Ini manfaat Pialang Asuransi atau Broker Asuransi bagi masyarakat


Sebagai industri jasa dan konsultan yang bergerak di bidang keuangan, banyak maanfaat yang bisa didapat oleh masyarakat dari kehadiran Pialang Asuransi atau Broker Asuransi. Semakin besar dan semakin komplek asset yang dimilik maka semakin komplek pula resiko yang dihadapai. Oeh karena itu diperlukan bantuan dari ahli manajemen resiko dan asuransi. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa dinikmati oleh masyarat dari kehadiran Pialang Asuransi atau Broker Asuransi.
·         Mengenal dan menganalisa risiko
Setiap industri mempunyai resiko yang berbeda. Bentuk dan jenis bangunan dan pabrik mempunyai tingkat resiko yang tidak sama. Lokasi, jenis pekerjaan, kondis lingkungan, jumlah karyawan, jenis produk, bahan baku dan banyak hal lainnya merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi kwalitas resiko yang dihadapi. Tugas Pialang Asuransi atau Broker Asuransi adalah melakukan analisa resiko dari berbagai jenis objek milik kliennya. Dengan pengetahuan dan pengalamannya ia membuat laporan analisa resiko. Berdasarkan analisanya ia memberikan rekomendasi kepada kliennya mengenai tingkat resiko yang dihadapi. Ada resiko yang bisa ditahan sendiri (own risks) dan ada pula resiko besar yang dapat dipindahkan atau ditransfer ke perusahaan asuransi.
·         Merancang program asuransi
Sebagai seorang ahli Pialang Asuransi atau Broker Asuransi berdasarkan hasil analisanya ia kemudian membuat program asuransi yang sesuai dengan kondisi resiko yang dihadapi. Di dalam industri asuransi hal ini disebut sebagai placing slip. Berisi informasi lengkap mengenai keadaan objek, luas jaminan yang diinginkan, perluasan jaminan, tariff premi, resiko sendiri serta limit dan batasan jaminan.
·         Penempatan resiko ke perusahaan asuransi
Kemudian ia melakukan melakukan penempatan kepada beberapa perusahaan asuransi yang mempunyai kemampuan dan minat untuk menjamin resiko seperti itu. Melakukan negosiasi menyeluruh hingga akhirnya ia berhasil mendapatkan dukungan asuransi 100% untuk keseluruhan resiko. Pemilihan perusahaan asuransi berdasarkan pertimbangan kemampuan dari masing-masing perusahaan asuransi terutama dari segi kondisi keuangan, back up asuransi, pengalaman klaim serta attitude dari manajemennya.
·     Dengan telah didapatkannya back up asuransi maka tugas Pialang Asuransi atau Broker Asuransi selanjutnya menyampaikan penawaran kepada kliennya. Dengan menjelaskan luas jaminan asuransi, pengecualian, batasan, resiko sendiri, biaya premi, system pembayaran dan kewajiban lainnya jika terjadi klaim.
·         Jika penawaran yang disampaikan disetujui oleh klien, tugas Pialang Asuransi atau Broker Asuransi segera memberikan instruksi kepada perusahaan asuransi yang telah memberikan dukungan untuk mulai menjamin resiko sejak tanggal disetujui. Kemudian memproses penerbitan polis asuransi. Memeriksa isi polis untuk memastikan bahwa luas jaminan yang ada sudah sesuai dengan penawaran yang disampaikan. Jika sudah sesuai maka polis asuransi dapat dikirimkan segera. Jika perlu perbaikan segera meminta pihak asuransi melakukan koreksi atau meminta penerbitan endorsement.
·      Bersamaan dengan pengiriman polis asuransi dikirimkan pula invoice penagihan premi. Jika batas waktu pembayaran sudah tiba maka meminta klien untuk melakukan pembayaran segera atau jika diperlukan perpanjangan waktu kemudian meminta persetujuan pihak asuransi untuk perpanjangan waktu pembayaran premi.
·       Jika diperlukan Pialang Asuransi atau Broker Asuransi  melakukan survey risiko baik sendiri, maupun bersama surveyor penanggung, (dan membuat laporan survey) dan mencatat segala keterangan yang penting bagi perusahaan dalam rangka penempatan risiko kepada pihak perusahaan asuransi.
·     Sambil membina hubungan baik dengan klien tugas Pialang Asuransi atau Broker Asuransi selanjutnya memantau kondisi dan situasi setiap adnya perubahan dalam industry asuransi secara konsisten
·         Jika terjadi klaim tugas Pialang Asuransi atau Broker Asuransi membantu dan menangani klaim yang terjadi mulai  dari segi prosedur dan dokumentasi serta menegosiasikan dengan perusahaan asuransi untuk nilai klaim yang wajar dan maksimal termasuk dalam berhadapan dengan penilai kerugian (loss adjuster). Membantu penanganan klaim mulai dari pelaporan awal hingga menghitung besarnya kerugian (berkomunikasi dengan penilai kerugian asuransi atau adjuster), memonitor pelaksanaan penyelesaian klaim hingga permasalahan tuntas (pembayaran ganti rugi diterima oleh tertanggung).
·         Pialang Asuransi atau Broker Asuransi juga membantu tugas-tugas  administrasi perusahaan seperti pengisian formulir aplikasi asuransi, menyampaikan pembayaran premi kepada perusahaan asuransi, membuat ringkasan polis, daftar premi yang akan jatuh tempo, laporan mengenai program asuransi yang dimiliki tertanggung, statistic premi dibandingkan dengan klaim.
·         Tugas Pialang Asuransi atau Broker Asuransi selanjutnya memberikan jasa pelayanan lainnya seperti pelatihan manajemen risiko, perencanaan keuangan (financial planning), dan informasi tentang industry asuransi, artikel perasuransian, berita tentang asuransi, klaim.
·         Untuk semua jasa yang diberikan oleh tugas Pialang Asuransi atau Broker Asuransi Perusahaan(klien) tidak diminta untuk mengeluarkan biaya tambahan  sebagai jasa yang diberikan. Karena imbalan sebagai broker sudah didapatkan dari perusahaan asuransi atas jasanya sebagai perusahaan perantara pemasaran. 

Dengan dukungan pengetahuan, pengalaman, hubungan baik dengan semua perusahaan asuransi serta dengan  volume port-folio bisnis yang besar, semua ini sangat membantu  Pialang Asuransi atau Broker Asuransi dalam bernegosiasi dengan perusahaan asuransi untuk mendapatkan yang terbaik.
 

Informasi ini disajikan oleh L&G Insurance Brokers.  Pialang Asuransi atau Broker Asuransi terkemuka di Indonesia. Menangani berbagai macam jaminan asuransi untuk keperluan proyek (Engineering, Procurement and Construction). Surety Bond, Bank Garansi, CAR/EAR/ Liability dan lain. Untuk informasi lebih lanjut hubungi sekarang juga atau WA ke 081283987016

Leave a comment

Your email address will not be published.