Bagian 5. Memahami asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang


Jenis polis asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang. Meskipun belum ada polis standard yang menjamin berbagai resiko dan kepentingan, dari segi kelaziman maka polis asuransi asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang terdapat keseragaman di dalam penjaminannya. 
Polis asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang dapat berupa polis dengan uang pertanggungan yang sudah ditetapkan nilainya (valued policy) dan polis tidak bernilai (unvalued policy). Nilai uang pertanggungan ditetapkan dengan membuat pernyataan dimana perusahan asuransi berjanji kan membarar nilai nominal penuh atas polis jika terjadian kerugian total. Polis asuransi yang tidak bernilai adalah dimana perusahaan asuransi berjanji akan membayar ganti rugi bergasarkan nilai yang sesungguhnya (actual value). Pemilik barang memperkirakan harga barangnya akan naik karena pengiriman atau pemindahan barang tersebut ke lokasi atau kota lain. Selain itu nilai barang bisa berubah selama dalam perjalanan sesuai dengan harga pasar. Biasanya sangat sulit menentukan nilai tunai yang sesungguhnya pada waktu terjadi kerugia . Itulah sebabnya polis asuransi asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang hampir selalu menggunakan harga pertanggungan tetap. 
Jangka waktu polis asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang dibuat berdasarkan waktu yang diperlukan untuk melaksanakan pengangkutan barang, mulai satu tempat ke tempat tujuan berdasarkan jenis alat angkut yang digunakan. Jika menggunakan pesawat terbang maka jangka waktunya lebih singkat daripada menggunakan kapal laut. 
Polis asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang memberikan jaminan atas kepentingan yang diasuransikan (insurable interest). Hal ini berkaitan dengan kepentingan pemilik saat barang diangkut. Jika terjadi klaim asuransi maka pihak-pihak yang mempunyai kepentingan harus dapat membuktikan bahwa ia berhak atas penggantian klaim. 
Untuk mendapatkan asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang dengan jaminan yang maksimal, kwalitas jaminan yang terbaik serta dengan tarif premi yang kompetitif sebaiknya anda penggunakan jasa broker asuransi atau pialang asuransi resmi dan sudah berpengalaman. 
Perusahaan broker asuransi yang berpengalaman luas di bidang asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang adalah L&G Insurance Broker.   Mereka telah menerbitkan ribuan polis asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang di dalam negeri dan luar negari. Hubungi atau WA sekarang juga! di 081283987016.

Leave a comment

Your email address will not be published.