Kenapa perlu jasa broker asuransi untuk penerbitan Kontra Bank Garansi?


Untuk mendapatkan fasilitas kontra bank garansi tidak mudah karena harus menggabungkan antara bank dan perusahaan asuransi. Untuk itu  diperlukan jasa sebuah perusahaan broker asuransi yang mempunyai keahlian khsusus yang mampu menggabungkan antara bank dan asuransi. Ingat, tidak semua broker asuransi mampu melaksanakan kewajiban ini. Kalau mereka gagal, kontraktor bisa kehilangan proyek dan rugi. 
Untuk penerbitan Kontra Bank Garansi tidak semua bank mempunyai kerjasama dengan semua perusahaan asuransi. Bank-bank tertentu hanya bekerjasama dengan beberapa perusahaan asuransi. Biasanya bank menyediakan dana berbentuk pagu atau plafond yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan asuransi. Jika pagu dananya sudah habis maka bank tidak dapat menerbitkan kontra bank garansi.
Broker asuransi yang perpengalaman, mereka mempunyai hubungan yang sangat luas dengan perusahaan asuransi. Mereka memahami “selera” dari masing-masing perusahaan asuransi atau pun bank. Jadi, ketika mereka mendapat permintaan dari kontraktor mereka sudah dapat menentukan perusahaan asuransi mana yang bisa memberikan jaminan. Demikian pula dengan bank yang mengeluarkan jaminan. 
Sebagai langkah awal, broker asuransi akan melakukan analisa dokumen dan analisa keuangan sebelum mereka membawanya ke perusahaan asuransi. Jika dokumen yang ada masih kurang atau tidak relevan mereka akan berbicara dengan pihak kontraktor agar semua persyaratan terpenuhi. Mereka baru akan bernegosiasi dengan perusahaan asuransi dan bank jika semua persyaratan sudah tersedia. Hal ini sangat membantu menghemat waktu dan meningkatkan kemungkinan dapat diterima oleh perusahaan asuransi dan bank. Bank dan asuransi tinggal mengambil keputusan. 
Kontra Bank Garansi diterbitkan atas kerjasama antar bank penerbit dan perusahaan asuransi. Perusahaan asuransi yang akan menyediakan dana yang diperlukan oleh bank. Kontraktor cukup membayar premi asuransi dan biaya bank saja yang nilainya jauh lebih kecil.
Untuk penerbitan Kontra Bank Garansi, berikut ini beberapa persyaratan utama yang diperlukan:
1.      Semua surat-surat perusahaan (akte pendirian, perizinan, pengalaman kerja dll
2.      Laporan keuangan tiga tahun terakhir
3.      Copy contract
4.      Pihak-pihak yang terlibat di dalam proyek
5.      Lain-lain 
Salah satu perusahaan broker asuaransi yang terbaik dan dapat diandalkan untuk penerbitan Kontra Bank Garansi  adalah L&G Insurance Brokers yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perusahaan ini  mempunyai team yang sangat lengkap, berpengalaman hampir sepuluh tahun dan telah berhasil menerbitan ribuan bank garansidengan nilai proyek triliuan rupiah. Hubungi sekarang juga agar bank garansi anda segera terbit.

Leave a comment

Your email address will not be published.