Gedung Ambruk di Bintaro. Apakah ada asuransinya?

Hanya  berselang dua minggu, kembali terjadi kecelakaan dahsyat di Bintaro. Sebelumnya amburuknya jembatan penyeberangan orang di jalan tol Bintaro – BSD yang menyebabkan kemacetan parah dan kehilangan pendapatan.
Kamis siang tanggal 2 Juni 2016 sebuah gedung tinggi bertingkat 20 di jalan Boulevard  ambruk mulai dari lantai paling atas sampai lantai dasar. Penyebab utamanya belum diketahui tapi kalau dilihat dari segi fisik maka penyebabnya adalah karena kesalahan teknis dan akibat faktor usia.Gedung ini hanya berjarak sekitar 150 meter dari kantor kami. Ketika  ambruk, salah seorang karyawan kami berdiri hanya sekitar 25 meter lokasi. Dia menyaksikan bagaimana puing-puing dan debu berterbangan. Ada beberapa orang berlarian dari lokasi dengan kondisi tertutup debu. Sesuai dengan informasi, tidak ada korban jiwa dari kecelakaan ini.
Gedung ini dibangun  dua puluh tahun lalu  ketika Indonesia mengalami krisis ekonomi. Pembangunan gedung terhenti ketika sudah mencapai tahap 75% konstruksinya. Bangunan sudah tertutup dengan kaca. Sebagian mekanikal dan elektrikalnya juga sudah terpasang. di lokasi ini ada dua bangunan yang didirikan secara bersamaan dengan bentuk yang sama. Pertama di sebelah selatan yang sekarang ditempati oleh Bank Permata. Gedung ini berdiri utuh dan berfungsi dengan baik hingga saat ini,
Ada beberapa pendapat mengenai penyebab pembangunan gedung ini terhenti. Awalnya banyak yang berpendapat akibat dari krisis monoter sehingga pemilik tidak mampu lagi menyelesaikan karena kesulitan keuangan. Belakangan ada informasi lagi bahwa penyebabnya bukan karena kesulitan uang akan tetapi karena konstruksinya salah dan gedung miring sehingga tidak layak untuk digunakan. Yang benar mungkin penyebab yang terakhir, terbukti bangunan itu ambruk. Syukur tidak jadi diselesaikan dan ditempati kalau tidak, berapa banyak jiwa dan kerugian materi yang timbul.
Sejak beberapa bulan terakhir gedung itu memang sedang proses penghancuran. Kaca-kaca yang sudah menutupi gedung sudah lama dilepas. Kemudian beberapa lantai mulai dari yang paling atas sudah mulai dipangkas secara manual. Mungkin sudah ada lima lantai yang selesai. Setiap hari biasanya terlihat para pekerja lantai paling atas. Di bawah ada beberapa ekskavator yang mengangkat puing-puing.
———————————————————————————————————————-
Jika anda memerlukan jaminan Pengiriman barang atau Pengangkutan Barang dengan biaya ringan.   Hubungi L&G Insurance Broker. Broker dan konsultan asuransi khusus bank garansi terbaik di Indonesia. Segera call/WA segera ke 081283987016 sekarang juga
 ———————————————————————————————————————
Sekarang mari kita lihat aspek-aspek asuransi dari kejadian ini: 
  • Construction and Erection All Risks and Third Party Liability (CAR/TPL). Jenis asuransi yang tepat untuk obyek seperti gedung ini adalah CAR/TPL. Dapat dipastikan gedung ini tidak mempunyai asuransi CAR/TPL karena pekerjaannya sudah terhenti sejak lama sekali. Sudah tidak berada dalam masa construction period. Status pekerjaannya dalam keadaan berhenti atau cession of work. Di dalam asuransi CAR/TPL tidak ada jaminan atas proyek yang dalam keadaan berhenti apalagi untuk jangka waktu yang begitu lama. 
  • Professional Liability Insurance (PI). Kemungkinan jaminan asuransi yang bisa memberikan jaminan adalah polis asuransi PI. Jika benar penyebab berhentinya pembangunan gedung ini dulu adalah karena kesalahan desain maka kesalahan itu bisa dituntut di dalam polis asuransi PI. Apalagi sekarang, gedung ambruk sebagai bukti bahwa memang sudah terjadi kesalahan dalam desain ataupun kesalahan  konstruksi. Di dalam polis asuransi CAR/TPL sebenarnya ada tambahan klausula Faulty Design yang menjamin kerusakan akibat dari kesalahan desain. Bagaimana memproses klaim asuransi PI untuk proyek ini? Sepertinya tidak mudah. Karena sudah hampir dua puluh tahun proyek ini terhenti. Tidak mudah untuk mencari file dan dokumen serta perusahaan yang dulu membangun gedung ini. Mungkin juga sudah terjadi kesepakatan diantara para pihak sehingga tidak perlu ditinjak lanjuti. Sekedar untuk diketahui bahwa, ada jaminan polis asuransi PI memberikan jaminan kepada arsitek, perancang dan kontraktor atas tuntutan ganti rugi akibat kesalahan mereka dalam membuat gambar dan rancangan yang menyebabkan terjadi kerusakan dan kerugian. Di dalam undang-undang pekerjaan umum jaminan asuransi PI sudah menjadi kewajiban. Tapi kenyataannya hingga saat ini permintaan atas jaminan asuransi ini sangat sedikit. Hanya beberapa kantor arsitek dan perencana saja yang sudah mempunyai jaminan asuransi ini. Untuk mendapatkan jaminan ini memang tidak mudah. Perlu analisa yang mendalam mengenai \”tingkat keahlian\” serta pengalaman dari kantor arsitek. Juga mengenai jumlah dan kwalifikasi tenaga ahli. Di luar negeri jaminan asuransi ini wajib hukumnya. Bahkan nilainya bisa ratusan juta dollar. Di dalam kontrak pekerjaan di industri perminyakan selalu ada persyaratan yang mengharuskan setiap kontraktor atau konsultan yang mempunyai polis asuransi PI. Sesuai dengan peraturan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) perusahaan broker asuransi seperti kami harus memiliki polis asuransi PI dan setiap tahun harus diperpanjang. Tujuannya, sebagai konsultan broker asuransi melindungi dirinya atas kesalahan di dalam memberikan advis dan konsultansi kepada nasabahnya yang menyebabkan nasabahnya mengalami kerugian.
Demikian catatan dan tinjauan asuransi atas musibah ini. Kejadian ini sekali lagi mengingatkan kita bahwa kecelakaan  dapat terjadi kapan saja dan dimana saja.  Saya sering menghadapi klien yang dengan yakinnya mengatakan \”ini aman, tidak akan ada resikonya, kami sudah berpengalaman\”. Asuransi adalah cara pintar untuk menghadapi resiko.  jika terjadi dapat mendatangkan kerugian yang sangat besar. Memang kemugkinan terjadinya resiko kecil, maka premi asuransinya juga sangat keci. Hanya sekian persen atau permil dari nilai yang dijamin. Tapi kalau terjadi kecelakaan, anda lebih tenang dan tentram karena ada asuransi yang mengganti.
———————————————————————————————————————-
Jika anda memerlukan jaminan Pengiriman barang atau Pengangkutan Barang dengan biaya ringan.   Hubungi L&G Insurance Broker. Broker dan konsultan asuransi khusus bank garansi terbaik di Indonesia. Segera call/WA segera ke 081283987016 sekarang juga
 ———————————————————————————————————————
Informasi ini dipersembahkan oleh:
lngrisk.co.id

Leave a comment

Your email address will not be published.