Bagaimana aspek Asuransi dari kebakaran proyek Hotel Swiss Bell, Kelapa Gading, Jakarta.


Image result for kebakaran hotel kelapa gading
www.netralnews.com
Accident can happen anywhere and anytime. Kecelakaan dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Itu himbauan yang selalu kami dengungkan ketika menjelaskan pentingnya asuransi kepada nasabah kami. 
Hari Ahad tanggal 7 Agustus 2016 kemarin terjadi kebakaran di proyek hotel Swss Bell, di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Api diperkirakan mulai merebak sekitar pukul empat sore. Api mulai berkobar di lantai 23 kemudian menjalar sampai ke lantai 27, lantai paling atas. Dua orang dinformasikan meninggal dunia, puluhan orang cidera akibat peristiwa ini.
Sebagai “tukang asuransi” saya ingin mengajak pembaca untuk melihat aspek-aspek asuransi dari peristiwa ini:
1.      Menurut informasi bahwa hotel ini masih dalam tahap finishing dimana pase pekerjaan konstruksi struktur, pemasang mesin-mesin utama sudah hampir selesai. Pekerjaan finishing biasanya meliputi pemasangan perabotan kamar, partisi dan asesories. Apalagi untuk hotel, pekerjaan ini porsinya lebih besar dari pekerjaan bangunan tinggi lainnya.
2.      Sudah muncul beberapa keterangan mengenai penyebab kebakaran, ada yang mengatakan bahwa penyebabnya adalah akibat konrsleting listrik. Ada kemungkinan seperti itu, tapi masih ada kemungkinan  lain misalnya akibat proses pekerjaan finishing, akibat proses pengelasan, karena puntung rokok, bahan mudah terbakar seperti cat dan lain-lain. Kepastiannya masih menunggu hasil penyelidikan dari yang berwewenang.
3.     Jaminan asuransi yang tepat untuk proyek ini adalah Construction/Erection All Risks/Third Party Liability (CAR/EAR/TPL). Jaminan ini biasanya berlaku sejak pekerjaan pondasi dimulai sampai pada penyelesaian proyek secara keseluruhan. Jenis asuransi lain misalnya Property All Risks (PAR) belum bisa berlaku karena bangunan masih dalam tahap konstruksi dan belum dioperasikan. Namun jika polis yang menjamin adalah PAR perlu perluasan jaminan khusus.
4. Jaminan untuk pekerja yang meninggal dan cidera dijamin di dalam polis asuransi BPJS Ketenagakerjaan. Jaminan ini biasanya diurus oleh perusahaan kontraktor yang merekrutnya. Beberapa kontraktor biasannya menambahkan lagi dengan jaminan Personal Accident (PA). Besar nilai kompensasinya sudah ditentukan. Kita berharap semoga kontraktor sudah mengatur jaminan ini.
5.      Untuk menghitung besarnya biaya kerugian yang timbul harus menunggu hasil dari loss adjustment atau penilaian dari petugas Loss Adjuster yang ditunjuk oleh perusahaan asuransi yang menjamin. Untuk menghitung secara garis besar bisa dilihat dari jumlah lantai yang rusak. Kalau kebakaran terjadi di lantai 23 sampai dengan 27 berarti ada 5 lantai yang rusak. Jika setiap lantai memerlukan biaya 10 milyar maka nilai kerugian sekitar 50 milyar.
6.      Proses pengurusan asuransi, meskinya saat ini sudah berjalan. Kalau proyek ini menggunakan jasa broker pagi ini sudah ada komunikasi antara broker, kontraktor atau pemilik proyek serta dengan perusahaan asuransi. Menentukan langkah-langkah yang akan diambil. Mulai dari penentuan  perusahaan loss adjuster yang akan ditunjuk. Loss adjuster akan langsung bekerja mengumpulkan informasi yang relevan dan mengadakan survey ke tempat kecelakaan. Menurut hemat kami, untuk kecelakaan sebesar ini perlu waktu antara 3 sampai dengan 6 bulan untuk penyelesaian.
Peristiwa ini mengingatkan kita sekal bahwa kecelakaan dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Lakukan pengelolaan manajemen resiko yang maksimal. Risk Tranfer atau pemindahan resiko kepihak asuransi adalah solusi paling bijak. Untuk resiko-resiko yang kompleks dan besar gunakan jasa broker asuransi. Karena merekalah  yang paling tahu cara bagaimana mengurus asuransi dan menyelesaikan klaim dengan cepat dan maksimal.  

———————————————————————————————————————-
Jika anda memerlukan jaminan Pengiriman barang atau Pengangkutan Barang dengan biaya ringan.   Hubungi L&G Insurance Broker. Broker dan konsultan asuransi khusus bank garansi terbaik di Indonesia. Segera call/WA segera ke 081283987016 sekarang juga
 ———————————————————————————————————————

Leave a comment

Your email address will not be published.