Bagian 2. Memahami asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang


Bahaya yang mungkin timbul  yang bisa dijamin oleh asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang adalah sebagai berikut: 
1.      Asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang menjaminbahaya Perils of the sea (bahaya laut) yaitu bahaya-bahaya yang berkaitan dengan sifat laut anatara lain seperti cuaca buruk, tenggelam, kandas/terdampar, tabrakan antara kapal atau dengan benda lain selain kapal.
2.      Asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang juga menjamin perils on the sea (bahaya yang ada di laut). Seperti terjadinya kebakaran, peledakan, pencurian dengan cara membongkar palka tempat penyimpanan barang, tindakan sengaja oleh awak kapal untuk merugikan pihak kapal dan pembajakan.
3.      Extraneous risks (bahaya lainnya). Polis asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang juga mengganti bahaya lainnya seperti pencurian, kecelakaan selama bongkar muat, barang tidak ke tempat tujuan dan lain-lain. 
Resiko-resiko seperti diatas yang menjadi jaminan utama dari asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang. Secara ringkasnya dapat diambil kesimpulan bahwa polis asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang menjamin resiko selama barang-barang sejak berangkat dari tempat asal misalnya gudang atau rumah hingga sampai di tempat tujuan. Adapun resiko yang dapat terjadi adalah selama dalam perjalan darat hingga sampai di pelabuhan. Kemudian pada saat dimuat datau dibongkar ke atau dari kapal hingga sampai di tempat tujuan.
Besar kecilnya nilai kerugian yang dapat diderita oleh pemilik barang tergantung dari nilai barang yang dikirimkan. Kemudian juga bisa dipengaruhi oleh jenis barang. Jika barangnya termasuk yang mudah rusak atau hilang maka nilai kerugian yang bisa dialami juga sangat besar. Untuk itu perlu asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang yang terbaik. 
Perusahaan broker asuransi yang berpengalaman luas di bidang asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang adalah L&G Insurance Broker. Mereka telah menerbitkan ribuan polis asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang di dalam negeri dan luar negari.Hubunig sekarang juga! ke telepon atau WA 081283987016

Leave a comment

Your email address will not be published.