Bagian 1. Memahami asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang

Industri asuransi moderen dimulai dengan lahirnya asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang untuk pertama kalinya di Inggris pada tahun 1688 tepatnya di kota London, di cafe milik Edward Llloyd. Ide asuransi muncul karena semakin tingginya resiko yang dihadapi oleh industri pelayaran waktu itu. Para pelaut berkumpul lalu terjadi kesepakatan diantara para pelaut bahwa mereka akan mengumpulkan sejumlah dana untuk menolong anggota perkumpulan yang mengalami kerugian atas kecelakaan kapal yang terjadi. Mereka mulai menyebutknya sebagai asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang. 

Sejak itu asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang mulai menjadi kebutuhan. Semakin semakin banyak pengusaha kapal yang masuk ke dalam kelompok ini dan menyerahkan dana. Merekapun mulai merasakan manfaatnya ketika terjadi kecelakaan yang menimpa anggotanya dan dana yang terkumpul diberikan kepada mereka yang mengalami musibah.
Pada tahun 1906 secara resmi lahirlah Marine Insurance Act (MIA 1906) atau undang-undang mengenai asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang di Inggris yang mengatur secara lebih baik seluruh transaksi pengiriman barang atauasuransi pengangkutan barang. 
Sesuai dengan perkembangan perdagangan dunia, kemudian MIA 1906 menjadi acuan atau standard bagi asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang di seluruh dunia. Setiap kontrak perjanjian asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang dimanapun di seluruh dunia mengacu kepada MIA 1906. 
Pada periode selanjutkan Llyod berkembang menjadi pusat industri asuransi dunia. Setiap perusahaan asuransi menjadikan Llyod sebagai tempat berbagi resiko dalam bentuk reasuransi atau sebagai penjaminan ulang. Tidak hanya untuk asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang tapi juga untuk jenis asuransi yang lain.
Peranan Llyod sebagai pusat asuransi dunia hingga saat ini masih berlaku meski sudah mulai ada pusat-pusat asuransi lainnya seperti European Market, Middle East, Far East, Hongkong dan China serta ASEAN market. 
Untuk mendapatkan asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang dengan jaminan yang maksimal, kwalitas jaminan yang terbaik serta dengan tarif premi yang kompetitif sebaiknya anda penggunakan jasa broker asuransi atau pialang asuransi resmi dan sudah berpengalaman. 
Perusahaan broker asuransi yang pengalaman luas di bidang asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang adalah L&G Insurance Broker. Mereka telah menerbitkan ribuan polis asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang di dalam negeri dan luar negari.Hubungi sekarang juga melalui telepon atau/WA ke 081283987016

Leave a comment

Your email address will not be published.