Tinjauan Asuransi Kecelakaan Selasar Jatuh di Gedung BEJ


Senin siang tanggal 15 Januari 2017, suasana di Bursa Efek Indonesia (BEI) kacau. Tiba-tiba terdengar suara menggelagar memekakkan telinga. Semua orang panik dan berhamburan. Terbayang kejadian 20 tahun lalu disini, di lantai dasar dan basement ada ledakan bom. Ternyata bukan. Selasar atau mezanin dari lantai gedung Bursa Efek Indonesia Tower 2 tiba-tiba ambruk. Meski bukan kejadian besar, tapi informasinya viral mendunia. Maklum gedung ini menjadi pusat perhatian para investor dan pemain saham dari seluruh dunia. Dari sinilah setiap detik informasi berkembangan ekonomi Indonesia dipantau. 

Akibat dari musibah ini puluhan orang jatuh dari ketinggian sekitar 5 meter ke lantai dasar, diikuti oleh rubuhnya puing bangunan yang turut ambruk menimpa mereka. Akibatnya lebih dari 70 orang cidera ringan dan parah dan harus dilarikan ke rumah sakit. Patah tulang, luka berat dan ringan yang bisa berakibat cacat sementara dan cacat tetap. 

Itulah musibah. Ia dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Siapa mengira bahwa gedung yang kokoh dan canggih seperti ini bisa jebol. Siapa yang mengira bahwa disiang menjelang istirahat makan pada saat orang sedang ramai selasar itu ambruk. Namun bagi kami di industri asuransi, kejadian seperti itu terjadi setiap hari.Mungkin dengan bentuk dan tempat yang berbeda. Pada setiap bagian akhir presentasi saya selalu mengutip tulilsan “accident can happen anytime and anywehre, insure now”.

———————————————————————————————————————-
Jika anda memerlukan jaminan Pengiriman barang atau Pengangkutan Barang dengan biaya ringan.   Hubungi L&G Insurance Broker. Broker dan konsultan asuransi khusus bank garansi terbaik di Indonesia. Segera call/WA segera ke 081283987016 sekarang juga
 ———————————————————————————————————————
Sekarang mari kita bahas aspek asuransi dari kecelakaan ini. Sudah dapat dipastikan bahwa gedung ini diasuransikan. Karena pemilik dan pengelola adalah orang-orang yang paham tentang asuransi. Apalagi di gedung ini berkantor beberapa perusahaan asuransi termasuk IBS Insurance Broking Service perusahaan tempat saya bekerja dulu. 

Dengan asumsi bahwa BEI sudah mengasuransikan gedung secara lengkap dan polisnya dalam keadaan valid. Polis asuransinya biasanya terdiri dari Property All Risks, Public Liability, Professional Indeminity, Personal Accident dan BPJS. 

Kerusakan Gedung – Property All Risks

Lantai selasar yang ambruk masuk dalam kategori “accidental damage” dari polis asuransi Property All Risks (PAR) yang menjamin kerusakan dan kehilangan seluruh bangunan dan isinya. Meski jaminan dasar dari PAR adalah resiko akibat kebakaran, bencanan alam huru-hara, tapi kerusakan akibat dari penyebab lain (others) diganti, termasuk akibat ambruk seperti ini.

Asuransi akan mengganti seluruh kerugian yang timbul, termasuk biaya perbaikan, biaya aristek dan lain-lain untuk mengembalikan ke posisi semula sebelum kejadian. Besarnya biaya penggantian sesuai dengan nilai yang diperlukan. Dipotong resiko sendiri (deductible). Selain itu perlu pengecekan kecocokan nilai pertanggungan (adequacy of sum insured).

 Cidera Badan, Cacat dan Meninggal dunia atas pengunjung – Third Party Liability Insurance

Inilah yang membuat kecelakan ini menjadi pusat perhatian besar. Photo dan video para korban yang sedang diangkat dan dibaringkan di tengah-tengah taman menggugah rasa kemanusian. Suara jeritan dan rintihan para korban terasa menyayat hati. 

Sebagai gedung moderen dapat dipastikan gedung ini juga sudah mempunya polis asuransi Public Liability insurance. Jaminan terhadap tuntutan dari pihak ketiga akibat terjadinya kecelakaan yang berasal dari gedung. Kecelakaan dan kerugian yang timbul bisa berupa cidera, cacat, meninggal dunia dan juga kerusakan dan kehilangan barang. 

Para korban khususnya tamu-tamu yang bukan karyawan dari gedung BEI mereka semua adalah pihak ketiga. Oleh karena itu tuntutan mereka untuk mendapatkan tanggung jawab dari pemilik gedung dapat dipenuhi oleh polis asuransi ini. Pemilik gedung seharusnya segera memberitahu pihak broker asuransi ataupun perusahaan asuransi atas kejadian ini agar mereka segera mempersiapkan proses klaim dan penggantian. 

