Kontra Bank Garansi sebaiknya menggunakan jasa Broker Asuransi Atau Pialang Asuransi. Kenapa?

Sudah tidak diragukan lagi bahwa jaminan Kontra Bank Garansi yang diterbitkan hasil kerjasama antara bank dengan perusahaan asuransi sangat menguntungkan. Biaya jauh lebih rendah, jaminan kolateral juga rendah dan jaminannya bisa diterima oleh pemberi kerja. Tapi sayang untuk mendapatannya prosesnya tidaklah mudah.

Penerbitan kontra Bank Garansi harus menggabungkan dua lembaga yang berbeda. Masing-masing mempunyai tantangan  tersendiri. Mungkin pihak perusahaan asuransi tertarik untuk memberikan jaminan tapi pihak bank belum tentu mau. Kalaupun mau, bank meminta persyaratan tambahan yang tidak mudah. Atau sebaliknya.

Untuk bisa menyelaraskan permintaan dari kedua pihak itu maka diperlukan seorang konsultan ahli Broker Asuransi atau pialang asuransi yang mempunyai pengalaman khusus di dalam penerbitan kontrak Bank Garansi. Tidak sembarang ahli pialang, tapi mereka mepunyai pendidikan khusus di bidang financial risks dan bekerja di perusahaan broker asuransi yang terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dengan kehadiran seorang broker asuransi yang piawai akan sangat membantu kontraktor atau yang memerlukan jaminan kontrak Bank Garansi. Ia akan membantu memudahkan dalam memenuhi semua persyaratan yang diperlukan. Sebagai langkah awal. broker asuransi akan melakukan peninjauan atas semua dokumen yang ada. Jika ditemukan ada dokumen yang tidak relevan, broker asuransi akan menyarankan untuk diganti dengan dokumen yang lain. Atau membuat dokumen baru yang sesuai dengan permintaan bank dan asuransi.

Setelah dokumen dan persyaratan sudah lengkap selanjutnya broker asuransi atau pialang asuransi melakukan penempatan resiko (placement) ke beberapa perusahaan asuransi. Pada saat yang bersamaan broker asuransi atau pialang asuransi juga mulai melakukan pembicaraan dengan beberapa bank yang mungkin bisa memberikan jaminan dengan bekerjasama dengan perusahaan asuransi yang dipilih.

Disinilah letak bedanya antara broker asuransi dengan agen asuransi. Agen asuransi, secara undang-udang hanya boleh menempatkan ke satu perusahaan asuransi saja, yaitu perusahaan tempat ia terdaftar sebagai agen. Akibatnya agen tergantung dari persetujuan dari perusahaan yang diageninya. Sementara broker asuransi sangat flexible, ia bebas dan bisa bernegosiasi dengan beberapa perusahaan asuransi untuk mendapatkan jaminan yang terbaik. Premi yang efisien, jaminan kolateral yang rendah, persyaratan lain yang lebih flexible.

Perusahaan Broker Asuransi atau Pialang Asuransi paling berpengalaman dan terbaik di Indonesia untuk penerbitan Kontra Bank Garansi adalah L&G Insurance Brokers. Telah sukses menerbitkan ribuan jaminan Kontrak Bank Garansi dengan nilai triliunan rupiah. Hubungi sekarang juga via telephone atau WA ke 081283987016

Leave a comment

Your email address will not be published.