Aspek Asuransi dari Musibah Tsunami Selat Sudan 23 Desember 2018

Image result for tsunami banten
Tidak ada kata-kata yang layak  untuk diucapkan atas kejadian musibah tsunami yang melanda kawasan selat Sunda 2 hari lalu itu kecuali Innalillahi wa innalilahi rojiun.
Semua milik Allah dan kembalinya kepada Allah.
Sederetan musibah besar tiada henti melanda negeri ini sepanjang tahun 2018. Puluhan kali gempa terjadi termasuk gempa besar di Lombok 2 kali, gempa dan tsunami Palu 2 bulan lalu dan kini datang lagi musibah ini. Ribuan nyawa melayang, puluhan ribu menderita cidera. Triliun rupiah hilang. Mari kita berdoa semoga Allah  menjauhkan musibah besar dari bangsa kita di masa mendatang. Aamiin…
Selama ini yang kita ketahui bahwa tsunami disebabkan oleh gemba bumi. Di dahului oleh terjadinya gempa bumi di dasar laut, menyebabkan runtuhnya dasar laut dan berubahnya permukaan air laut secara tiba-tiba dan akibatnya timbul gelombang pasang yang sangat besar. Seperti  yang terjadi di Aceh, Jepang dan Palu beberapa tahun lalu.

