Seberapa penting teknologi informasi bagi industri Asuransi saat ini?



Antara tanggal 4-5 September 2017 lalu telah diselenggarakan 6th Asia Insurance CIO Technolgy Summit bertempat di 4 Season Hotel, Singapore. Seminar diikuti oleh sekitar 100 orang peserta dari berbagai belahan dunia, sebagian besar dari Asia. Seperti acara tahun-tahun sebelumnya, delegasi dari India adalah peserta yang paling banyak, dari Indonesia hanya dua perusahaan. Ada 20 orang pembicara kelas dunia terdiri dari para CEO dan CIO perusahaan IT, Sturtups dan perusahaan asuransi multinasional. 

Bagi kami ini adalah pertemuan ketiga yang kami ikuti. Kami beruntung karena kami telah mengambil keputusan untuk menghadiri seminar penting seperti ini walau secara biaya tidaklah murah. Dari seminar ini kami dapat mengetahui perkembangan teknologi informasi asuransi yang terbaru. Kami bisa menentukan strategi perusahaan di tahun-tahun mendatang. Kami juga tahu bahwa ternyata ada beberapa startups dan distruption programs yang sedang dan akan diluncurkan beserta dampaknya kepada industri asuransi. Ternyata teknologi informasi sudah semakin banyak mengambil alih pekerjaan yang selama ini dikerjakan oleh tenaga ahli. Bahkan dalam sebuah informasi yang viral minggu lalu dilaporkan bahwa salah satu dari 10 pekerjaan yang akan hilang di Singapura dan diambil oleh digital marketing adalah tenaga agen asuransi! Tidak hanya di bagian distrubusi TI juga mulai mengambil alih peran underwriter, analisis, proses klaim dan juga customer service. 

———————————————————————————————————————-
Jika anda memerlukan jaminan Pengiriman barang atau Pengangkutan Barang dengan biaya ringan.   Hubungi L&G Insurance Broker. Broker dan konsultan asuransi khusus bank garansi terbaik di Indonesia. Segera call/WA segera ke 081283987016 sekarang juga
 ———————————————————————————————————————
Dengan adanya perkembangan TI seperti ini perusahaan asuransi semakin memerlukan program digital dan tenaga Chief Digital Officer (CDO) dan Chief Analytics Officer (CAO). Tugas mereka selain mengendalikan distribution channels,  menyajikan data, statistik dan proyeksi bisnis kepada para pengambil keputusan. Perusahaan tidak lagi hanya bergantung kepada tugas dari tenaga underwriters dan aktuaris seperti yang ada selama ini. Tugas merekapun bisa diperluas menjadi risk manager dalam menentukan pilihan dan keputusan terbaik bagi perusahaan. 

Dalam perbincangan saya dengan salah seorang peserta dari India seorang CEO dari perusahaan IT, ia menyampaikan bahwa dia sudah sukses membuat program untuk untuk memudahkan perusahaan asuransi menentukan target pendapatkan perusahaan dengan tepat hanya dengan menggunakan program artificial intelligent yang mereka kembangkan. Perusahaan asuransi cukup memberikan data-data nasabah selama beberapa tahun terakhir maka program akan menyampaikan proyeksi kondisi perusahaan 3 dan 5 tahun kedepan, beberapa persen tingkat renewalability, hasil dari cross selling dan channel distrubution yang akan memberikan hasil terbaik.
Lain lagi dengan program yang ditawarkan oleh  perserta dari Swiss. Mereka mempunyai program yang mampu menganalisa kesehatan lengkap seseorang hanya dengan menggunakan handphone. Dalam sekejap kita dapat diketahui kondisi kesehatan seseorang dengan tepat dan benar. Program ini pasti sangat membantu tugas underwriter perusahaan asuransi jiwa dalam memutuskan menerima atau menolak calon nasabah tanpa harus menunggu hasil pemeriksaan dari laboratorium. Demikian juga petugas klaim akan sangat mudah ketika mengadakan cross check biaya kesehatan yang diajukan. 

Bagi industri asuransi Indonesia, kini tidak ada  pilihan kecuali mengikuti perkembangan teknologi informasi ini. Untuk bisa maju atau bertahan, sekarang hanya ada dua pilihan menjadi distrubtion atau be distrubted. Menjadi penggangu atau diganggu. Atau sesuai judul di salah satu koran nasional “ikut, selamat, tidak ikut, mati!
———————————————————————————————————————-
Jika anda memerlukan jaminan Pengiriman barang atau Pengangkutan Barang dengan biaya ringan.   Hubungi L&G Insurance Broker. Broker dan konsultan asuransi khusus bank garansi terbaik di Indonesia. Segera call/WA segera ke 081283987016 sekarang juga
 ———————————————————————————————————————

Leave a comment

Your email address will not be published.