L&G 2018 – Bisnis zaman now

———————————————————————————————————————-
Jika anda memerlukan jaminan Pengiriman barang atau Pengangkutan Barang dengan biaya ringan.   Hubungi L&G Insurance Broker. Broker dan konsultan asuransi khusus bank garansi terbaik di Indonesia. Segera call/WA segera ke 081283987016 sekarang juga
 ———————————————————————————————————————

Syukur Alhamdulillah L&G perusahaan kami telah berhasil melewati tahun 2017, salah satu tahun terberat dalam sejarahnya. Pada awal tahun kami mempunyai harapan besar dan semangat tinggi untuk mencapai target pendapatan yang tinggi. Tapi akhirnya, kami tidak berhasil menyentuh angka itu. 
L&G leaders

Tidak ada kata gagal, yang ada hanya kata berhasil atau belajar. Itulah ungkapan keren dari pak Tung Desem Waringin salah seorang guru saya. Ya, kami banyak belajar dari pengalaman di tahun yang lalu. Banyak kondisi yang di luar dugaan dan tidak terprediksi sebelumnya. Ini bukan hanya terjadi pada perusahaan kami tapi juga dialami oleh sebagian besar perusahaan pilang asuransi dan juga asuransi umum.
Karena saya telah mengetahui karakter dari bisnis jaman now dari presentasi  Prof. Roy Sembel dan buku DISRUPTION tulisan Prof. Rhenald Kasali dimana karakter bisnis sekarang adalah VUCA. (volatile, uncertainty, competition and agility). Bisnis yang rapuh, tidak menentu, bersaing dan alot. Bisnis tidak lagi bertumbuh secara linier. Bisnis sekarang karakternya turun, rata dan naik. Turunnya bisa sangat dalam tapi satu saat dia bisa meningkat tinggi sekali. Maka sebagai pimpinan dan pemegang saham saya dapat mengerti. 

Telah terjadi penurunan permintaan asuransi umum sejak beberapa tahun terakhir ini. Tahun 2016 lalu industri ini hanya tumbuh sebesar 5%, tahun, tahun 2017 diperkirakan angkanya hampir sama atau bisa lebih rendah. 
Penyebabnya antara lain, penurunan investasi di bidang property (perumahan, apartemen, gedung perkantoran dan industri dan lain-lain). Padahal jenis asuransi harta-benda merupakan sektor yang memberikan kontribusi premi paling besar. Kemudian diikuti oleh penurunan permintaan asuransi kendaraan bermotor. Meski tidak terlalu besar, tapi dampaknya cukup signifikan. 
With pak Muhaimin Iqbal and team

Kondisi yang terjadi pada kami agak sedikit berbeda. Kami berhasil mempertahankan sebagian besar klien top 20, tapi income yang kami terima dari seluruh perusahaan top 20 itu menurun. Bahkan dari salah satu klien terbesar kami yang bergerak di bidang pengadaan sarana untuk industri property pada tahun 2016 memberikan kontribusi sekitar 18% dari total pendapatan, tapi pada tahun 2017 pendapatan yang kami terima turun menjadi hanya seperempatnya. Hal ini sesuai dengan indikasi yang diberikan oleh team analis dari BCI Asia bahwa industri properti akan mengalami penurunan akibat dari lemahnya permintaan. Penurunan juga terjadi pada klien-klien yang lain walau tidak sedrastis ini.
Di lain pihak kami berhasil mendapatkan beberapa klien baru yang besarnya cukup signifikan. Hasilnya lumayan, cukup untuk mengimbangi penurunan pendapatan dari existing clients. Tapi akibatnya kami tidak bisa bertumbuh lebih besar.
Selain dampak dari penurunan permintaan, ada beberapa cara kerja kami yang tidak efektif. Salah satunya karena tidak bekerja sesuai dengan Lima Gemilang Way, belief system yang sudah menjadi kunci sukses kami selama ini. Kami tidak memaksimalkan program 100 Pointers sebagai alat kontrol kegiatan dan sarana untuk fastabikhul khairat, berlomba-lomba di dalam melakukan kegiatan positif. Kami terpengaruh oleh beberapa leader yang enggan mengikuti program ini. Akibatnya aktifktas tidak terkontrol dan tidak terjadi persaingan sehat yang menimbulkan hasil positif. 
L&G team

