Berapa lama waktu penerbitan Kontra Bank Garansi?


Untuk setiap kontrak pemilik pekerjaan (developer) selalu meminta jaminan bank garansi atau kepada kontraktor agar proyek dapat dilaksankan sesuai dengan isi kontrak. 
Ada beberapa jenis jaminan bank garansi atau yang diminta oleh developer. Pertama jaminan tender atau bid bond. Jaminan ini mengikat kontraktor yang menang untuk melaksanakan proyek sesuai dengan isi kontrak. Kedua, jaminan pelaksanan (jampel) dalam bahasa Inggris disebut dengan Performance Bond. Untuk memastikan kontraktor menyelesaikannya proyek sesusai dengan kontrak maka pihak pemberi kerja meminta bank garansi sebagai jaminan. Jika gagal maka  jaminannya bank garansi atau surety bondnya akan dicairkan. Ketiga, jaminan uang muka atau advance payment bond. Atas uang muka yang diterima oleh kontraktor, pemberi kerja meminta jaminan sejumlah dana. 
Untuk efisiensi biaya, sekarang ada fasilitas khusus namanya Kontra Bank Garansi. Merupakan gabungan antara Surety Bond dengan Bank Garansi. Sejatinya ia adalah Bank Garansi akan tapi dibelakangnya adalah jaminan asuransi. Jaminan sekelas bank garansi tapi biaya lebih rendah dan cash flow bisa lebih liquid. 
Untuk penerbitan Kontra Bank Garansi tidak semua bank mempunyai kerjasama dengan semua perusahaan asuransi. Bank-bank tertentu hanya bekerjasama dengan beberapa perusahaan asuransi. Biasanya bank menyediakan dana berbentuk pagu atau plafond yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan asuransi. Jika pagu dananya sudah habis maka bank tidak dapat menerbitkan kontra bank garansi.
Sayangnya untuk mendapatkan fasilitas ini tidak mudah karena harus mengawinkan antara bank dan perusahaan asuransi. Untuk itu  diperlukan jasa perusahaan broker asuransi yang mempunyai keahlian khsusus menggabungkan bank dan asuransi. 
Waktu yang diperlukan untuk memproses jaminan kontra bank garansi relatif cepat dibandingkan dengan mengurus pinjaman di bank. Jika semua persyaratan dokumen sudah lengkap, dalam waktu satu minggu Bank Garansi sudah bisa terbit.
Tapi tantangannya adalah proses mengumpulkan dokumen dan evidence yang diperlukan kadang cukup lama. Tidak semua kontraktor mempunyai dokumen yang diperlukan pada saat itu. Kadang harus diurus terlebih dahulu. Tantangan selanjutnya adalah hasil analisa dokumen dan analisa keuangan. Jika hasilnya kurang meyakinkan biasanya diperlukan data pendukung, underlaying documents serta rekomendasi dari pihak lain. Proses melengkapi dokumen ini kadang memakan waktu relatif lama. 
Tapi bagi perusahaan yang sudah pernah sukses prosesnya, proses untuk permintaan selanjutnya akan lebih cepat kecuali jika ada perubahan-perubahan. 
Sayangnya untuk mendapatkan fasilitas ini tidak mudah karena harus mengawinkan antara bank dan perusahaan asuransi. Untuk itu  diperlukan jasa perusahaan broker asuransi yang mempunyai keahlian khsusus menggabungkan bank dan asuransi.
Salah satu perusahaan broker asuaransi yang terbaik dan dapat diandalkan adalah L&G Insurance Brokers yang juga sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perusahaan ini  mempunyai team yang sangat lengkap, berpengalaman dan telah berhasil menerbitan ribuan bank garansidengan nilai proyek triliuan rupiah. Hubungi sekarang juga agar bank garansi anda segera terbit.

Leave a comment

Your email address will not be published.