Akibat letusan gunung Agung, Ini Manfaat Asuransi Perjalanan

Hingga pagi ini 28 November 2017 debu letusan gunung Agung di pulau Dewata Bali masih membumbung tinggi. Debunya mulai menyebar ke segala arah dan menutupi permukaan bumi. 
Akibatnya bandara Ngurah Rai sebagai pintu gerbang pariwisata Bali sejak kemarin ditutup untuk semua penerbangan. Padahal  sekitar 51% turis sebagai penyumbang sekitar 60% dari ekonomi Bali masuk melalui gerbang ini. 
Seperti yang diberitakan oleh koran Bisnis Indonesia pagi ini, dampak ekonomi langsung sangat nyata. Industri logistik kargo kehilangan pendapatan sekitar 5 milyar/hari. Pengusaha hotel mengalami kerugian sekitar Rp. 1,5 juta perturis untuk pelayanan extra. 249 penerbangan lokal dan 196 penerbangan internasional juga batal. Sekitar 12,000 turis asing terjebak. 
Dari peristiwa yang tak terduga ini, sekarang mari kita lihat manfaat/benefit yang dapat didapatkan jika para turis sudah mempunyai polis asuransi perjalanan/travel insurance. 
Manfaat yang akan saya uraikan di bahwa ini, adalah secara umum yang dapat diberikan oleh perusahaan asuransi. Tapi tergantung dari jenis produk dan perusahaan asuransi yang menerbitkan.
1.      Travel Delay/Penundaan perjalanan.
Entah berapa banyak calon pengunjung Bali yang terpaksa membatalkan liburannya ke Bali akibat kejadian ini. Tiket pesawat, akomodasi dan lain-lain sudah dibayarkan. Perusahaan asuransi menjamin biaya penundaan ini. Besarnya tergantung dari manfaat yang tertulis di dalam polis
2.      Extra Re-routing cost cover/Manfaat Biaya Tambahan Untuk Perjalanan Pengganti
Karena bandara Ngurah Rai sudah tidak bisa digunakan, untuk ke luar dari Bali turis harus melalui rute lain. Seperti ke Juanda Surabaya, Sultan Hassanuddin Makassar dan lain-lain. Akibatnya ada biaya extra untuk tiket pesawat. Perusahaan asuransi akan mengganti biaya itu sejumlah angka yang tertulis di dalam polis.
3.      Extra Hotel Cost Cover Due To Travel Delay/Manfaat biaya hotel tambahan akibat penundaan perjalanan
Meski ada kebijaksanaan dari hotel untuk memberi waktu extra 1 hari kepada tamunya. Tapi ada atau tidaknya fasilitas ini, polis asuransi travel insurance akan memberikan jaminan ini sesuai dengan jumlah yang tertulis di dalam polis asuransi ini.
4.      Curtailment Trip/Pengurangan perjalanan
Pasti banyak diantara turis yang terpaksa harus mengakhiri wisatanya lebih awal karena takut akibat dampak dari kejadian ini. Perusahaan asuransi akan memberikan dana tunai sebesar yang tertera di dalam polis asuransi’
5.      Personal Accident/Kecelakaan diri
Jika turis atau pemegang polis mengalami kecelakaan akibat langsung dari letusan gunung api ini maka ia akan mendapatkan penggantian sesuai dengan table manfaat yang ada di dalam polis asuransi
6.      Overseas hospital daily cash benefits/Santunan Rawat Inap di luar negeri.
Khusus untuk turis asing jika mereka menderita sakit baik akibat langsung atau tidak langsung dari peristiwa ini, ia berhak mendapatkan penggantian biaya perawatan.
Inilah 6 diantara sekitar 30 manfaat dari asuransi perjalanan/travel insurance berkaitan dengan peristiwa letusan gunung Agung.
Resiko dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Inilah bukti dari hadis nabi Muhammad yang mengatakan  bahwa “safar” atau bepergian meninggalkan rumah adalah setengah dari kematian. Oleh karena itu setiap orang yang pergi safar dia beri banyak kemudahan antara lain dengan menkhodo sholat, memberikan pahala atas pahala yang rutin dia lakukan walau dia tidak sempat melalukan selama perjalanan.
Hendaklah orang yang safar meninggalkan wasiat dan menjaga diri. Salah satunya adalah dengan memiliki polis asuransi Travel Insurance.
Bagi anda yang ingin berpergian, pastikan anda sudah memiliki polis asuransi perjalanan/travel insurance.
Tempat yang terbaik adalah di L&G Insurance Broker. Hubungi segera. Ahli dan konsultan asuransi yang terdaftar di di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Klik disini atau hubungi Meli 081283987016 bisa juga di WA.

Leave a comment

Your email address will not be published.