Dari beberapa percobaan yang kami lakukan, kami menemukan beberapa cara dan peluang yang berpotensi untuk dapat meningkatkan  pendapatan secara signifkan di masa mendatang. Salah satunya melalui interaksi kami dengan Indonesia Startup Center (ISC), startup paling sukses di Indonesia saat ini. Pak Muhaimin Iqbal selaku founder dan CEOnya adalah sahabat lama saya semenjak di IBS dulu. Kami pernah berada dalam satu team hebat ketika berhasil memenangkan Biz Game tingkat nasional dan tingkat Asia Pacific tahun 1995 silam. Kini ISC telah melahirkan beberapa startups kelas dunia yang sedang bertumbuh menjadi disruption kelas dunia yang disegani di berbagai bidang. 
ISC berkerja dengan pola pikir jaman now dengan mengandalkan pemuda-pemudah cerdas lulusan universitas ternama. Mengembangkan berbagai macam ide disruption yang mampu meningkatan produktifitas, menghemat biaya serta menjadi solusi dari berbagai persoalan yang selama ini belum terselesaikan. 
U-Care, startup

Bersama dengan ISC kami sedang mengembangkan beberapa program yang akan segera diluncurkan, antara lain U-care, I grow Insurance, Fintech dan lain-lain.  Dari diskusi dan pertemuan dengan pak Iqbal dan team saya  telah merasakan aura dan mencium aroma dari wanginya parfum bisnis jaman now serta dapat melihat betapa gemilangnya bisnis dimasa yang akan datang. Ini adalah modal besar bagi saya untuk mempersiapkan L&G menuju masa depan besar. Mengejar cita-cita menjadi broker asuransi nomor 1 di Indonesia. 

———————————————————————————————————————-
Jika anda memerlukan jaminan Pengiriman barang atau Pengangkutan Barang dengan biaya ringan.   Hubungi L&G Insurance Broker. Broker dan konsultan asuransi khusus bank garansi terbaik di Indonesia. Segera call/WA segera ke 081283987016 sekarang juga
 ———————————————————————————————————————
Sekarang saya memulai kebiasan baru. Membaca satu buah buku setiap minggu. Meski belum berhasil konsisten, tapi sudah hampir sepuluh buku yang selesai saya baca. Buku-buku itu telah berhasil membangkitkan kesadaran dan passion saya. Saya seperti terlahir kembali. 
Saya bersyukur karena telah masuk ke dalam lingkungan seperti di ISC ini. Jika tidak, mungkin saya masih berada di “jaman kegelapan”. Merasa cukup dengan apa yang sudah ada. Padahal dunia sedang berubah dengan kencang. Setiap detik terjadi perubahan. Sesuatu yang baru kemarin, hari ini sudah menjadi usang. 
Saya juga bersyukur karena secara konsisten hadir di pertemuan, seminar dan kenferensi industri asuransi. Demikian saya terus terupdate dengan kondisi terkini dan mengetahui arah perkembangan industri. 
Selain itu kami juga berhasil menemukan cara kerja yang sangat efektif. Sejak bulan Agustus kami menggunakan jasa konsultan. Hasilnya, alhamdulillah sangat luar biasa. Kami berhasil mendapatkan klien-klien baru dari sumber-sumber yang selama ini berada di luar jangkauan kami. Seandainya saja kami menemukannya di awal tahun, mungkin hasilnya akan jauh lebih dahsyat lagi.
Secara acak perusahaan kami telah dipilih oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk diaudit secara langsung. Hampir dua bulan petugas OJK memeriksa laporan dan data-data transaksi kami. Anda dapat membayangkan bagaimana rasanya jika sedang diperiksa oleh petugas. Kembang-kempis karena khawatir ada temuan yang dapat menyebabkan perusahaan mendapat sanksi. Hasilnya, ada beberapa catatan dan koreksi yang harus kami penuhi. Ada yang berat tapi ada pula yang tidak. Alhamdullillah setelah 8 bulan kemudian, kami dinyatakan “compliance”. Kami lulus. 
Bagi kami hasil ini termasuk kesuksesan besar. Karena jika kami gagal, berarti resikonya kami mendapat Surat Peringatan (SP) atau operasinya ditutup. Kini lega, bisa beroperasi dengan leluasa. 

Ini bisnis jaman now. Tahun lalu bisnis kami memang jalan di tempat, that’s all right. Tahun 2018 bisnis kami akan naik tajam. In sya Allah.
Terima kasih kepada seluruh nasabah yang terhormat, rekan-rekan asuransi yang luar biasa, pengurus APPARINDO, APARI dan segenap insan asuransi Indonesia atas segala dukungannya selama ini. Kami mengharapkan dukungan anda yang lebih besar di tahun 2018 ini.
———————————————————————————————————————-
Jika anda memerlukan jaminan Pengiriman barang atau Pengangkutan Barang dengan biaya ringan.   Hubungi L&G Insurance Broker. Broker dan konsultan asuransi khusus bank garansi terbaik di Indonesia. Segera call/WA segera ke 081283987016 sekarang juga
 ———————————————————————————————————————
Sukses untuk kita semua.

Leave a comment

Your email address will not be published.