Apa itu Captive Insurance?

Llyod of London

Kami ingin memperkenalkan pendekatan Manajemen Risiko dan Asuransi baru yang dikenal sebagai Pengalihan Risiko Alternatif dalam bentuk Asuransi Kaptif (ART / CI) atau Alternative Risk Transfer in the form of Captive Insurance(ART/CI).
Konsep ART / CI sejalan dengan misi dan tujuan dari PERUSAHAAN dalam meningkatkan kinerja Perusahaan:
  Memantau dan menyediakan Manajemen Risiko dan asuransi yang selalu update
• Memperkenalkan manajemen risiko baru, mekanisme asuransi, dan skema untuk memungkinkan PERUSAHAAN memaksimalkan manfaat asuransi dan mengurangi biaya
   Menyiapkan \”manajemen risiko dan konsultan asuransi internal\”
  Memastikan transformasi asuransi dari Pusat Biaya menjadi Pusat Laba (Cost center to profit center)
Captive adalah bentuk transfer risiko yang dikenal sebagai \”Perusahaan asuransi yang dimiliki oleh tertanggung\”. Usaha untuk mengasuransikan risiko dan kepentingan Perusahaan induknya, memberikan keuntungan yang dihasilkan oleh program captive. 
Di industri minyak dan gas secara keseluruhan, Captive dapat mengurangi biaya asuransi sebesar 25% seperti yang dialami oleh Petronas Malaysia.
Captive Insurance sebagai sarana pengelolaan risiko yang lebih baik daripada asuransi tradisional. Captive dibuat dengan  mempertimbangkan skenario berikut.
  Riwayat kehilangan (claim history) yang baik
• Dalam jangka waktu yang cukup lama, biaya premi tahunan Perusahaan induk melebihi pembayaran klaim asuransi yang diterima.
  Perusahaan asuransi lokal tidak memberikan  layanan yang maksimal
  Perusahaan asuransi lokal tidak dapat menawarkan solusi asuransi yang sesuai karena karakter dan ukuran bisnis Anda, sedangkan produk asuransi standar hanya menjamin sebagian dari risiko
  Asuransi menjadi biaya yang perlu dikendalikan
Manfaat Captive  meliputi:
  Penerapan Captive akan meningkatkan kwalitas manajemen risiko: semakin sedikit kerugian yang terjadi, semakin banyak akumulasi laba di dalam captive.
  Pemilik Captive menentukan dan mengontrol penempatan reasuransi
  Akumulasi premi di dalam Captive dapat digunakan sesuai dengan kebijaksanaan pemilik
Sebagai bagian dari manajemen risiko Perusahaan, Captive dapat mengasuransikan risiko dari semua Perusahaan yang berafiliasi dengan Perusahaan termasuk risiko yang terkait dengan pemiliknya. Ini akan meningkatkan volume premium asuransi di dalam captive dan akan mendiversifikasi portofolio bisnis captive.
Pilihan Captive
Tergantung pada tingkat risiko, anggaran, tingkat premi yang diharapkan, dan variabel lainnya, ada beberapa jenis Captive yang perlu dipertimbangkan.
Captive murni, dimungkinkan untuk membentuk a) Captive kelompok b) menyewakan Captive yang telah ditetapkan dari manajer underwriting (rent-a-captive)
Cara kerja Captive
1. Langkah Pertama
Transfer premium ke Captive
Captive akan didaftarkan terdaftar di daerah yang ditentukan, dengan pajak rendah yang menguntungkan. Bergantung pada negara asal Perusahaan induk, transfer mungkin memerlukan kerjasama dari Perusahaan asuransi lokal (fronting). Perusahaan fronting akan mengeluarkan polis asuransi kepada Perusahaan induk dan menyerahkan risiko kepada Captive.
2. Langkah Kedua
Pengaturan perlindungan reasuransi
Stabilitas keuangan dijamin melalui program reasuransi yang komprehensif. Bagian dari premi yang diterima oleh Captive akan digunakan untuk membeli perlindungan reasuransi. Ini akan melindungi Captive dan pemiliknya dari kerugian dengan cara reasuransi yang paling efisien biaya lebih murah daripada asuransi dan pilihan pertanggungan tidak terbatas pada Perusahaan lokal.
Tergantung pada program yang dipilih, Captive dapat memutuskan untuk mempertahankan sebagian dari risiko yang akan meningkatkan dana yang terkumpul di dalam Captive. Jika tidak terjadi klaim dana Captive akan terus bertambah yang akan memungkinkan untuk lebih mengurangi biaya reasuransi di masa mendatang.
3. Langkah Ketiga
Penggunaan dana
Akumulasi dana dapat digunakan atas kebijaksanaan pemilik, termasuk:
  Kegiatan investasi
  Untuk membayar dividen kepada Perusahaan induk
4. Langkah Ke empat
Penyelesaian klaim
Dalam hal terjadi kerugian, reasuransi akan mengganti kerugian kepada Captive, yang kemudian akan mentransfer pembayaran klaim, melalui Perusahaan fronting, kepada tertanggung.
Sebagai konsultan asuransi manajemen risiko internal yang ditunjuk, akan mencakup seluruh aspek manajemen risiko, dimana L&G akan fokus terutama pada manajemen asuransi termasuk peninjauan dan desain pada program asuransi, penempatan dan negosiasi premium dengan Perusahaan-Perusahaan fronting, tinjauan kebijakan, proses pemantauan dan penyelesaian klaim dari captive.
Karena kami belum memiliki detail lengkap tentang PERUSAHAAN anda, pada tahap ini kami belum dapat menyajikan ketentuan dan kondisi asuransi rinci dan serta perhitungan premium. Tetapi kami percaya bahwa program ini dapat mengurangi total biaya asuransi hingga 25%.

Leave a comment

Your email address will not be published.