Berapa besar ganti yang bisa diberikan? Tergantung dari jumlah batas penggantian di dalam polis asuransi (limit of liability). Kalau saya bisanya selalu merekomendasikan ke klien untuk minimal sejumlah USD 1 juta. Tapi untuk gedung sebesar ini limit idealnya USD 2,5 jt apalagi gedung ini banyak tamunya orang asing. Mereka biasanya menuntuk dalam jumlah besar. 

Seluruh biaya yang dibutuhkan korban untuk mengembalikan kesehatan mereka seharusnya bisa diganti dari polis asuransi ini. Bahkan di luar negeri ada pula tuntutan akibat dari kecelakaan ini (punitive damage). Misalnya kehilangan pendapatan dan masa depan. Tapi di Indonesia biasanya tuntutan seperti ini jarang diajukan.

Professional Indeminty – PI 

Salah satu kemungkinan penyebab kecelakaan ini bisa jadi karena salah desain/rancang atau kesalahan lain. Dimana arsitek dan kontraktor salah dalam membuat perhitungan. Menyebabkan bangunan lemah dan mudah rubuh. Resiko seperti ini dapat dijamin di dalam polis asuransi Professional Indeminty (PI) atau tanggung jawab profesional yang dimiliki oleh kontraktor.  

Pemilik gedung bisa meminta penjelasan dan pertanggungwaban dari team kontraktor yang dulu membangun gedung ini. Jika terbukti pihak kontraktor bersalah dan lalai, mereka bisa memanfaatkan jaminan asuransi Professional Indemnity (PI) yang dimilikinya (jika ada) untuk mengganti seluruh kerugian yang timbul. Termsuk kerusakan lantai yang ambruk.  

———————————————————————————————————————-
Jika anda memerlukan jaminan Pengiriman barang atau Pengangkutan Barang dengan biaya ringan.   Hubungi L&G Insurance Broker. Broker dan konsultan asuransi khusus bank garansi terbaik di Indonesia. Segera call/WA segera ke 081283987016 sekarang juga
 ———————————————————————————————————————
Di Indonesia jaminan PI masih belum menjadi prioritas oleh sebagian besar pelaku industri konstruksi. Meski di dalam undang-undang jasa konstruksi sudah disebutkan bahwa pelaku jasa konstruksi diminta untuk memiliki polis asuransi professional indemnity tapi masih sedikit yang sudah memiliki. Banyak yang merasa bahwa jaminan seperti ini tidak perlu karena mereka “sudah professional” dan tidak akan ada kesalahan.

Mengurus klaim jaminan PI tidak mudah karena tidak semua perusahaan asuransi bisa memberikan jaminan. Diperlukan informasi yang lengkap mulai dari kwalifikasi tenaga ahli, pengalaman kerja dan perlatan yang dimiliki sebelum perusahaan asuransi dapat memberikan jaminan. 

Agar proses penerbitan jaminan PI berjalan lancar dengan biaya premi yang kompetitif sebaiknya menggunakan jasa pialang asuransi yang professional. Salah satunya adalah L&G pialang asuransi professional dan paling berpengalaman. Saya kenal baik dengan pendiri perusahaan ini… he he he. Proses penyelesaian klaim PI tidak mudah karena diperlukan analisa dan pembuktian secara teknis terlebih dahulu. Kadang memerlukan waktu yang cukup lama. 

Personal Accident/Health Insurance 

Selain dari asuransi diatas, khusus untuk cidera dan meninggal dunia jaminan asuransi yang dapat digunakan adalah Personal Accident (PA). Asuransi mengganti biaya pengobatan dan perawatan akibat dari kecelakaan (jika diperluas dengan Medical expenses). Ada batas penggantian sesusai dengan isi polis. Ada juga manfaat cacat tetap dan cacat sementara. Dimana jika korban cacat maka ia berhak mendapat penggantian cash dalam jumlah tertentu sesuai dengan polis.

Health insurance baik yang diterbitkan oleh perusahaan asuransi maupun oleh BPJS semua dapat mengganti biaya perawatan korban, akan tetapi ada limit dan batasannya. 

Semoga tulisan dapat mengingatkan kita bahwa musibah dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Asuransi adalah cara yang paling tepat untuk menanggulanginya. Agar proses klaim berjalan mudah dan lancar, manfaat selalu jasa pialangasuransi.

———————————————————————————————————————-
Jika anda memerlukan jaminan Pengiriman barang atau Pengangkutan Barang dengan biaya ringan.   Hubungi L&G Insurance Broker. Broker dan konsultan asuransi khusus bank garansi terbaik di Indonesia. Segera call/WA segera ke 081283987016 sekarang juga
 ———————————————————————————————————————

Leave a comment

Your email address will not be published.