Tsunami kali ini berbeda, tidak ada gempa. Tidak ada tanda-tanda akan terjadinya tsunami. Yang terjadi adalah runtuhnya salah satu sisi dari gunung Anak Karatau yang berada di tengah selat Sunda yang terletak antara pula Jawa dan Sumatera. Gunung ini memang terlihat sangat aktif mengepulkan asap sejak beberapa waktu belakangan ini. Mungkin tumpukan lavanya sudah terlalu tinggi runtuh menghujam ke laut dalam jumlah sangat besar. Menyebabkan air laut terpukul dahsyat yang menimbulkan gelombang yang sangat besar ke arah rubuhnya dinding gunung, di bagian barat.
Gelombang yang terjadi sangat tinggi, konon mencapai tujuh meter yang berlari kencang menuju  ke pantai dan menghempaskan segala benda yang ada di pinggirnya. Bangunan, tanaman, kendaraan, perahu dan manusia. Semuanya tersapu habis dalam sekejap tak ada ada waktu untuk menyelematkan diri.  
Ratusan rumah hancur, puluhan hotel, cottages, ratusan kendaraan mobil, sepeda motor hilang dan rusak berat. Perhari ini sudah hampir 300 jiwa melayang, ratusan pula yang belum ditemukan, ribuan yang cidera.
Kini mari kita lihat aspek jaminan asuransi terhadap musibah ini.
1.    Penyebab musibah
Dapat dipastikan penyebab utama (proximate cause) musibah ini adalah tsunami. Resiko tsunami pada umumnya di dalam polis asuransi yang diterbitkan di Indonesia bukan  jaminan utama. Ia merupakan jaminan perluasan.
2.    Asuransi Harta Benda
Jika asset (rumah, hotel, cottage, kendaraan dll) sudah diasuransikan, mohon diperiksa apakah polisnya ada perluasan tsunami. Di bawah ini saya kutipkan pasal 3 dari Polis Standard Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI)
PASAL 3 PENGECUALIAN
3.    Pertanggungan ini tidak menjamin kerugian, kerusakan dan/atau biaya atas Kendaraan Bermotor dan/atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga yang langsung maupun tidak langsung disebabkan oleh, akibat dari, ditimbulkan oleh :
1.    kerusuhan, pemogokan, penghalangan bekerja, tawuran, huru hara, pembangkitan rakyat, pengambil alihan kekuasan, revolusi, pemberontakan, kekuatan militer, invasi, perang saudara, perang dan permusuhan, makar, terorisme, sabotase, penjarahan;
2.    gempa bumi, letusan gunung berapi,angin topan, badai, tsunami, hujan es, banjir, genangan air, tanah longsor atau gejala geologi atau meteorologi lainnya;
3.    reaksi nuklir, termasuk tetapi tidak terbatas pada radiasi nuklir, ionisasi, fusi, fisi atau pencemaran radio aktif, tanpa memandang apakah itu terjadi di dalam atau di luar Kendaraan Bermotor dan atau  kepentingan yang dipertanggungkan
Jika polis asuransi ada tambahan jaminan ini, maka segera urus proses klaim ke perusahaan asuransi. Jika menggunakan jasa broker, anda beruntung. Segera hubungi perusahaan broker asuransi, karena merekalah yang akan mengurus klaim sampai selesai.
———————————————————————————————————————-
Jika anda memerlukan jaminan Pengiriman barang atau Pengangkutan Barang dengan biaya ringan.   Hubungi L&G Insurance Broker. Broker dan konsultan asuransi khusus bank garansi terbaik di Indonesia. Segera call/WA segera ke 081283987016 sekarang juga
 ———————————————————————————————————————
3.  Asuransi Jiwa, Personal Accident dan Asuansi Sosial
1.    Asuransi Jiwa
Terhadap korban  yang meninggal dunia, polis asuransi jiwanya dapat diklaim sesuai dengan uang pertanggungan. Jika di dalam polis asuransinya ada ketentuan khusus mengenai meninggal akibat kecelakaan yang biasanya nilai pertanggungannya dua kali dari klaim biasa, jangan lupa untuk mengingatkan perusahaan asuransi.
Kepada ahli waris diharapkan untuk segera mencari polis asuransi atau menghubungi agen dan perusahaan asuransi yang menerbitkan jaminannya.
2.    Asuransi Personal Accident (PA)
Sebagian besar perusahaan asuransi memberikan jaminan atas musibah alam (acts of God) seperti tsunami ini untuk polis asuransi Personal Accident. Sayangnya jarang orang pribadi membeli polis asuransi PA. Biasanya polis ini dibeli oleh perusahaan. Mohon kepada ahli waris dapat menanyakan ke perusahaan tempatnya almarhum/almarumah bekerja apakah dibelikan asuransi PA. Jika ada minta HRD perusahaan untuk mengurus klaimnya. Kemungkinan juga ada jaminan asuransi PA yang dibeli melalui Credit Card, oleh karena itu tolong dicek juga.
———————————————————————————————————————-
Jika anda memerlukan jaminan Pengiriman barang atau Pengangkutan Barang dengan biaya ringan.   Hubungi L&G Insurance Broker. Broker dan konsultan asuransi khusus bank garansi terbaik di Indonesia. Segera call/WA segera ke 081283987016 sekarang juga
 ———————————————————————————————————————
Dokumen yang diperlukan adalah surat keterangan kematian dari rumah sakit atau dari lembaga lain yang diminta oleh perusahaan asuransi.
Polis PA biasanya juga ada jaminan tambahan Medical Expenses akibat dari kecelakaan. Biaya ini bisa diklaim untuk biaya pengobatan tapi jumlahnya terbatas sesuai dengan tertera di dalam polis asuransi.
3.    BPJS TK dan Kesehatan
Asuransi BPJS TK menjamin kecelakaan sehubungan dengan kecelakaan kerja (work related injury). Jika korban sedang melaksanakan pekerjaan atau yang berhubungan dengan pekerjaan maka BPJS TK akan mengganti biaya pengobatan kompensasi biaya kematian. Tapi jika korban tidak sedang dalam kegiatan yang berkaitan dengan tugas maka polis PBJS TK tidak mengganti.
Untuk pengurusannya sebaiknya melalui bagian HRD tempat almarhum bekerja.
Meskipun ada jaminan asuransi, tapi kerugian dan penderitaan yang dirasakan oleh para korban dan keluarga tidaklah sebanding. Namun bisa membantu meringankan biaya sampai kehidupan bisa berjalan normal kembali.

Leave a comment

Your email address will not be published.