektronik dan kapal dari Korea, mobil dan lain-lain dari Jepang. Betapa banyak uang yang dikeluarkan untuk melindungi Arab Saudi tapi apa hasilnya buat Amerika. Amerika banyak mendukung China tapi lihatlah apa yang dilakukan China di Laut China Selatan. Mereka melecehkan Amerika.
Jika DT menang, peta dunia politik dunia akan berubah. Timur tengah akan mempunyai bentuknya sendiri tampa Amerika. Indonesia tidak kecut lagi dengan ancaman Australia.
Terlepas dari kontraversinya mengenal Islam, black dan women. Ide DT ini sangat menarik agar negara2 di dunia bisa menjadi dirinya sendiri tampa takut lagi dengan \”polisi dunia\” yang sering menjadi momok termasuk bagi Indonesia.
Who knows?

Leave a comment

Your email address will not be published.