Business Outlook 2017 – My Version


Oleh Mhd. Taufik Arifin
Image result for 2017
Dua minggu lalu saya menelpon ke salah seorang klien yang bergerak di bidang multifinance. Saya ingin memberikan informasi mengenai harga batubara yang sekarang sudah naik signikan dalam waktu 6 bulan ini. Harga batubara sekarang sudah diatas USD 100/ton sama dengan harga tertinggi tiga tahun lalu. Sebagai perusahaan yang banyak memberikan pembiayaan kepada dunia pertambangan saya ingin mendengar reaksinya. Ketika saya telepon ternyata beliau baru selesai mengikuti pertemuan yang diadakan oleh asosiasi pembiayaan dan leasing mengani Business Outlook 2017 yang disampaikan oleh bankir dari BRI. Kesimpulannya, secara nasional pertumbuhan ekonomi tahun depan flat alias datar saja. Tidak banyak berbeda dengan tahun 2016. 
Nada yang sama juga saya dengar dari beberapa sumber. Dari harian Bisnis Indonesia koran langganan kami, hasil penelitian dari langganan informasi bisnis online kami dan dari penjelasan pemerintah. Ekonomi Indonesia diperkirakan akan tumbuh sekitar 5,2% tahun depan. Lebih kurang sama dengan pertumbuhan di tahun 2016. 
Bagi saya tahun 2016 adalah salah satu tahun terberat. Sedikit lebih baik dari tahun 2015. Bedannya, jika pada tahun lalu pada enam bulan pertama kondisi bisnis kami sangat lesu karena masa transisi pemerintahan, baru di smester kedua terjadi kontraksi ketika pemerintah mulai mengucurkan dana untuk proyek-proyek strategis seperti proyek pembanguna kapal utuk proyek tol laut. 
———————————————————————————————————————-
Jika anda memerlukan jaminan Pengiriman barang atau Pengangkutan Barang dengan biaya ringan.   Hubungi L&G Insurance Broker. Broker dan konsultan asuransi khusus bank garansi terbaik di Indonesia. Segera call/WA segera ke 081283987016 sekarang juga
 ———————————————————————————————————————

