Q and A Kontra Bank Garansi


Kontra bank garansi adalah produk bank garansi hasil kerjasama antara perusahaan asuransi dengan bank. Perusahaan asuransi menyediakan jaminan atau dana dan bank menyediakan fasilitas berupa pagu/plafond dana yang boleh digunakan oleh perusahaan asuransi. Bank garansi diterbitkan oleh bank. 
Apakah sama fungsi dan nilainya antara kontra bank garansi dengan bank garansi biasa?
Sama. Secara validitas, tidak ada bedanya antara Kontra Bank Garansi dengan Bank Garansi. Kedua-duanya diterbitkan oleh bank dengan proses dan status yang sama. Yang membedakan adalah, bank garansi, dana yang ditahan oleh bank adalah dana milik kontraktor sementara untuk kontra bank garansidana yang ditahan adalah dana milik perusahaan asuransi. 
Apa perbedaan Surety Bond dengan Kontra Bank Garansi?
Surety Bond diterbitkan oleh perusahaan asuransi dan tidak melibatkan bank. Bank Garansi diterbitkan oleh bank. Penggunaan Surety Bond dan Kontra Bank Garansi tergantung kepada pemilik proyek. Biasanya, jika nilai proyek tidak terlalu besar pemilik cukup meminta Surety Bond karena biayanya lebih kecil dan prosesnya lebih sederhana untuk memudahkan kontraktor. Tapi kalau nilai kontraknya tinggi biasanya pemilik meminta jaminan kontra bank garansikarena lebih secured dan terjamin. 
Apakah semua perusahaan asuransi bisa menerbitkan Kontra Bank Garansi?
Tidak, hanya perusahaan asuransi yang sudah mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) saja. Oleh karena itu selalu minta konfirmasi jika mendapat penawaran dari perusahaan asuransi 
Apakah semua perusahana asuransi yang sudah mendapat izin dari OJK bisa bekerjasasama dengan semua bank?
Tidak, sesuai dengan kemampuan dan kapasitas yang ada perusahaan asuransi hanya bekerjasama dengan bank-bank tertentu saja. Terutama bank BUMN dan bank nasional besar lainnya. 
Apa saja persyaratan yang diperlukan untuk penerbitan Kontra Bank Garansi?
Sama seperti persyaratan yang diperlukan untuk mengajukan pinjaman ke bank. Antara lain sebagai berikut:
1.      Akte pendirian dan perubahan perusahaan
2.      Semua surat izin
3.      Copy KTP dan KK pengurus perusahaan
4.      Pengalaman kerja
5.      Undangan tender atau copy contrak
6.      Laporan keuangan 3 tahun terakhir
7.      Lain-lain 
Berapa lama proses penerbitan Kontra Bank Garansi?
Jika semua dokumen dan persyaratan sudah lengkap, maksimal dalam waktu 2 minggu sudah terbit. Biasanya yang membuat proses menjadi lama adalah kelengkapan dukumen. Sering dokumen yang diperlukan tidak ada atau beleum diperpanjang. Bisa juga karena hasil analisa pendahuluan ada hal-hal yang perlu dilengkapi. 
Bagaimana cara mengurus Kontra Bank Garansi yang terbaik?
Untuk mendapatkan fasilitas ini tidak mudah karena harus mengawinkan antara bank dan perusahaan asuransi. Untuk itu  diperlukan jasa perusahaan broker asuransi yang mempunyai keahlian khsusus menggabungkan bank dan asuransi. Mereka juga dapat menseleksi dokumen dan data yang ada agar sesuai dengan yang diinginkan oleh perusahaan asuransi dan bank. 
Salah satu perusahaan broker asuaransi yang terbaik dan dapat diandalkan adalah L&G Insurance Brokers. Perusahaan ini  secara resmi sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mempunyai team yang sangat lengkap, berpengalaman dan telah berhasil menerbitan ribuan bank garansi dengan nilai proyek triliuan rupiah. Hubungi sekarang juga agar bank garansi anda segera terbit.

Leave a comment

Your email address will not be published.