Q&A asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang


Kebutuhan akan jaminan asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang  saat semakin meningkat sejalan dengan semakin tingginya kebutuhan masyarakat. Masyarakat menginginkan agar setiap barang yang mereka kirimkan tiba dengan selamat. Namun jika terjadi kecelakaan mereka menginginkan ada jaminan penggantian sehingga mereka dapat membelinya kembali. Mereka memerlukan  Asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang . Berikut ini beberapa pertanyaan dan jawaban dari hal-hal yang sering ditanyakan. 
Apakah semua alat angkut yang digunakan bisa dijamin oleh Asuransi pengiriman barangatau asuransi pengangkutan barang  ?
Tidak semua jenis alat angkut bisa dijamin. Ada berapa jenis alat angkut bisa dijamin di dalam polis Asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang. Pertama angkutan darat dari gudang ke pelabuhan seperti truk, trailer truck low bed, multi axel dan lain-lain. Dari pelabuhan barang dimuat (loading) ke atas kapal laut. Jaminan Asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang juga berlaku untuk pengiriman lewat udara.  Setelah sampai di pelabuhan tujuan, barang diturunkan dan kemudian diangkut lagi dengan truk atau kendaraan angkutan darat lainnya hingg sampai di tempat tujuan (final destination). Polis Asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang  atau asuransi pengangkutan barang atau asuransi pengangkutan barang atau asuransi pengangkutan barang menjamin resiko-resiko yang terjadi selama dalam perjalanan dari gudang awal hingga sampai di tujuan akhir. Jadi, jaminannya ada jaminan resiko ketika berada di darat (land transit risks) dan ketika berada di atas kapal di laut (sea transit risks). Perusahaan asuransi mensyaratkan bahwa setiap alat angkut yang digunakan dalam keadaan baik layat pakai dan mempunyai surat-surat yang diperlukan. 
Apakah polis Asuransi pengiriman barang bisa atau asuransi pengangkutan barang menjamin semau resiko atau All Risks?
Polis Asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang mempunyai beberapa kelompok, pertama ICC ”C” atau Institute Cargo Clause “C”. ICC ”C” jaminannya sangat terbatas, hanya menjamin resiko-resiko utama seperti bencana alam dan perils of the sea. Jaminan ini diberikan biasanya untuk pengangkutan menggunakan kapal tugboat dan barge. Jaminan berikutnya dan lebih luas adalah ICC “B” ia juga menjamin resiko loading and unlaoding dan lain-lain. Jaminan yang paling luas adalah ICC “A” ini mirip dengan jaminan “All Risks” walau dalam beberapa hal ada perbedaan. Jaminan ini diberikan biasanya kepada pengangkutan yang menggunakan cargo vessel atau kapal cargo karena jauh lebih aman dan terlindungi. Untuk mendapatkan jaminan Asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang yang terbaik perlu pengetahun khusus. 
Faktor apa sajakah yang mempengaruhi tarif premi Asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang ?
Premi asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain. Pertama, faktor jenis barang yang akan diangkut. Untuk barang yang mempunyai resiko besar seperti bahan kimia, bahan peledak atau barang-barang yang mudah rusak maka premi asuransi pengangkutan barang atau asuransi pengangkutan barang relatif tinggi. Kedua, jenis alat angkut yang digunakan. 
Cara pengiriman, apakah menggunakan container, bulk, curah, dalam tanki dan lain-lain
Jenis angkutan yang digunakan. Untuk angkutan darat jenis alat angkutnya yaitu truk dan kereta api. Tapi untuk angkutan laut ada beberapa jenis alat angkut seperti, cargo vessel atau kapal angkut biasa yang terdiri dari besi. Ada jenis Landing Craft Tank (LCT), dibandingkan kendan cargo vessel, LCT resikonya lebih tinggi karena ada bagian yang rendah dan mudah dimasuki air laut. Jenis berikutnya adalah tug boat dan barge (kapal tunda dan kapal tongkang) kedua kapal ini digunakan secara berpasangan. Kapal tunda bertugas menarik kapal tongkang karena kapal tongkang tidak bisa bergerak sendiri. Masing-masing jenis kapal mempengaruhi tariff premi asuransi pengangkutan barang atau asuransi pengangkutan barang
Bagaimana caranya mendapatkan Asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang?
Untuk mendapatkan jaminan Asuransi pengiriman atau asuransi pengangkutan barang  yang terbaik, Anda sebaiknya memakai  jasa perusaahaan broker asuransi atau insurance broker. Karena merekalah yang tahu persis luas jaminan asuransi pengiriman banrang  atau asuransi pengangkutan barangyang terbaik untuk anda, biaya premi yang paling efisien serta adanya bantuan sekiranya terjadi klaim dikemudian hari.
Perusahaan broker asuransi yang terbaik untuk Asuransi pengiriman barang yaitu L&G InsuranceBroker yang |telah berhasil|sukses menyelesaikan puluhan ribu polis asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang  ke seluruh Indonesia dan ke luar negeri. Mereka juga telah sukses membantu menuntaskan klaim asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang puluhan miliaran rupiah. Kami sarakan anda agar dapat segera menghubungi L&G dengan mengklik link  diatas sekarang juga. 

Penulis adalah Mhd. Taufik Arifin ANZIIF (snr.assoc), CIIB berpengalaman 35 tahun di dunia asuransi. Untuk keterangan lebih lanjut bisa menghubungi di 081586662730 

Leave a comment

Your email address will not be published.