Butuh Kontra Bank Garansi, Gunakan Financial Risks Consultant – Broker Asuransi

Bank garansi adalah kebutuhan penting di dalam perjanjian kontrak konstruksi dan lain-lain. Bank garansi tertulis dengan jelas dan wajib dipenuhi sebelum kontrak pekerjaan dimulai. Fungsinya sebagai jaminan kesanggupan bahwa penerima kerja mampu menyelesaikan tugas dan kewajibannya yang tertulis di dalam kontrak. Pemberi kerja baru akan menyerahkan dana jika jaminan Bank Garansi sudah diserahkan.

Besarnya nilai bank garansi yang diperlukan sekitar 7,5% sampai dengan 10% dari nilai proyek. Jika nilai proyek Rp. 100 milyar maka besarnya jaminan bank garansi yang harus disediakan untuk memenuhi semua jaminan itu adalah 10% x Rp. 100 milyar = Rp. 10 milyar.!

Dana  sebanyak Rp. 10 milyar cukup besar, terutama bagi perusahaan yang mempunyai dana terbatas. Jika perusahaan tidak mempunyai dana  maka perusahaan akan berusaha mencari pinjaman, menjual asset dan lain-lain. Tapi untuk mendapatkan pinjaman dari bank saat ini sangat susah. Kalaupun bisa, bunganya sangat tinggi.

Solusinya adalah dengan memanfaatkan fasilitas Kontra Bank Garansi. Dimana kebutuhan dana untuk jaminan bank garansi  disediakan oleh perusahaan asuransi. Dana perusahaan asuransi yang ditahan. Kontraktor tidak perlu lagi menyediakan dana sebesar Rp. 10 milyar.
Tapi untuk mendapatkan fasilitas Kontra Bank Garansi tidak mudah. Tidak semua perusahaan asuransi mempunyai produk ini, jikapun ada tapi kapasitasnya terbatas. Persyaratan  yang diminta juga tidak mudah. Selain itu belum tentu ada bank yang mau bekerja sama untuk penerbitan Kontra Bank Garansi. Lalu bagaimana caranya?

Cara yang terbaik adalah dengan memanfaatkan jasa konsultan yang dikenal dengan perusahaan Broker asuransia atau pialang asuransi yang mempunyai keahlian khusus di dalam financial management consultant. Mereka mempunyai ilmu dan keahlian khusus dalam mempelajari kondisi perusahaan kontraktor apakah sudah “insurable” dan “bankable” untuk diberikan jaminan Kontra Bank Garansi.

Broker asuransi akan membantu melengkapi seluruh persyaratan yang dibutuhkan. Menyajikannya ke perusahaan asuransi dalam format yang mudah dipahami, dilengkapi dengan analisa resiko dan informasi lain sehingga sangat membantu perusahaan asuransi dan bank untuk mengambil keputusan.
Ada kelebihan lain dari penggunaan jasa broker asuransi untuk penerbitan kontra bank garansi. Mereka mempunyai hubungan baik dengan banyak perusahaan asuransi dan juga bank. Mereka memahami “selera” appetite dari masing-masing perusahaan. Dengan demikian mereka bisa memproses dengan lebih cepat biaya yang efisien.

Peranan broker asuransi bukan hanya sekedar memproses penerbitan jaminan. Namun yang jauh lebih penting lagi yaitu sebagai Financial Risk Consultant dalam mendapatkan dana yang sangat diperlukan oleh kontraktor. Tampa adanya jaminan Bank Garansi proyek bisa  terhenti.
Untuk semua jasa yang diberikannya itu, Broker Asuransi tidak meminta tambahan fee khusus alias gratis!. Kontraktor cukup membayar premi asuransi dan fee bank seperti yang ditawarkan. As simple as that!

Perusahaan broker asuransi yang terbaik dan telah sukses menerbitan ribuan Kontra Bank Garansi di Indonesia adalah L&G Insurance Broker. Untuk seluruh proyek anda segera hubungi Mely melalui telpon dan WA sekarang juga ke No. 081283987016

Leave a comment

Your email address will not be published.