Indonesia Business Outlook 2020 – Efficiency!

 
Banyak yang memperkirakan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2020 tidak jauh berbeda dengan tahun 2019, masih berkisar antara 5% sampai dengan 5,3%. 
Hal ini berdasarkan pertimbangan kondisi ekonomi dunia yang masih penuh dengan gejolak dan ketidakpastian. Di Eropah masih menunggu hasil kepastian Brexit. Akankah UK (United Kingdom) akan keluar dari EU (Europe Uninon)? Kalau itu jadi bagaimana dengan nasib kesatuan UK, akankah Irelend dan Skotland akan tetap berada di EU dan keluar dari UK? 
Perseturuan dagang antara China dan Amerika masih terus bekecamuk meski gaungnya tidak sekeras beberapa waktu yang lalu. Hal ini mungkin disebabkan karena Amerika yang mulai memasuki tahun politik untuk pemilihan presiden beberapa bulan lagi. 
Di kawasan Asia kondisi ekonomi juga belum stabil. Korea dan Jepang juga dalam sengketa berdagangan yang bisa merugikan ekonomi kawasan. China yang kini menjadi tujuan utama eksport sebagian besar produk-produk dari Asia, kondisi Ekonominya juga sedang mengalami penurunan. Akibatnya harga dan volume importnya juga turun.
Beberapa komoditas andalan Indonesia seperti minyak kelapa sawit, karet, batubara, timah dan nikel harganya juga masih rendah dan belum menunjukkan tanda-tanda membaik. 
Jika melihat tanda-tanda diatas maka wajar jika para pengamat memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan tumbuh biasa-biasa saja atau lebih kurang sama dengan tahun lalu. 
Namun di balik itu ada beberapa kondisi yang memberi harapan positif khususnya bagi para pelaku bisnis di Indonesia. Pertama, adanya pemerintahan baru yang cukup credible dan memberikan harapan bagus. Bagi rekan-rekan yang sudah tahu dengan pandangan saya tentang pemerintahan mungkin akan bertanya-tanya, kenapa saya kini berubah pikiran. Bukankah sebelumnya saya tidak mendukung gaya kepemimpian Jokowi? Ya betul, tapi itu dulu, pemerintahan periode sebelumnya. 
Setelah Jokowi mengumumkan susunan anggota kabinetnya saya melihat banyak harapan dan hal-hal positif yang akan memberikan dampak untuk kemajuan ekonomi. Untuk lebih detailnya bisa dibaca ditulisan saya yang lain. 
Belajar dari pengalaman lima tahun sebelumnya saya yakin Jokowi mempunyai beberapa strategi dan terobosan baru untuk memacu pembangunan. Dengan mengandalkan para menteri yang cerdas, kreatif dan berani mengambil keputusan akan menghasilkan kinerja yang lebih efektif dan efisien. 
Dengan memanfaatkan teknologi informasi yang berkembang pesat saat ini akan terjadi peningkatkan kinerja pemerintahan. Penyusunan anggaran yang lebih lengkap dan terencana, terukur dan tepat sasaran. Pengawasan yang lebih mudah. Merancang program-program baru yang lebih tepat dan dapat menghasilkan maksimal. 
Salah satu kelebihan Indonesia di bandingkan dengan negara lain adalah Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah. Untuk meningkatkan ekonomi dan nilai tambah kita harus mengolahnya  semaksimal mungkin sebelum di eksport. Dengan demikian akan terjadi penciptakaan lapangan kerja dan pemanfaatan sumber daya dalam negeri. 
Meski peluang bisnis baru tidak terlalu menjanjikan, cara yang tepat untuk memperbaiki hasil usaha adalah dengan meningkatan efisiensi. Salah satu caranya dengan memanfaatkan tetknologi informasi. Memanfaatkan informasi dan mengolahnya agar proses menjadi sederhana. Mengganti peralatan yang boros dengan yang lebih efisien. Mengurangi ketergantungan kepada tenaga kerja manunsia.
Sejak dua tahun lalu perusahaan kami sudah mulai mengurangi ketergantungan kepada tenaga penjualan. Sebelumnya kami mempunyai tenaga penjual dengan system door to door, telemarketing dan networking. Secara bertahap kami mulai melakukan Digital Marketing. Kini sekitar 25% dari pendapatan kami berasal dari digital marketing. Jumlah karyawan sudah berkurang sekitar 30% tapi pertumbuhan pendapatan tetap naik. 
Efisiensi juga kami dapatkan dengan menfaatkan Insurance Broking System versi terbaru. Program ini kami bangun sendiri sejak dua tahun lalu dengan memanfaatkan teknlogi cloud, web based, sesuai dengan ketentuan OJK dan user friendly. Sistem kerja kami lebih efisien.
Meski pertumbuhuan ekonomi nasional pada tahun 2020 tidak signifikan tapi jika diimbangi dengan penggunaan teknologi informasi yang lengkap dan efisiensi biaya maka perusahaan bisa tetap tumbuh. 

Untuk penjelasan lebih lanjut saya akan bahas di dalam beberapa tulisan. Silakan dibaca disini. 
Tulisan ini dipersembahkan oleh L&G Insurance Broker. Perusahaan Broker Asuransi atau Pialang Asuransi terkemuka di Indonesia.
Untuk segara keperluan asuransi perusahaan anda, hubungi sekarang juga dengan mengklik atau kirim WA ke 081283987016 sekarang juga!
Selamat Tahun baru 2020

Leave a comment

Your email address will not be published.