Kondisi real di bidang asuransi pada tahun 2016 kurang bagus. Ini dapat dilihat dari pernyataan dari ketua umum Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) bahwa pertumbuhan industri asuransi umum tahun 2016 diperkirakan hanya berkisar antara 5% sampai dengan 7,5%. Angka ini merupakan yang terendah dalam sepuluh tahun terakhir, boleh dibilang sebagai pertumbuhan negatif jika dibandingkan dengan tingkat inflasi. Dalam sebulan terakhir ini saya didatangi oleh beberapa orang pimpinan perusahaan asuransi rekanan kami untuk mendapatkan gambaran potensi  kerjasama kami di tahun depan. Hampir semua mengeluhkan penuruan pendapatan premi mereka tahun ini. Mereka berharap menjadi lebih baik di tahun depan. Salah satu penyebabnya adalah pengetatan cucuran kredit oleh perbankan dan lembaga pembiayaan. Karena dari setiap asset yang dibiayai bank akan memerlukan jaminan asuransi. Penurunan tertinggi adalah pada sektor asuransi kendaraan bermotor. Jenis asuransi ini memberikan kontribusi pendapatan premi yang besar. Selain itu ada juga sektor manufaktur, pertambangan dan konstruksi. 
Alhamdulillah perusahaan kami tahun ini masih bisa bertumbuh sekitar 17,5% dibanding tahun lalu. Lebih bagus dari tahun sebelumnya. Ada beberapa faktor yang membantu kami bertumbuh. Pertama karena kami merubah fokus dari jenis asuransi tradisional ke jenis asuransi yang baru yang pasarnya masih terbuka atau “blue ocean” market. Kedua karena kami berhasil membentuk team kerja baru yang bersemangat tinggi setelah melalui tranining intensif oleh rekan-rekan kami dari Beyond Today. Mereka adalah para pelaku dan trainer sukses di asuransi jiwa. Secara finansial selama tahun dua tahun ini kami mengalami tekanan cukup berat karena kami memutuskan untuk memiliki bangunan kantor sendiri. Kami berinvestasi sekaligus mulai mencicil dengan nilai lima kali lebih besar dari biaya kantor kami sebelumnya. Akibatnya pengeluaran kami meningkat secara signifikan sementara pendapatan tidak naik. Dengan adanya peningkatan pendapatan tahun ini akan dapat menurunkan tekanan terhadap biaya di tahun depan.
Di tahun 2017 kami mempunyai harapan positif. Tekananan keuangan kami akan berkurang karena tidak ada lagi pengeluaran khusus untuk renovasi, Down Payment dan pengeluaran lainnya. Kami hanya menganggarkan pengeluaran biaya rutin saja, akan ada kenaikan tapi jumlahnya bisa terkendali. Team kerja kami semakin solid. Kami mengadakan sedikit perubahaan formasi. Ini berdasarkan hasil pantauan kami melalui catatan “100 pointers’. Bak menyusun sebuah tim sepakbola yang tangguh, kami membentuk timnas berdasarkan kemampuan dan bakatnya. Ada kelompok penyerang, gelandang, bek dan keeper. Selama ini kami membuat group tidak benar-benar memperhatikan catatan score card. Yang tak kalah pentingnya adalah adanya proyeksi pertumbuhan positif dan signifikan di sektor-sektor yang kami geluti. Harga batu-bara yang pulih keharga tertinggi, harga migas kian meningkat dan semakin ramainya kegiatan bisnis di sektor utilities. Kami akan membuat group yang khusus untuk menggarap pasar yang sedang bertumbuh ini. 
Manusia yang berencana, tapi Allah jualah yang menentukan.Ekonomi dunia masih menunggu sepak terjang Donald Trump setelah diangkat jadi presiden Amerika awal Januari ini. Perekonomian Indonesia juga bisa dalam kondisi terancam karena keterbatasan dana pemerintah. Dana hasil dari proyek Tax Amnesty tahap pertama lumayan besar untuk membiayai proyek-proyek pemerintah yang dihentikan pertengahan tahun lalu. Sekarang berharap agar program Tax Amnesty tahap dua juga sukses, tapi tampaknya respons masyarakat tidak sebagus seperti tahap tertama meski pemerintah getol mengkampanyekannya. Bank dan leasing mungkin sudah selesai melakukan rekonsiliasi dan restrukturisasi pembiayaan bermalah tahun lalu. Sehingga tahun ini mulai fokus lagi dengan pembiayaan baru. Demikian juga masalah politik agar tetap dalam kondisi kondusif setelah kesuksesan hajatan 411 dan 212 yang digalang umat Islam berlangsung damai. Berharap tuntutan umat Islam itu terwujud sehingga tidak ada lagi kejadian serupa di tahun 2017. 
Tetangga saya pak Paul Braibant seorang konsultan investasi internasional pernah mengatakan begini kepada saya ketika Indonesia mengalami krismon sekitar 20 tahun lalu “ orang tidak akan menunggu terlalu lama sampai kondisi ekonomi membaik karena kebutuhan hidup harus terpenuhi”. Jadi apapun kondisinya bisnis harus terus berjalan. 
Selamat tahun baru 2017, semoga kita semua bisa meraih sukses di tahun ini.

———————————————————————————————————————-
Jika anda memerlukan jaminan Pengiriman barang atau Pengangkutan Barang dengan biaya ringan.   Hubungi L&G Insurance Broker. Broker dan konsultan asuransi khusus bank garansi terbaik di Indonesia. Segera call/WA segera ke 081283987016 sekarang juga
 ———————————————————————————————————————
Bintaro 18 Desember 2016

Leave a comment

Your email address will not be published.